Bantu Penderita Kanker Anak - Tokio Marine Ajak Berkreasi dan Bergembira di TeamLab

Jumlah penderita kanker pada anak di Indonesia tiap tahunnya terus meningkat dan dilihat dari latarbelakang ekonomi keluarga, separuhnya atau 50% dari kalangan pra sejahtera dan paling banyak yang diderita kanker darah. Kondisi ini makin memperburuk kesehatan anak, selain persoalan biaya pengobatannya yang cukup mahal juga akses informasi pengetahuan untuk mendeteksi dini masih kurang. Padahal kalau deteksi dini merupakan kesembuhan besar.

Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, Tyas Handayani mengungkapkan, setiap tahunnya jumlah penderita kanker di Indonesia bertambah 4.000 orang. Dimana dari jumlah itu, sebanyak 650 penderita kanker anak tiap tahun berasal dari Jakarta. Sementara berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), setiap tahun terdapat sekitar 4.100 kasus kanker baru dengan penderita anak-anak. Sementara Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, kanker pada anak menjadi penyebab kematian kedua dengan rentang usia 5 sampai 14 tahun.

Berangkat dari kepedulian terhadap penderita kanker pada anak-anak dan berusaha meringankan beban psikologis agar mereka dapat meluapkan kebahagian masa kecilnya dan tertawa lepas bebas bersama teman-temannya, Tokio Marine Life Insurance Indonesia menggelar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dengan mengajak 50 anak-anak dengan kanker dari Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) untuk berkreasi dan bergembira di wahana edukasi kreatif berteknologi tinggi, TeamLab Future Park di Plaza Indonesia.

Chief Marketing Officer Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Sudyawi Sahlan mengatakan, kegiatan CSR program ini mengacu pada filosofi perusahaan Tokio Marine Life Insurance Indonesia, To Be a Good Company. “Menjadi perusahaan yang baik artinya Tokio Marine akan selalu ada bagi para konsumennya dan selalu berkontribusi kepada masyarakat pada saat dibutuhkan dan bukan hanya sekedar mementingkan profit semata, namun juga berkomitmen terhadap setiap produk dan layanan yang diberikan dan secara berkesinambungan memberdayakan manusia baik secara internal perusahaan maupun lingkungan sekitar untuk kehidupan yang lebih bermanfaat.”ujarnya.

Lebih lanjut Sudyawi mengutip Kelly Turner, Ph.D., seorang ahli tumor yang meneliti hubungan emosi dan kanker, bahwa cara terbaik untuk melawan kanker adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh, salah satunya dengan banyak tertawa atau berbahagia. Karena itu, melalui Program CSR ini, anak-anak akan diajak untuk sejenak “melupakan” rutinitas pengobatan yang selalu mereka jalani setiap harinya dan bergembira bersama teman sebayanya.”Di TeamLab Future Park, anak-anak bisa bermain balon-balon besar yang berwarna-warni, menyambungkan peta perjalanan, mewarnai kendaraan, bangunan, serta hewan laut yang kemudian bisa seolah-olah menjadi “hidup” dan bergerak di layar yang luas. Harapan kami, anak-anak bisa bergembira di sini serta mendapatkan pengalaman unik yang tidak terlupakan pada saat bermain di TeamLab Future Park, Plaza Indonesia.”jelasnya.

 

Perubahan Positif

 

Dirinya menambahkan, melalui program CSR ini, Tokio Marine Life Insurance Indonesia berkeinginan tidak hanya berkontribusi secara finansial, namun sekaligus berkontribusi secara langsung untuk perubahan positif di jangka panjang. Sementara aktivitas CSR yang dilakukan saat ini, menurutnya menjadi pembuka jalan untuk berbagai aktivitas CSR Tokio Marine Life Insurance Indonesia selanjutnya.

Rencananya, secara berkesinambungan Tokio Marine Life Insurance Indonesia akan mengunjungi rumah sakit tempat anak-anak dengan kanker mendapatkan perawatan rutin dan membekali masing-masing anak dengan keterampilan-keterampilan tertentu seperti menggambar, membuat kerajinan tangan, menjahit dan sebagainya. Tujuannya, agar anak-anak kedepannya dapat berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berguna, baik untuk dirinya sendiri serta lingkungannya. Kegiatan ini menurutnya akan didukung oleh para karyawan serta agen Tokio Marine Life Insurance Indonesia dan tentunya akan terus berkembang ke anak-anak lain melalui berbagai Yayasan lain yang nantinya akan didukung. “Sesuai dengan semangat yang diusung Tokio Marine Life Insurance Indonesia melalui tagar #AkuSiapHariIni #KitaSiap, kami siap untuk menginspirasi sesama lebih jauh lagi, we are all ready to inspire others,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Yayasan Kanker Anak Indonesia, Mita Priambodo memaparkan harapannya, bahwa dengan adanya kegiatan wisata edukasi ke TeamLab Future Park yang digagas oleh Tokio Marine Life Insurance Indonesia akan semakin memperkuat semangat anak-anak untuk menjadi sehat, semangat untuk belajar dan anak-anak menyadari bahwa sangat banyak yang mendukung dan mendoakan agar mereka dapat kembali sehat, salah satunya dari Tokio Marine Life Insurance. “Karena itu kami dari Yayasan Kanker Anak Indonesia mengucapkan terima kasih setulusnya atas Program CSR yang diselenggarakan oleh Tokio Marine Life Insurance Indonesia.” ujarnya.

 

BERITA TERKAIT

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…