Berdayakan Tunanetra Sebagai Telesales Agent

Permata Bank dan Yayasan Mitra Netra (YMN) :

Sabtu, 21/01/2012

Neraca. Bank Permata secara konsisten mewujudkan programCorporate Social Responsibility(CSR) melalui berbagai aktivitas kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya. Bersama dengan Yayasan Mitra Netra (YMN), Bank Permata memberikan kesempatan kepada penyandang tunanetra sebagai petugas telesales agent.

Program yang dirilis Bank Permata sekitar Agustus tahun lalu ini, merupakan jawaban konkrit atas pertanyaan masyarakat, termasuk keluarga yang memiliki anak tunanetra, tentang apa yang bisa tunanetra lakukan setelah mereka menyelesaikan pendidikannya.

Kelak para penyandang tunanetra, akan menjalankan tugasnya seperti layaknya petugas telesales lainnya dengan menggunakan komputer dan telepon yang sama. Namun, untuk mendukung dan memudahkan pekerjaannya, disediakan aplikasiText to Speechyang dapat menerjemahkan bahasa tulisan atau teks menjadi bahasa suara. Dengan bahasa suara dan kelengkapan tambahan lainnya seperti panduan produk dalam bentuk huruf braille, para petugas telesales ini diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Saat ini para tunanetra sudah mulai bekerja setelah mengikuti proses pelatihan beberapa waktu yang lalu. Kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki terbukti sama dengan yang dimiliki oleh rekan kerja normal lainnya. Ini ditopang oleh kecepatan mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja bank campuran tersebut.

Dan dimasa mendatang, tidak tertutup kemungkinan Bank Permata bakal memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para penyandang tunanetra lainnya. Harapannya, langkah ini dapat ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain di Indonesia, sehingga penyediaan lapangan kerja untuk penyandang tuna netra akan terus berkembang dan bertambah.

Jika sebelumnya perusahaan mempekerjakan tunanetra di bidang yang kurang memiliki nilai kompetisi, kini perusahaan telah mulai membuka pintu bagi bidang-bidang yang lebih kompetitif. Salah satunya adalah tele marketing atau telesales agent. Bagi tunanetra, terbukanya kesempatan yang lebih menantang ini tentu membuat mereka lebih bersemangat menyiapkan diri.

Manajemen Bank Permata percaya, bahwa pendidikan dan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu sarana terbaik untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara nyata. Saat ini di Bank Permata mempunyai lebih dari 480 petugas telesales yang tersebar di kota Jakarta, Semarang dan Surabaya. Beberapa produk seperti Tabungan, Giro, Kartu Kredit, Bancassurance dan Personal Loan menjadi produk yang mereka tawarkan baik kepada nasabahexistingmaupun masyarakat yang menjadi calon potensial nasabah Bank Permata.