Pulau Batam dan Bintan Potensial Dongkrak Kunjungan Wisman Ke Indonesia

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani Mustafa menilai jika digarap dengan serius, Batam dan Bintan sangat potensial mendongkrak kunjungan wisman ke Indonesia. Karena lokasinya yang relatif dekat dengan dua negara tetangga, yakni Singapura dan Johor Bahru, Malaysia."Batam dan Bintan memiliki posisi yang sangat strategis dan potensial untuk mewujudkan target agar jumlah wisman bisa mencapai 15 juta orang pada tahun ini," kata Rizky.

Ia mengatakan saat ini, Pemerintah Indonesia tengah berupaya mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara ( wisman) yang datang ke Indonesia agar bisa mencapai angka 15 juta orang. Salah satu caranya adalah dengan menggencarkan promosi wisata di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Batam dan Bintan.

Kemenpar sedang menggandeng para pelaku industri pariwisata di Batam dan Bintan untuk bekerja sama menawarkan paket promo wisata untuk para wisatawan asal Singapura dan Malaysia. Paket promo wisata ini merupakan bagian dari program cross border tourism yang kini tengah digalakan oleh Kemenpar.

Menurut Rizky, untuk mendatangkan 15 juta wisman di tahun 2017, diperlukan 4,05 juta wisatawan pelintas batas. Di sinilah, wisman asal Singapura dan Malaysia dipandang berpotensi mendongkrak jumlah wisman ke Indonesia karena lokasinya yang berdekatan. Paket promo wisata di Batam dan Bintan yang kini ditawarkan untuk para wisatawan asal Singapura dan Malaysia adalah potongan harga saat hari kerja atau weekdays.

Rizky mengatakan, adanya promo wisata saat weekdays dilatarbelakangi masih kecilnya jumlah kunjungan wisatawan asal Singapura dan Malaysia saat waktu tersebut."Saat weekend memang ramai. Tapi ketika weekdays ini yang masih sedikit. Akibatnya banyak kamar-kamar hotel yang kosong. Dari situlah, kita mulai berpikir bagaimana jika mereka ditawarkan untuk tetap mau datang saat weekdays," kata Rizky.

Menurut Rizky, wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang mau datang ke Batam dan Bintan pada hari Senin-Kamis akan memperoleh paket perjalanan dengan harga yang relatif murah, seperti memperoleh harga tiket kapal penyeberangan (feri) dengan rute Singapura-Batam pulang pergi hanya dengan 20 dollar Singapura sudah termasuk terminal fee.

Untuk memperoleh tiket feri dengan harga tersebut, Rizky menyebut wisatawan hanya perlu memilih salah satu dari 250 paket tour dari 58 industri pariwisata yang ada di Kepri, meliputi jasa di bidang perhotelan, spa, golf, dan paket tur.

Rizky memaparkan tarif feri dengan harga 20 dollar Singapura ini berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan Kapal Batam Fast ke tiga dermaga yang ada di Batam, yakni Batam Center, Sekupang dan Nongsa Pura. Sedangkan bila dermaga tujuannnya ke Harbour Bay, maka harga tiketnya sedikit lebih mahal, yakni menjadi 26 dollar Singapura untuk weekdays."Harga ini sangat murah dibanding harga normal sebesar 48 dollar Singapura," ujar Rizky.

Data Kemenpar menyebutkan jumlah wisman yang datang ke Indonesia pada tahun 2016 masih mencapai angka 12.023.971 orang. Jumlah tersebut lebih kecil dari jumlah wisman yang datang ke Singapura yang diketahui mencapai 16.402.593 orang.

BERITA TERKAIT

Globalisasi, Demokratisasi, Liberalisasi, dan Digitalisasi

Oleh: Fauzi Aziz Pemerhati Masalah Ekonomi dan Industri   Empat kata yang menjadi judul tulisan ini telah menjadi realitas yang…

Hotel Mandarine Siapkan Investasi Rp 7 Miliar - Reklamasi Seluas 5,74 Hektar di Batam

NERACA Jakarta - PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME) berencana melakukan reklamasi pantai di daerah Nongsa Pantai, Pulau Batam, seluas…

Indonesia Rangking 3 Besar Wisatawan Digital Dunia

      NERACA   Jakarta - Para pelancong asal Indonesia ternyata menduduki rangking tiga besar dunia untuk pemanfaatan alat…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kota Ramah Turis, Jakarta Masih di Posisi 56 Dunia

Sebuah penelitian baru dari Travelbird agen perjalanan wisata yang berbasis di Belanda, mengungkap daftar 100 Kota Ramah Turis. Dilansir dari…

Menikmati Sensasi Danau Sentarum di Kalimantan Barat

Akhirnya sampai juga di puncak Bukit Tekenang. Sejak tahun 2011 silam, setidaknya saya sudah empat atau lima kali berkunjung ke…

Ini Tempat yang Asik Untuk Berfoto di Kendal

Anda hobi selfie. Kalau iya, datang saja di tempat wisata Radja Pendapa, yang ada di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan…