Honda Kuasai 53 Persen Pasar Hatchback di Indonesia

Honda menguasai pasar hatchback di Indonesia sebesar 53 persen melalui penjualan mobil Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback. Honda Jazz menjadi market leader dengan menguasai 49 persen pangsa pasar, menyumbang penjualan 1.173 unit di bulan September dengan total penjualan tahunan 12.965 unit.

Segmen ini juga didukung Honda Civic Hatchback yang mencatat penjualan 286 unit pada September, meningkat 186 persen dari penjualan bulan Agustus sebanyak 154 unit. Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2017, Honda Civic Hatchback telah membukukan penjualan tahunan sebesar 1.006 unit dengan pangsa pasar 4 persen.

Honda juga terus memimpin di pasar LSUV dengan total pangsa pasar hingga 57 persen. Di segmen itu, Honda HR-V 1.5L menjadi market leader dengan pangsa pasar sebesar 36 persen, serta penjualan di bulan September 2017 sebanyak 2.441 unit dan penjualan tahunan 25.960 unit.

Posisi selanjutnya diisi Honda BR-V yang meraih 21 persen pangsa pasar dengan penjualan di bulan September sebanyak 2.471 unit dan total penjualan tahunan 15.039 unit. "Penjualan produk-produk Honda di segmen-segmen favorit konsumen Indonesia masih menunjukkan tren positif terutama di segmen Hatchback dan LSUV," kata Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, dalam keterangan tertulisnya sebagaimana disalin dari laman Antara, belum lama ini.

"Kami percaya bahwa hal ini akan mendukung penjualan Honda secara total terutama dalam memasuki kuartal terakhir tahun ini," sambung Jonfis Fandy. Kontribusi selanjutnya datang dari Honda Mobilio dengan pangsa pasar 16 persen dengan penjualan sebanyak 2.031 unit di bulan September dari total 28.886 di tahun 2017.

Adapun Honda Brio RS berhasil meraih pasar sebesar 36 persen dengan penjualan bulanan 797 unit dan penjualan tahunan 8.717 unit. Sementara untuk versi LCGC, Brio Satya meraih pangsa pasar 17 persen dan penjualan bulanan 3.559 unit dan total penjualan tahunan 30.268 unit.

Di pasar SUV, Honda HR-V 1.8L meraih pangsa pasar 9 persen dengan penjualan 423 unit di bulan September dari total 4.706 unit di tahun 2017. Honda CR-V menguasai 17 persen pangsa pasar dengan penjualan bulanan 1.713 unit dan penjualan tahunan 8.783 unit.

Di segmen sedan, Honda Civic versi sedan terus memimpin dengan menguasai 68 persen pangsa pasar serta penjualan bulanan 62 unit dan penjualan tahunan 1.198 unit. Posisi selanjutnya diisi Honda City yang juga memimpin dengan raihan pasar 51 persen dengan penjualan bulanan 134 unit dan penjualan tahunan 733 unit.

Sedangkan Honda Accord mendapat pangsa pasar sebesar 10 persen dengan total penjualan bulanan 19 unit dan penjualan tahunan 259 unit, sementara Honda Oddysey meraih pangsa pasar 4 persen dengan total penjualan bulanan 3 unit dan penjualan tahunan sebanyak 220 unit.

BERITA TERKAIT

CIMB Niaga Syariah Perluas Pasar KPR Syariah

    NERACA   Yogyakarta - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperluas penetrasi…

Real Time Futures Bidik Investor Kalangan Milenial - Penetrasi Pasar Bursa Berjangka

NERACA Jakarta -Tingkat pertumbuhan transaksi perdagangan berjangka (futures trading) di Bursa Berjangka tergolong masih lambat jika dibandingkan dengan perdagangan saham…

KOTA DEPOK - Pedagang Pasar Kemiri Muka Tolak Eksekusi Lahan

KOTA DEPOK Pedagang Pasar Kemiri Muka Tolak Eksekusi Lahan  NERACA Depok - Para pedagang Pasar Kemiri Muka Kota Depok, Jawa…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Produksi Otomotif Ditargetkan Lebih Dari 1,29 Juta Unit di 2020

Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari sumbangsihnya…

Waymo-Jaguar Kerja Sama Buat Mobil Mewah Swakemudi

Waymo dan Jaguar Land Rover mengumumkan kerja sama pengembangan mobil listrik mewah swakemudi yang dirancang untuk layanan berbagi tumpangan yang…

GIIAS 2018 Bertekad Jadi Inspirasi Pengetahuan Otomotif

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) siap menggelar pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan bertekad…