Software Industri Outlook 2012 - Software Lokal Dan Peluang Industri Kreatif

Neraca. Sejak dicanangkannya tahun 2009 sebagai Tahun Industri Kreatif, pemerintah turut menggalakkan upaya menumbuhkan industri kreatif ini melalui berbagai kegiatan seperti seminar, pengumpulan pendapat, hingga pembentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada reshuffle kabinet yang baru lalu.

Pilihan pemerintah mengembangkan industri kreatif untuk menopang perekonomian Indonesia sangat tepat mengingat, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat berlimpah dengan jumlah penduduknya yang mencapai 237 juta di tahun 2011 lalu.

Salah satu bidang di industri kreatif adalah inovasi software. Menurut data dari Business Monitor International (BMI) pengeluaran biaya TI di Indonesia pada tahun 2015 akan mencapai US$ 10.2 Billion, dengan pertumbuhan per tahunnya mencapai 18% (CAGR) hingga empat tahun ke depan. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa pasar TI di Indonesia tumbuh dengan pesat. Pertumbuhan ini sangat besar sekali dan dapat dijadikan peluang untuk mengambil sebagian besar pangsa software tersebut.

            Pasar yang besar ini banyak didominasi oleh software buatan luar negeri, dan nilainya cukup besar. Sedangkan software lokal nilainya relatif masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan software dari luar. Jumlah penduduk Indonesia yang telah mencapai 237 juta jiwa, merupakan pasar yang besar untuk produk konsumen TI.

            Bila Pasar TI di Indonesia cukup besar, dan sumber daya manusianya cukup banyak, pertanyaannya adalah bagaimana Indonesia dapat mengembangkan Industri TI agar dapat menciptakan perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti yang terjadi di India, Amerika, dan China? Bagaimana strategi pengembangan industri TI untuk mendukung perekonomian Kreatif di Indonesia?

Model Bisnis dan Risikonya

            Sejak berdiri di tahun 1988, Andal Software telah berganti beberapa kali bisnis modelnya. Kami mengubah bisnis model beberapa kali, karena kami mempunyai visi untuk membesarkan Andal Software menjadi perusahaan industri yang besar seperti perusahaan perusahaan industri lainnya. Hal ini mungkin dicapai, hanya bila Andal Software mempunyai produk, sehingga kami putuskan untuk masuk ke produk. Dengan membuat produk, diharapkan penjualan software dapat dilakukan tanpa tergantung pada programmer untuk membuat softwarenya terlebih dahulu pada saat melakukan penjualan. Bagian penjualan dapat terus menjual softwarenya bila produk software-nya sudah jadi.

            Risiko membuat produk jauh lebih besar dibandingkan dengan custom software, namun saat software dapat diterima di pasar, keuntungannya juga jauh lebih besar dibandingkan dengan custom software. Pertimbangan memilih bisnis model custom software merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki modal terbatas, dengan memilih model bisnis ini, relatif tidak perlu mempunyai modal besar dan risiko kerugian relatif kecil.

            Karena custom software selalu sudah ada yang memesan, hal tersebut bukan berarti tidak ada risiko. Risiko yang sering dihadapi oleh custom software adalah kebutuhan user tidak tertangkap dengan baik sehingga, pada saat software diserahkan kepada kostumer, masih harus ada perbaikan dan penyesuaian.

            Bagaimana dengan produk software? Seorang pemula yang belum mempunyai banyak pengalaman akan sangat sulit untuk membuat produk. Kalau memang sulit membuat produk, pertanyaan berikutnya “Mengapa ada orang seperti Mark Zuckerberg yang membuat facebook begitu boom terus menjadi kaya ?”

Riwayat bagaimana Zuckerberg bisa sampai membuat facebook tentunya sangat menarik. Facebook tidak dibuat dalam satu hari yakni ada ide kemudian langsung dibuat dan jadi. Demikian juga para pembuat Angry Bird, Skype, dan Twitter.

            Dalam pengembangan software, produk menjadi sangat penting. Kita lihat pengalaman MP3 player pada saat awal banyak sekali yang membuat MP3 player, tetapi setelah IPod keluar yang lainnya tidak kedengaran lagi. Karena kita tahu produk IPod mempunyai kualitas yang sangat baik. Banyak juga yang membuat tablet PC beberapa tahun yang lalu, merk terkenal seperti Toshiba, Acer juga membuat tablet PC, tetapi setelah IPad keluar, IPad menguasai pasar tablet. Kembali lagi kualitas produk dan desain produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Kita bisa melihat, pertumbuhan industri TI di dunia telah menghasilkan billioner-billioner baru yang relatif masih berusia sangat muda seperti Mark Zuckerberg itu. Sampai sekarang, tim Zuckerberg terus berbenah, berkreasi dan mengubah model bisnisnya. Ini bisa dilihat, dari yang tadinya facebook tidak ada iklannya, hingga akhirnya ada iklan dan bisa sharing link dan menautkan banyak link (metasocial).

Sumber Daya Manusia

Banyak perusahaan TI merasa kesulitan untuk mencari programmer padahal lulusan TI dari berbagai universitas di Indonesia diperkirakan ada sekitar 10.000 mahasiswa TI per tahunnya. Mengapa masih sulit untuk mencari tenaga TI yang berkualitas ?

Ada beberapa faktor penyebabnya, yakni, banyak dari mereka memilih untuk membuka usaha sendiri, baik yang berkaitan dengan TI maupun tidak ada hubungannya sama sekali dengan TI. Kebanyakan dari mahasiswa yang memilih jurusan TI membayangkan enaknya kerja di TI dengan penghasilan yang tinggi. Namun setelah bekerja mereka mendapatkan imbalan yang standard dan sering lembur karena harus melakukan kustomisasi pada software pesanan. Para lulusan TI banyak yang tidak memenuhi kualifikasi kebutuhan di perusahaan TI yang menuntut kualifikasi yang lebih tinggi.

Beberapa tahun belakangan inipun gelombang akuisisipun banyak dilakukan oleh pihak luar terhadap beberapa start-up di Indonesia. Hal ini  karena banyaknya para mahasiswa lulusan universitas TI langsung terjun di bidang usaha TI dengan membuat beragam aplikasi inovatif. Kelihatanya akuisisi perusahaan TI lokal oleh perusahaan luar negeripun menjadi harapan bagi pengembang lokal pemula.

Terlebih karena tingkat penghasilan sebagai seorang professional TI di Indonesia kini tidak lagi memberikan inspirasi bagi para mahasiswa untuk terjun sebagai professional TI.  Faktor penentuan model bisnis yang tidak berkelanjutan dari perusahaan dotcom  di era awal internet tahun 1990-an lalupun turut menyumbangkan turunnya tingkat penghasilan seorang professional TI, karena begitu banyaknya supply mahasiswa di industri ini.

Namun jika perusahaan TI mau mengevaluasi dengan memberikan kompensasi yang jauh lebih baik dengan membuat suatu produk yang nilai tambahnya cukup tinggi, maka perusahaan tersebut mendapatkan profesional TI yang bagus. Hal ini akan membantu pertumbuhan perusahaan tersebut di masa mendatang.

BERITA TERKAIT

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…