Pada Saat Imlek, Jalur Wisata Bandung Padat

Bandung - Jalur wisata di sejumlah titik di Kota Bandung pada musim libur Imlek padat, bahkan terjadi kemacetan di sejumlah kawasan di Kota Kembang itu, Senin.

Berdasarkan pantauan TMC Polda Jabar, kepadatan arus lalu lintas wisata terjadi di jalur Bandung - Lembang, Ciwidey, Jalan Tamansari, Karangsetra. Cihideung serta di kawasan Nagreg Kabupaten Bandung.

Obyek wisata di Kota Bandung menjadi primadona bagi warga kota yakni Kolam Renang Karangsetra, Kebun Binatang Bandung, Museum Geologi, Taman Lalu Lintas serta kawasan belanja di factory outlet (FO) di Jalan RE Martadinata dan di Jalan Juanda Bandung.

Kepadatan di jalur Bandung - Lembang terjadi sejak Senin pagi hingga petang. Kendaraan wisatawan kebanyakan dari berplat nomor polisi B atau Jakarta yang hendak menuju obyek wisata Lembang dan Gunung Tangkuban Parahu.

Selain itu obyek wisata lainnya yang diserbu wisatawan di Bandung utara yakni di Kampung Gajah, Kampung Daun serta kawasan penangkaran bunga Cihideung.

"Kepadatan jalur wisata terjadi sejak dua hari lalu," kata Bripka Okta.

Kepadatan juga terjadi di jalur Nagreg yang mengakses ke kawasan wisata Cipanas Kabupaten Garut. Arus lalu lintas di kawasan itu berbaur dengan kendaraan dari arah Tasikmalaya dan Bandung.

"Peningkatan arus lalu lintas terjadi sejak Sore petang ini, arus wisata berbaur dengan kendaraan yang pulang mudik dari awah Tasikmalaya dan Jateng, namun secara umum arus lalu lintas Nagreg lancar," kata Bripka Dani, Satlantas Polres Bandung.

Jajaran Polres Bandung mengerahkan personilnya untuk mengamankan jalur Nagreg. Sementara itu jalur Lingkar Nagreg juga dioperasikan untuk mengalirkan arus lalu lintas dari arah timur atau dari atah Tasikmalaya dan Garut.

Jalur wisata alam Ciwidey juga cukup ramai oleh lalu lintas wisata dalam dua hari terakhir. Kendaraan wisatawan didominasi sepeda motor yang menuju obyek wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Selain itu sejumlah kendaraan pariwisata jenis bus juga lalu lalang menuju obyek wisata di kawasan pegunungan itu.

"Ada peningkatan lalu lintas wisata, namun secara umum lancar," kata Briptu Riswan dari Polsek Ciwidey.

Sementara itu kepadatan arus lalu lintas terjadi di Pintu Tol Pasteur baik dari arah Jakarta yang akan masuk Bandung maupun yang masuk ke dalam tol. Antren kendaraan memanjang hingga beberapa kilometer di Jalan Djunjunan Kota Bandung.

Petugas Jasa Marga memasang papan pengumuman kepadatan arus lalu lintas di sejumlah lokasi menuju Bandung untuk menghindari antrean di Pintu Tol Pasteur. Arus lalu lintas diarahkan untuk menggunakan pintu tol Buah Batu dan Pasirkoja Kota Bandung.

"Jalur Pasteur memang selalu padat setiap liburan, arus lalu lintas diarahkan ke pintu tol Buah Batu dan Pasirkoja," kata petugas Senkom Tol Purbaleunyi.

BERITA TERKAIT

Sektor Wisata Lesu, Malaysia Untung

Wisatawan yang sebelumnya banyak membeli paket wisata ke destinasi favorit di Jawa dan Bali mulai beralih dan memilih Malaysia. Penganten…

Transaksi Bank Mandiri Saat Lebaran Capai Rp30,3 Triliun

  NERACA   Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk mencatat transaksi finansial nasabah di jaringan kantor cabang yang beroperasi terbatas…

Wisata Petualangan Mulai Diminati Masyarakat Dunia

Wisata Petualangan Mulai Diminati Masyarakat Dunia NERACA Jakarta - Industri pariwisata saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat di seluruh…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

8000 Orang Bebersih Ciliwung Sepanjang 69,3 km Pecahkan Rekor Muri

8000 Orang Bebersih Ciliwung Sepanjang 69,3 km Pecahkan Rekor Muri NERACA Cibinong - Sebuah gerakan bersama yang melibatkan lebih 8000…

Meskipun Kecil, Kota Sukabumi Menjadi Primadona Investasi

Meskipun Kecil, Kota Sukabumi Menjadi Primadona Investasi   NERACA Sukabumi - Kota Sukabumi mempunyai peluang besar dalam dunia investasi. Hal itu…

Kemenkop Dukung UMK Bangkit di Wilayah Bencana

Kemenkop Dukung UMK Bangkit di Wilayah Bencana NERACA Magelang - Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir…