Perkuat Reformasi Perencanaan dan Anggaran - Kepala Bappenas ke Australia

Kepala Bappenas ke Australia

Perkuat Reformasi Perencanaan dan Anggaran

NERACA

Jakarta - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana akan mengunjungi Australia untuk memperkuat reformasi perencanaan dan proses pembuatan anggaran. “Kita akan memperkuat konteks capacity building, utamanya memperkuat perumusan dan perencanaan kebijakan. Contohnya, reformasi perencanaan dan penganggaran,” katanya kepada wartawan di Jakarta,27/2.

Rencananya, kata Armida, kunjungan itu akan berlangsung selama 4 hari. “Kita akan kesana (Australia) tanggal 1-4 Maret. Kerjasama pembangunan ekonomi akan menjadi fokus kami,” tambahnya.

Lebih jauh kata Guru Besar Unpad ini, Kementerian PPN juga akan membahas kerjasama pembangunan perekonomian negara selatan-selatan atau south-south state cooperation. Dimana Australia bersama Jepang sebagai fasilitator

Dikatakan Armida, Kerjasama ekonomi Indonesia, Australia, dan Jepang ini lebih dikenal dengan sebutan triangular coorporation. Selain itu, development issue juga akan dibahas bersama negeri Kangguru tersebut, terutama mengenai infrastruktur dan sumber daya manusia.

Alasan memilih Australia, Armida menjelaskan, selain memiliki hubungan bilateral, Australia dipandanga mempunyai tradisi bagus dalam membuat suatu kebijakan karena didukung studi yang mendalam. “Semua elemen terlibat seperti lembaga penelitian, perguruan tinggi termasuk pemerintah provinsi atau state government disana,” tambahnya.

Australia juga concern dengan Indonesia. Buktinya, dua perguruan tinggi terkemuka disana, Australian National University (ANU) di Canberra dan Monash University di Melbourne, terdapat kajian khusus tentang ekonomi dan politik Indonesia. “Bappenas sedang membangun fungsi thing-thank dengan Australia. Disana banyak Indonesianis (pemerhati Indonesia) dan tujuan kita membentuk persepsi positif tentang Indonesia,” katanya. (ardi)

Related posts