Lagi, Yayasan Intiland Gandeng Habitat - Jangkau Luas Rumah Layak Huni

Melanjutkan kesuksesan dalam menyediakan rumah layak huni kepada masyarakat yang tidak mampu, perusahaan properti PT Intiland Development Tbk, melalui Yayasan Intiland kembali menjalin kerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia (Habitat) dalam program bantuan rumah layak huni kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai kelanjutan program serupa sebelumnya.”Program ini merupakan salah satu dari rangkaian program Intiland Teduh yang telah dilaksanakan sejak 2016 dengan tujuan utama memberikan bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu," kata Sekretaris Perseroan PT Intiland Development Tbk sekaligus Head of CSR Intiland, Theresia Rustandi di Jakarta, kemarin.

Dirinya menjelaskan, perusahaan menggandeng Habitat sebagai mitra dalam program tersebut karena merupakan lembaga nirlaba yang berpengalaman menyalurkan bantuan rumah kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti tahun lalu, fokus program ini yakni pemberian bantuan rumah layak huni bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pengembangan proyek Intiland.”Kami ingin membantu masyarakat yang tinggal di sekitar proyek memperoleh kualitas hidup yang lebih baik. Tugas dari Habitat untuk melakukan proses seleksi dan penentuan lokasi berikutnya untuk program bantuan ini," ungkap Theresia.

Sementara itu, Herbet Barimbing Senior Manager of Field Operation Habitat Indonesia memberikan apresiasi kepada Intiland atas kelanjutan kerjasama program bantuan ini. Kolaborasi dan kerjasama ini menciptakan nilai tambah dan mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat kurang mampu.”Kami mengapresiasi Intiland sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kesempatan hidup yang layak,"tuturnya.

Dalam kerja sama sebelumnya, program pengembangan perumahan berbasis komunitas telah sukses dilaksanakan di Desa Pekong, Tangerang yang lokasinya dekat dengan kawasan perumahan Talaga Bestari, salah satu proyek pengembangan perseroan. Perseroan telah menyerahkan bantuan sebanyak 25 rumah layak huni dan fasilitas mandi-cuci-kakus (MCK) umum kepada warga di kawasan tersebut.

Proses seleksi untuk menentukan warga yang berhak menerima bantuan dilakukan melalui kajian dari tim riset Habitat yang melibatkan pemerintah daerah serta tokoh dan warga masyarakat setempat. Program Pengembangan Rumah Berbasis Komunitas Intiland Teduh turut melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat untuk proses pembangunan tiap-tiap rumah. Setiap kepala keluarga penerima bantuan diwajibkan turut terlibat langsung dalam pembangunan bersama tim pembangunan dari Habitat, warga setempat, serta relawan Intiland.

Kebijakan ini bertujuan menumbuhkan rasa memiliki dan membentuk komunitas desa yang lebih kuat. Program ini tidak hanya berhenti pada pembangunan rumah, namun juga pengembangan komunitas dan berbagi informasi mengenai pola hidup sehat. Intiland Teduh merupakan salah satu program dari Intiland Foundation, payung kegiatan corporate social responsibility (CSR) perseroan. Program ini diluncurkan pada 2014 yang turut melibatkan konsumen Intiland. Perseroan berkomitmen menyisihkan sebagian dari laba bersih yang dibukukan untuk pelaksanaan program ini.

Semenjak peluncuran, Intiland Teduh telah menjalankan sejumlah program untuk membantu masyarakat memiliki kehidupan dan hunian yang layak. Program tersebut di antaranya adalah pembangunan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) bersama pemerintah provinsi DKI Jakarta di tiga lokasi. Lokasinya di Karet Tengsin di Jakarta Pusat, Rawa Buaya di Jakarta Barat dan Semper di Jakarta Utara.

Program lainnya adalah pemberian bantuan sewa bagi penghuni di tiga Rusunawa yakni Pesakih, Pinus Elok, dan Marunda. Intiland Teduh juga bekerjasama dengan lembaga lainnya seperti Real Estat Indonesia (REI) dalam pembangunan Rusunami. Saat ini perseroan tengah mempersiapkan pembangnan rumah susun di wilayah Jakarta.

BERITA TERKAIT

Target Swasembada Pangan Pemerintah Tidak Didukung Luas Lahan - Data Hasil Riset

NERACA Jakarta – Target swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah sulit untuk dicapai. Salah satu penyebabnya adalah luas lahan pertanian yang…

Era Digital, Buka Rekening Tak Lagi Punya Buku

      NERACA   Jakarta - Pertumbuhan teknologi dan perkembangan digital yang pesat membawa perubahan dalam berbagai sektor, termasuk…

BTN Jalin Kerjasama dengan KOI - Program Satu Juta Rumah

      NERACA   Jakarta - Sejalan dengan komitmen menyukseskan Program Satu Juta Rumah dan mendukung kesejahteraan para atlet…

BERITA LAINNYA DI CSR

Gotong Royong Rawat Ciliwung - Danareksa Ciptakan Sumber Ekonomi Baru

Sebagai bagian dari pada tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada lingkungan, PT Danareksa (Persero) menggagas program…

Wujudkan Kemandirian Ekonomi Lewat Tenun Alam

Jauh dari sang suami yang merantau ke negeri orang, tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi seorang ibu bagaimana menafkahi sang anak…

Go-Jek Hibahkan 100 Al-Qur’an di Kota Medan

Dalam rangka pererat silaturahmi dengan masyarakat Medan, Go-Jek sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis terdepan di Indonesia menghibahkan 100 Al-Qur’an…