Tingkatkan Layanan Digital - Taspen Kerjasama Sinergis Dengan Telkom

NERACA

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Taspen (Persero) bersinergi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan mengedepankan prinsip bisnis saling menguntungkan. Kesepakatan kedua pihak tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Umum PT Taspen Bagus Rumbogo di Jakarta, kemarin.

Dian Rachmawan mengapresiasi Taspen yang mempercayakan TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pensiunan.”TelkomGroup siap mendukung ddigitalisasi Taspen dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, khususnya layanan pembayaran pensiun sehingga para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi," ujarnya.

Sementara itu, Dirut Taspen, Iqbal Latanro mengatakan, dengan pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun ini Taspen dapat memperoleh data pensiunan yang valid melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem baru elektronik data pembayaran (e-New Dapem).

Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometric. Selain itu juga berfungsi sebagai kartu ATM dan debit yang dapat dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan sebagai kartu multifungsi di mana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga/diskon di beberapa merchants.

Penerapan smartcard didukung sistem aplikasi data pembayaran elektronik terbaru, yaitu (e-New Dapem) mengintegrasikan mitra bayar dengan satu aplikasi secara melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya.

Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan. TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.”Sinergi dengan TelkomGroup, Taspen mampu memberikan layanan terbaik yang melebihi harapan peserta dan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," kata Iqbal.

BERITA TERKAIT

Laba Tumbuh 23% - OCBC NISP Bagikan Dividen Rp1,65 Triliun

NERACA Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar…

Laba Bersih Indonesia Fibreboard Naik 3,9%

Di tahun 2023, PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII) membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp100,9 miliar atau tumbuh 3,9% dibanding tahun…

Laba Bersih PP Presisi Menyusut 4,97%

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2023, PT PP Presisi Tbk (PPRE) membukukan laba sebesar Rp 172 miliar pada 2023. Angka…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Laba Tumbuh 23% - OCBC NISP Bagikan Dividen Rp1,65 Triliun

NERACA Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar…

Laba Bersih Indonesia Fibreboard Naik 3,9%

Di tahun 2023, PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII) membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp100,9 miliar atau tumbuh 3,9% dibanding tahun…

Laba Bersih PP Presisi Menyusut 4,97%

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2023, PT PP Presisi Tbk (PPRE) membukukan laba sebesar Rp 172 miliar pada 2023. Angka…