nVidia Hadirkan Prosesor Quad Core

Sabtu, 28/01/2012

Neraca. nVidia Tegra 3 dapat merupakan Prosesor berkepala 5. Prosesor tersebut memiliki 4 Core utama, namun terdapat juga pendamping ke-5, yang melakukan tugas dasar seperti singkronisasi Data dan memutar musik. 4 Core lainnya hanya akan aktif pada situasi dimana tenaga lebih untuk suatu proses dibutuhkan, dan akan berhenti sepenuhnya jika tidak diperlukan lagi.

Cara kerja core-core tersebut telah membawa optimalisasi kinerja ke tahap berikutnya. nVidia menyebut konsep Core pendamping ini denganVariable SMP, atau disingkat vSMP. Seprtinya nVidia telah memberikan solusi atas keluhan borosnya penggunaan benergi yang diderita perangkat Android. Dengan teknologi barunya, Prosesor ini dapat bekerja dengan performa yang lebih tinggi namun sekaligus lebih hemat energi.

Diperkirakan pada ajang Mobile World Congres (MWA) yang digelar pada tanggal 27 Februari 2012 di Barcelona, Spanyol akan semakin banyak smartphone baru yang mengusung prosesor quad core. Kebutuhan akan kinerja smartphone yang tinggi dalam pekerjaan-pekerjaan grafis dan multitasking juga menyebabkan banyaknya vendor ponsel dan tablet yang berpaling pada Tegra 3 produk NVidia.

Bila pilihan kemudian jatuh pada Tegra 3, cukup beralasan. Pasalnya produk sebelumnya prosesor dual core Tegra 2, dengan speed clock 2 x 1,5 GHz, tercatat sebagai prosesor smartphone dengan kinerja paling cepat.

Prosesor dual core pada awalnya tidak bisa dimanfaatkan secara optimal oleh banyak aplikasi yang biasa digunakan. Ini disebabkan aplikasi-aplikasi tersebut tidak dirancang untuk memanfaatkan "otak" kedua pada prosesor dual core, kini para pembuat aplikasi sudah mengotimalkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga mampu memanfaatkan kekuatan prosesor dual core secara optimal.

Namun, prosesor dual core seperti Tegra 2 kini dinilai tidak lagi memadai untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone yang semakin mobile, terbiasa dengan multitasking serta makin tinggi mengkonsumsi grafis dan video.

Quad Core merupakan sebuah teknologi prosesor bila prosesor dual core diibartkan memiliki 2 otak, maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus. Teknologi Quad Core menghasilkan Intel Quad Core,Core 2 Quad(gabungan dari core 2 duo) dan Amd Phenom X4

Untuk soal kecepatan quad core memang menjadi solusi, tetapi soal baterai memang masih menjadi kontroversi. Tidak tertutup kemungkinan bahwa quad core justru boros baterai, atau setidaknya tidak mampu bekerja optimal saat berada diaktifkan pada kondisi hemat baterai. Namun yang tak terbantahkan, ia mampu mendukung kebutuhan akan kinerja yang semakin cepat. Quad core memang akan menjadi pilihan.

Tak hanya cepat, vendor juga membutuhkan teknologi hemat baterai. Pasalnya teknologi jaringan terkini, seperti LTE/4G membutuhkan baterai yang lebih besar.

Vendor asal Taiwan, HTC, akan mengenalkan smartphone terbarunya yang memiliki prosesor quad-core NVIDIA Tegra 3, dengan nama HTC Edge dengan mengundang para gadgeters pada tanggal 26 Februari mendatang, sehari sebelum pergelaran ajang MWC (Mobile World Congress).

Diprediksi handset besutan vendor Taiwan tersebut merupakan smartphone paling canggih saat ini karena dilengkapi dengan Qualcomm MSM 8906 4G LTE chipset.

Nampaknya HTC tidak sendiri. Pabrikan besar seperti Sony dan Huawei, kabarnya juga sudah menyebar undangan untuk mengadakan acara serupa. Bahkan dalam undangan, Huawei menyebutkan akan memperkenalkan smartphone ”terpintar, tercepat, dan paling memiliki kinerja yang tinggi.

Disusul vendor smartphone Fujitsu, juga memamerkan prototipe smartphone yang menggunakan prosesor quad core Tegra 3 dari Nvidia. Sedangkan Samsung Galaxy S III dan Galaxy S 3D yang disebut-sebut akan mengusung Tegra 3 Nvidia. Belakangan muncul LG X3 yang juga akan mengusung Tegra 3.

Tak berhenti di smartphone, pada ajang Consumer Electronic Show (ECS) 2012 belum lama ini, Prosesor terbaru ini juga diusung pabrikan tablet. Seperti, Asus Eee Pad Transformer Prime dan IdeaTad K2 besutan Lenovo. Asus juga berencana mengusung Quad Core untuk Asus Memo 370T.