Perbaikan Terminal Banten Dianggarkan Rp 20 Miliar

Serang - Pemprov Banten melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan melakukan perbaikan Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon dan Terminal Pakupatan, Kota Serang dengan anggaran masing-masing Rp10 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Banten M. Husni Hasan di Serang, Senin mengatakan, perbaikan TTM dan Pakupatan didanai dari dana alokasi perbantuan pada APBN 2012.

Sedangkan total alokasi APBN yang diterima Dishubkominfo Banten pada 2012 mencapai Rp 42,6 miliar.

"Untuk dua terminal saja yakni di Cilegon dan Kota Serang masing-masing Ro10 miliar, lainnya Rp12,6 miliar untuk perbaikan median jalan, rambu-rambu lalu lintas, manajemen rekayasa lalu lintas, `traffic light` di sejumlah titik," kata Husni.

Ia mengatakan, selain untuk perbaikan terminal TTM Rp10 miliar dan Terminal Pakupatan Rp10 miliar serta sarana lainnya, alokasi anggaran dari APBN tersebut juga untuk perbaikan Terminal Kadubanen di Kabupaten Pandeglang Rp5 miliar serta pembangunan jembatan timbang di Kelurahan Gerem, Kota Cilegon Rp5 miliar.

Husni mengatakan, Dishubkominfo Banten dalam waktu dekat akan menenderkan proyek perbaikan TTM, Terminal Pakupatan, Terminal Kadubanen dan pembangunan jembatan timbang Gerem tersebut.

Rencananya, tender akan dilakukan serentak sesuai dokumen tender yang akan dibuat. Dari sejumlah proyek tersebut, perbaikan TTM dan Terminal Pakupatan paling mendesak untuk segera dilakukan karena untuk persiapan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2012.

"Kami secepatnya akan melakukan tender dua terminal itu. Kemungkinan Maret 2012 kegiatannya sudah bisa berjalan," katanya.

Menurutnya, perbaikan TTM dan Terminal Pakupatan seharusnya dilakukan pada 2011 lalu, namun tertunda karena kendala administrasi dan waktunya yang terlalu sempit. Sehingga Kementerian Perhubungan akhirnya komitmen untuk mengucurkan dana tersebut pada 2012.

BERITA TERKAIT

Bank Banten Dukung Bapenda Permudah Layanan Masyarakat

      NERACA   Banten - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) mendukung Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)…

Estika Tiara Bidik Dana IPO Rp 226,11 Miliar

PT Estika Tata Tiara mengincar dana penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) hingga Rp226,11 miliar. Calon emiten distribusi makanan…

Chandra Asri Rilis Obligasi Rp 500 Miliar

Lunasi utang obligasi yang bakal jatuh tempo, PT Chandra Asri Tbk (TPIA) berencana menerbitkan obligasi berkelanjutan II Chandra Asri Petrochemical…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Ibu Siti, Nasabah Bank Wakaf Mikro, Jahit Baju Untuk Jokowi

Ibu Siti, Nasabah Bank Wakaf Mikro, Jahit Baju Untuk Jokowi NERACA Jombang - Sudah banyak masyarakat yang gembira memanfaatkan dukungan…

Program BSPS Dongkrak Swadaya Masyarakat - 25 Unit RTLH Dua Kelurahan di Sukabumi Capai 98 persen

Program BSPS Dongkrak Swadaya Masyarakat 25 Unit RTLH Dua Kelurahan di Sukabumi Capai 98 persen NERACA Sukabumi - Sebanyak 25…

Sekda Banten: UMKM Penopang Utama Ekonomi Bangsa

Sekda Banten: UMKM Penopang Utama Ekonomi Bangsa NERACA Serang - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S Rawita mengatakan…