TRAM Akuisisi 6,26 Miliar Saham SMRU

Kembangkan ekspansi bisnis, PT Trada Maritime Tbk (TRAM) mengakuisisi PT SMR Utama Tbk (SMRU). Dimana TRAM akan membeli 6,26 miliar lembar saham SMRU yang dimiliki PT Lautan Rizki Abadi. Kedua pihak telah menandatangani perjanjian pengikatan jual beli saham (PPJB) pada 8 September 2017 lalu.

Dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin disebutkan, pengambilalihan 6,26 miliar saham SMRU ini dilakukan secara langsung oleh TRAM dari Lautan Rizki Abadi. Pembelian ini nantinya menjadikan TRAM sebagai pemegang saham mayoritas di SMRU, lantaran sebelumnya PT Lautan Rizki Abadi memiliki 50,10% dari seluruh saham yang dikeluarkan SMRU.

Sayangnya, perusahaan tidak menyebutkan berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli saham SMRU tersebut. "Perusahaan akan melakukan penawaran tender wajib, dengan mengacu pada ketentuan peraturan tentang pengambilalihan perusahaan terbuka," kata Asnita Kasmy, Direktur TRAM. Asal tahu saja, PT Trada Maritime Tbk berhasil meraih laba sebesar US$223,61 ribu hingga periode 31 Maret 2017 usai mencatat rugi US$1,01 juta di periode sama tahun sebelumnya.

Perseroan juga mencatatkan pendapatan usaha turun menjadi US$5,65 juta dari pendapatan US$7,53 juta tahun sebelumnya dan laba bruto turun menjadi US$1,68 juta dari laba bruto US$2,20 juta tahun sebelumnya. Namun perseroan mencatat pendapatan operasi lainnya sebesar US$1,89 juta naik tajam dari pendapatan lainnya US$75 pada tahun sebelumnya membuat laba usaha melejit menjadi US$2,12 juta dari laba usaha US$556,78 ribu tahun sebelumnya.

Related posts