Anies-Sandi Dukung Penuh UMKM

Anies-Sandi Dukung Penuh UMKM

NERACA

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta bekerjasama menggelar acara Pemasyarakatan dan Pelatihan Kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) bagi anggota koperasi perkampungan dan industri kecil, di Jakarta, Selasa (17/10). Tujuan dari acara tersebut adalah terus menggelorakan semangat berwirausaha di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, di Jakarta.

“Kita ingin hadir untuk menguatkan yang selama ini dianggap lemah. Kita ingin hadir bagi UMKM yang selama ini tidak memiliki kesempatan. Mari kita majukan UMKM di Jakarta. Jakarta itu kota yang tersambungkan. Konektifitas Jakarta itu sangat luar biasa. Sekarang kalau mau pesan Batik Betawi bisa lewat online. Mau kuliner atau semuanya bisa lewat online. Pasarnya sudah tercipta dan tersambungkan lewat teknologi. Bila UMKM memiliki manajemen usaha yang baik, maka peluang pasar yang ada ini dapat dinikmati”, papar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat membuka acara pelatihan tersebut.

Di acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kadis Koperasi dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, dan lebih dari 250 pelaku UMKM di Jakarta, Anies memberikan apresiasi adanya program pelatihan seperti ini.“Namun, selain pelatihan, pendampingan juga penting. Bahkan, ke depan, kita harus memastikan akan ada program mentoring. Sandiaga memiliki pengalaman panjang dalam membangun dan mengembangkan UMKM selama ini”, kata Anies.

Anies juga berharap agar para pelaku UMKM di Jakarta jangan pernah khawatir karena ukuran.“Sekarang kita kecil, suatu hari nanti bisa meningkat menjadi menengah dan besar. Yang sekarang besar, dulunya juga kecil merangkak. Semua ada proses dan pertumbuhannya”, tandas dia.

Kunci suksesnya, lanjut Anies, para pelaku UMKM harus berpikir out of the box, atau berpikir yang tidak terbayangkan oleh orang lain. Kerjakan hal-hal unik yang tidak terbayangkan orang lain dan lakukan terobosan-terobosan menarik. “Jadi, kreatifitas sangat penting sekali. Saya berharap, kerja keras, kreatifitas, manajemen yang baik, harus menjadi bagian dari karakter wirausaha kecil dan mikro di Jakarta”, tutur Anies lagi.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan bahwa UMKM, kewirausahaan, dan penciptaan lapangan kerja akan menjadi program utama dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.“Menjadi pemerintah itu harus berpihak kepada rakyat. Kepemimpinan Anies-Sandi akan akan menunjukkan keberpihakan kepada UMKM”, kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, membangun UMKM dan lapangan kerja perlu tiga hal. Pertama, lahan usaha, termasuk pasar harus kita hadirkan. Peluang pasar harus kita hadirkan. UMKM harus hadir dalam menciptakan produk-produk souvenir bagi turis asing yang datang ke Jakarta.

Kedua, SDM harus dipastikan bagus. Terlebih lagi sekarang sudah zaman teknologi. Harus melek teknologi, agar bisa naik kelas, dari mikro ke kecil, dari kecil ke menengah, menengah jadi besar. Jangan yang kecil jadi gurem dan jalan di tempat. Ketiga, akses permodalan bisa ditopang dengan baik.“Dinas Kominfo Pemprov DKI juga akan mendata UMKM, karena sebuah kebijakan nantinya akan berbasis data”, tandas Sandiaga.

Usai acara, Deputi Pengembangan Bidang SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS menekankan bahwa program pelatihan kewirausahaan dari Kemenkop dan UKM merupakan ‘trigger’ bagi pemerintah daerah dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di daerahnya masing-masing. “Untuk tujuan agar UMKM naik kelas, Kemenkop dan UKM terus menggulirkan beberapa program strategis seperti program kewirausahaan, vocational, dan manajemen keuangan. Satu lagi, yang juga akan terus kita dorong dan kita gulirkan adalah program pendampingan. Saat ini, Kemenkop dan UKM memiliki sekitar 1.500 tenaga pendamping kewirausahaan di seluruh Indonesia”, kata Prakoso.

Selain itu, kata Prakoso, Kemenkop dan UKM juga sudah meluncurkan satu aplikasi bernama Lamikro atau Laporan Keuangan Mikro. Aplikasi Lamikro ditujukan bagi pelaku usaha mikro atau wirausaha pemula agar memiliki laporan keuangan secara baik dan tertib administrasi. Mohar/Rin

BERITA TERKAIT

Jejaring Sumatera Terang Dukung KPK Ungkap Korupsi Energi

Jejaring Sumatera Terang Dukung KPK Ungkap Korupsi Energi NERACA Jakarta - Para aktivis lingkungan yang bergabung dalam Jejaring Sumatera Terang…

BTN Kucurkan Kredit KPR Untuk PNS Lebak - Dukung Pengembangan Maja

NERACA Jakarta – Geliat pembangunan properti di kawasan Maja yang terus tumbuh pesat, hal tersebut tentunya menjadi potensi dan peluang…

Bank Belum Penuhi Rasio Kredit UMKM

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat sekitar 20 persen dari total bank umum domestik belum…

BERITA LAINNYA DI HUKUM BISNIS

Pengamat: Kebijakan HAM di Indonesia Masih Normatif

Pengamat: Kebijakan HAM di Indonesia Masih Normatif NERACA Jakarta - Pengamat hukum pidana Universitas Bung Karno Azmi Syahputra menilai kebijakan…

KPK Minta Perusahaan Asing Tidak Suap Pejabat

KPK Minta Perusahaan Asing Tidak Suap Pejabat  NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta perusahaan asing tidak memberikan suap…

Perubahan Tata Kelola Hutan Era Jokowi Disampaikan ke Dunia

Perubahan Tata Kelola Hutan Era Jokowi Disampaikan ke Dunia NERACA Roma – Di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, kebijakan sektor…