XL Salurkan Bantuan Pengungsi Gunung Agung

Meningkatnya status bahaya Gunung Agung di Bali, direspon langsung PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk segera menyalurkan bantuan bagi warga yang mengungsi di lokasi-lokasi pengungsian yang dikoordinir oleh pemerintah daerah setempat, yaitu antara lain di Posko Ulakan dan Posko Menanga yang berada di Kecamatan Manggis dan Rendang, Kabupaten Karangasem.  Bantuan tahap pertama telah disalurkan pada 23 September 2017.

Caretaker VP East Region XL Axiata, Mochamad Imam Mualim dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, perseroan menyampaikan simpati yang dalam kepada warga masyarakat yang terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang aman, seiring dengan terus meningkatnya status Gunung Agung. “Untuk itu, kami mengambil inisiatif untuk membantu pemerintah daerah dalam menyediakan bantuan bagi pengungsi berupa bahan-bahan kebutuhan hidup secara darurat. Kami akan terus memantau kondisi yang berkembang untuk menyiapkan bantuan lebih lanjut.”ujarnya.

Mochamad Imam Mualim menambahkan, bahan bantuan tahap pertama yang disalurkan berupa bahan makanan. Tim XL Axiata yang didukung para diler di Bali akan mengantisipasi perkembangan di lapangan, terutama dalam penyediaan bantuan di tahap selanjutnya. Telah disiapkan bantuan berikutnya berupa obat-obatan, dan keperluan dadurat lainnya bagi pengungsi.

Sebagai perusahaan telekomunikasi, XL Axiata juga akan segera menyiapkan bantuan sarana telekomunikasi, antara lain berupa telepon umum gratis (TUG), kartu SIM, dan akses internet di lokasi pengungsian. Sarana ini akan bisa membantu kebutuhan komunikasi warga korban, dan juga bisa dimanfaatkan oleh aparat yang bertugas melakukan penanganan korban bencana.

Selain itu, lanjutnya, XL Axiata juga terus memantau kondisi untuk memastikan operasional jaringan telekomunikasi di sekitar Gunung Agung. Ada sekitar 21 BTS di seputar Gunung Agung. BTS terdekat berjarak sekitar 8 km yaitu di Pura Besakih. BTS-BTS tersebut selama ini menjadi penopang layanan bagi masyarakat di pedesaan kaki Gunung Agung, yang sebagian di antaranya juga menjadi tujuan wisata.

Langkah antisipasi dalam mengamankan jaringan telah dipersiapkan oleh XL Axiata, termasuk juga antisipasi melonjaknya trafik layanan di lokasi-lokasi pengungsian jika aktivitas Gunung Agung terus meningkat. XL Axiata akan berusaha menyediakan jaringan yang memadai agar kebutuhan telekomunikasi dan data bisa terlayani dengan baik, terutama bagi upaya-upaya penanganan bencana yang dilakukan oleh berbagai instansi terkait. Hingga saat ini kondisi jaringan masih aman dan tidak mengalami gangguan berarti. Sehingga layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal. 

 

BERITA TERKAIT

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

KEJU Bagikan Dividen Final Rp79,50 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU) memutuskan membagikan dividen final tahun buku 2023 sebesar…

BUMI Bukukan Laba Bersih US$67,6 Juta

Di kuartal pertama 2024, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) membukukan laba bersih senilai US$67,6 juta atau setara Rp1,09 triliun (kurs…

BERITA LAINNYA DI

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

KEJU Bagikan Dividen Final Rp79,50 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU) memutuskan membagikan dividen final tahun buku 2023 sebesar…

BUMI Bukukan Laba Bersih US$67,6 Juta

Di kuartal pertama 2024, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) membukukan laba bersih senilai US$67,6 juta atau setara Rp1,09 triliun (kurs…