Taspen Kerjasama Sinergis Dengan Telkom - Tingkatkan Layanan Digital

NERACA

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Taspen (Persero) bersinergi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan mengedepankan prinsip bisnis saling menguntungkan. Kesepakatan kedua pihak tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Umum PT Taspen Bagus Rumbogo di Jakarta, kemarin.

Dian Rachmawan mengapresiasi Taspen yang mempercayakan TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pensiunan.”TelkomGroup siap mendukung ddigitalisasi Taspen dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, khususnya layanan pembayaran pensiun sehingga para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi," ujarnya.

Sementara itu, Dirut Taspen, Iqbal Latanro mengatakan, dengan pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun ini Taspen dapat memperoleh data pensiunan yang valid melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem baru elektronik data pembayaran (e-New Dapem).

Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometric. Selain itu juga berfungsi sebagai kartu ATM dan debit yang dapat dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan sebagai kartu multifungsi di mana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga/diskon di beberapa merchants.

Penerapan smartcard didukung sistem aplikasi data pembayaran elektronik terbaru, yaitu (e-New Dapem) mengintegrasikan mitra bayar dengan satu aplikasi secara melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya.

Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan. TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.”Sinergi dengan TelkomGroup, Taspen mampu memberikan layanan terbaik yang melebihi harapan peserta dan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," kata Iqbal.

BERITA TERKAIT

Layanan BOLT Hadir di Serang dan Cilegon

Dalam rangka perluas penetrasi pasar, BOLT sebagai pionir operator 4G-LTE di Indonesia kembali memperluas jangkauan jaringannya ke kota-kota baru. Dua…

IMF: Perang Dagang AS-China Tingkatkan Risiko - PENGUSAHA KHAWATIR PERLAMBATAN EKONOMI

Jakarta-Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund-IMF) mengingatkan, kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menyatakan perang dagang dengan China dapat meningkatkan…

Ini Dia, Layanan Mudik Gratis 2018

Dalam rangka menyukseskan mudik lebaran 2018, Jasa Raharja selaku BUMN ikut terlibat dengan menyediakan angkutan mudik lebaran gratis bersama 62…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Profil Keuangan Dinilai Stabil - Moody’s Naikkan Peringkat XL Axiata

NERACA Jakarta – Meski pencapaian kinerja keuangan di kuartal pertama 2018 tidak terlalu positif dengan laba bersih terkoreksi 63% dari…

Laba Bersih BULL Melesat Tajam 109,72%

NERACA Jakarta – Di kuartal pertama 2018, PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 109,72% menjadi…

Indo Straits Incar Pendapatan US$ 20,91 Juta

NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Indo Straits Tbk (PTIS) menargetkan total pendapatan sebesar US$ 20,91 juta. Operations Director PT…