Honda CR-V Rebut Gelar Forwot Car of The Year 2017

Honda CR-V merebut gelar Forwot Car of The Year 2017, penghargaan mobil terbaik pilihan wartawan otomotif Indonesia, menyisihkan empat finalis lainnya. Honda CR-V mendapatkan poin tertinggi, mengalahkan empat finalis lainnya, yakni BMW i8, Honda Civic, Hyundai Tucson, dan Suzuki Ignis.

Honda CR-V mengantongi 149 poin, diikuti Suzuki Ignis 136 poin, Honda Civic Hatchback Turbo 132 poin, BMW i8 125 poin, dan Hyundai Tucson 108 poin. Total poin yang dibekalkan kepada 26 juri yang terdiri dari wartawan otomotif dari berbagai media nasional adalah 650, dan mereka membagi berdasarkan penilaian untuk lima mobil finalis untuk menentukan pemenangnya.

"Di sisi lain, hasil ini memperlihatkan bahwa setiap pabrikan semakin terpacu untuk menghadirkan mobil yang berkualitas dan terbaik ke konsumen Indonesia," kata Ketua Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) Indra Prabowo yang dikutip dari Antara.

Sebagaimana diketahui, Forwot Car of the Year (FCY) tahun ini diramaikan oleh 32 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2016 hingga Juli 2017. Jumlah ini meningkat dari peserta Forwot Car of the Year 2016 yakni 28 mobil.

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar Forwot Car of the Year semakin seru. Ini terlihat dengan hadirnya satu mobil ramah lingkungan berbasis listrik yang masuk dalam lima besar. Ini membuktikan objektivitas para juri dalam menilai mobil yang terbaik dan sarat dengan teknologi terkini," tambah Indra.

"Kami menjamin, penjurian Forwot Car of The Year 2017 dilakukan secara jujur, adil, dan independen tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pertamina Lubricants, Garda Oto, dan Pertamia yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan ini," kata Ketua Dewan Juri Forwot Car of The Year 2017 Ekawan Raharja.

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar penghargaan Forwot Car of the Year, dengan tahap penjurian sudah mengerucut pada lima finalis. Dari 26 juri yang terlibat dalam pemilihan, mayoritas suara dijatuhkan pada lima model, yakni BMW i8, Honda Civic, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan Suzuki Ignis, yang sekaligus sebagai finalis Forwot Car of the Year, kata Forwot dalam pernyataan persnya.

Lima finalis itu merupakan hasil penyaringan dan penilaian atas 32 mobil yang benar-benar baru (bukan perubahan minor, perubahan mayor atau penambahan varian) dari pelbagai merek, mulai dari Jepang, Amerika hingga Eropa.

Setahun sebelumnya, Mitsubishi All New Pajero Sport meraih predikat mobil terbaik versi Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Car of the Year (FCY) 2016. Pajero Sport sukses meraih 189,5 poin, mengungguli empat pesaingnya, Honda Civic (126,5 poin), Toyota Kijang Innova (140 poin), Toyota Sienta (90 poin) dan Chevrolet Trax (79 poin).

Kelima mobil ini tersaring dari 28 model mobil yang benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan dan dipasarkan oleh 16 Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia selama periode Agustus 2015 hingga Juli 2016. "Kelima unit yang berhasil terseleksi seperti menggambarkan garis besar pasar di Indonesia," ujar Ketua Panitia FCY 2016 Wahyu Hariantono di Jakarta.

Kelima finalis kemudian dipilih berdasarkan voting dari 25 juri. Adapun kriteria penjurian adalah desain, kenyamanan, keselamatan, keekonomian, pengendalian, kinerja, fungsi, lingkungan, kepuasan pengendara dan harga. Ketua juri FCY, Gede Widiastra berharap FCY memberikan sumbangsih kepada pelaku industri otomotif nasional sekaligus menjadi panduan konsumen otomotif nasional.

BERITA TERKAIT

BTPN Syariah Bakal Lepas Saham 10% - Gelar IPO di Kuartal Tiga 2018

NERACA Jakarta – Perkuat likuiditas dalam mendanai ekspansi bisnisnya, PT BTPN Syariah dalam waktu bakal melakukan penawaran saham perdana alias…

Produksi Naik, PHE Catatkan Kinerja Positif di 2017

      NERACA   Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu…

PNM Gelar Talkshow Awal Tahun - Peran PNM Turunkan Tingkat Kemiskinan di Indonesia

PNM Gelar Talkshow Awal Tahun Peran PNM Turunkan Tingkat Kemiskinan di Indonesia NERACA Jakarta - PNM sebagai salah satu Badan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Honda Ungkap Sedan Amaze Generasi Kedua di India

Honda memperkenalkan generasi kedua All New Honda Amaze yang dirancang di atas platform sedan premium dengan dua pilihan mesin, berbahan…

Struktur Baru Pajak Otomotif Paling Cepat Tuntas Triwulan I

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengharapkan struktur pajak baru bagi industri otomotif untuk mendorong produksi kendaraan jenis sedan dapat selesai paling…

China Diprediksi Akan Lewati AS Sebagai Pasar Otomotif Terbesar

China diproyeksikan akan melewati Amerika Serikat (AS) sebagai pasar otomotif terbesar dunia pada 2022, menurut Chief Executive Officer Nissan Motor…