Taspen Kerjasama Sinergis Dengan Telkom - Tingkatkan Layanan Digital

NERACA

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Taspen (Persero) bersinergi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan mengedepankan prinsip bisnis saling menguntungkan. Kesepakatan kedua pihak tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Umum PT Taspen Bagus Rumbogo di Jakarta, kemarin.

Dian Rachmawan mengapresiasi Taspen yang mempercayakan TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pensiunan.”TelkomGroup siap mendukung ddigitalisasi Taspen dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, khususnya layanan pembayaran pensiun sehingga para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi," ujarnya.

Sementara itu, Dirut Taspen, Iqbal Latanro mengatakan, dengan pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun ini Taspen dapat memperoleh data pensiunan yang valid melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem baru elektronik data pembayaran (e-New Dapem).

Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometric. Selain itu juga berfungsi sebagai kartu ATM dan debit yang dapat dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan sebagai kartu multifungsi di mana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga/diskon di beberapa merchants.

Penerapan smartcard didukung sistem aplikasi data pembayaran elektronik terbaru, yaitu (e-New Dapem) mengintegrasikan mitra bayar dengan satu aplikasi secara melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya.

Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan. TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.”Sinergi dengan TelkomGroup, Taspen mampu memberikan layanan terbaik yang melebihi harapan peserta dan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," kata Iqbal.

BERITA TERKAIT

PP Properti Rilis Hunian Berkonsep Little Tokyo - Sinergis Dengan Jababeka

NERACA Jakarta –Membidik potensi pasar di kawasan industri, PT PP Properti Tbk (PPRO) bersama PT Jababeka Tbk. (KIJA) bersinergi mendirikan…

LPS Minta Bank Edukasi Nasabah - Tingkatkan Kepercayaan Terhadap Bank

      NERACA   Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau perbankan melakukan edukasi kepada nasabah terkait adanya fasilitas…

Awasi Potensi Pasca Amnesti Pajak dengan AEOI

Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja Sama dan Humas, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Program Pengampunan Pajak (Amnesti Pajak) yang…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Multi Bintang Bagikan Dividen Rp 1,32 Triliun

NERACA Jakarta - Masih tumbuh positifnya industri pariwisata memberikan dampak berarti terhadap penjualan PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) sebagai…

Graha Layar Bakal Stock Split Saham

Guna memenuhi aturan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk ketentuan free float saham atau jumlah saham yang beredar di publik,…

MMLP Bidik Rights Issue Rp 447,79 Miliar

Dalam rangka perkuat modal, PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP), emiten pengelola pergudangan berencana untuk melaksanakan penambahan modal tanpa hak…