Memilih Furnitur Berdasarkan Feng Shui

NERACA.Tahun 2012, menurut kalender China adalah tahun naga air positif dengan elemen tetap kayu yang dipercaya membuat hidup makin dinamis. Naga air adalah naga dengan sifat dualitas yaitu kekuatan baik dan kekuatan buruk yang sama kuat. Kalau mengetahui cara-cara mengaktifkannya akan menjadi naga yang akan membawa kelimpahan namun kalau salah akan menjadi bencana yang sangat mematikan.

Pada sebagian masyarakat, atmosfir naga air direflesikan dalam pelbagai cara. Salah satunya adalah memilih dan menggunakan furnitur atau hiasan bergambar naga atau berwarna merah. Mereka berharap akan dapat membuat hidup lebih berkualitas jika di terapkan seiring dengan Feng Shui.

Feng shui naga akan melambangkan keberhasilan dalam setiap pencapaian serta kemakmuran, dan efek ini dapat dimaksimalkan tergantung di mana feng shui naga ditempatkan. Selain itu, naga juga mewakili timur, karena itu area rumah yang ideal untuk menempatkan feng shui naga adalah di sisi timur rumah atau lingkungan kerja.

Naga dalam mitologi Feng Shui adalah mahluk yang selalu membawa cahaya kehidupan, membawa chi yang kuat dan sempurna. Ia adalah sumber inspirasi dan kreatifitas. Sumber segala kebenaran dan pembawa nasib langit dan menaklukkan nasib. Gaya hidup lux dan mewah atau glamour selalu mengiringi langkahnya. Lambang dari kekuatan, kesuksesan dan kebahagiaan. Dalam mitologi, naga dilukiskan memiliki bentuk yang bermacam-macam seperti kepala sapi, moncong keledai, mata udang, tanduk rusa, tubuh ular ditutupi dengan sisik ikan dan kaki burung phoenix.

Dilihat dari sifat Naga sendiri yaitu mempunyai mempunyai sifat angkuh tapi ia merupakan sosok yang rendah hati, menjunjung tinggi kejujuran, memelihara persahabatan, sabar dan mengormati harga diri, suka menolong dan masih banyak lagi sifat positif yang dimilikinya.

Menempatkan naga akan menghasilkan efek positif yang memberdayakan, sehingga membantu mereka yang menempati ruang itu untuk menjadi sukses dan makmur. Pada saat memilih tempat untuk feng shui naga, haru disadari bahwa feng shui naga melambangkan sebuah aktifitas. Oleh karena itu, tidak boleh ditempatkan dalam kamar tidur atau ruang lain di mana relaksasi dan istirahat harus dihormati. Di sisi lain, karakteristik ini membuatnya ideal untuk ditempatkan di kamar di mana aktivitas dan energi sangat dibutuhkan.

Naga juga dapat melambangkan air yang berarti uang, kekayaan, atau kemakmuran yang berlimpah. Air merupakan sumber kehidupan. Warna yang digunakan pada hiasan aksesoris naga harus senada dengan warna air seperti hitam, biru tua, hijau, biru gelap atau senada dengan warna uang (hijau atau emas) atau warna vitalitas dan energi (merah).

Berdasarkan Feng Shui, elemen Logam memelihara elemen Air. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kerangka yang terbuat dari logam untuk membingkai gambar naga, sehingga memberikan makna keberuntungan. Sebaliknya, tidak dianjurkan untuk membingkai gambar naga di bingkai kayu seperti kayu membutuhkan air untuk tumbuh sehingga elemen Kayu menghambat elemen Air. Oleh karena itu rangka kayu mengurangi kekuatan dan efektivitas naga.

Menurut Feng Shui tradisional, furnitur atau hiasan naga yang terbuat dari kayu, harus ditempatkan di sisi Timur atau sudut rumah. Timur dianggap sebagai rumah bagi naga dengan elemen Kayu. Jangan menempatkan naga ldengan elemen logam di Timur, karena dalam ilmu Feng Shui unsur Logam dapat menghancurkan elemen Kayu. Furnitur atau hiasan naga dari batu keramik atau kristal yang digunakan untuk menghias vas, mangkuk atau basa lampu diletakkan pada sisi Timur Laut Barat Daya, di mana elemen bumi akan ditingkatkan.

Seperti air yang mengalir melambangkan kemakmuran dan keberuntungan yang mengalir baik, menempatkan patung naga atau dinding menggantung dengan gambar naga yang menghadap ke kran dapur akan meningkatkan peluang baik untuk mengumpulkan kemakmuran dalam segala bentuk. Seperti air mengalir dari keran yang digunakan untuk minum dan memasak, aliran tersebut merupakan energi dalam alam bawah sadar. Jangan pernah menempatkan naga di kamar mandi, karena air kamar mandi digunakan untuk mencuci atau pembilasan dan melambangkan uang kotor.

Untuk menentukan penempatan terbaik gambar naga tergantung pada konfigurasi ruang, penempatan meja atau prasyarat lainnya. Sebagai contoh, lebih baik meletakkan gambar naga di dinding di belakang saat Anda duduk di meja kantor Anda, bukan di depan Anda. Dengan gambar naga di belakang Anda Anda akan diberi energi oleh gambar naga dari belakang daripada harus menghadapi atau melawan naga.

BERITA TERKAIT

Mantan Ketua MK - Milenial Rugi Kalau Tidak Memilih

Mahfud MD Mantan Ketua MK Milenial Rugi Kalau Tidak Memilih  Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai…

Menjadi Pemilih Cerdas Tanpa Takut Memilih dan Tidak Golput

  Oleh: Dendy Satrio dan Mahmud Aridona, Pemerhati Sosial Budaya Pemilihan Umum merupakan sarana bagi rakyat untuk memilih pemimpin yang…

Jangan Takut Memilih dan Terprovokasi Hoax

Oleh: Haryo Sumantri dan  Mahmud Aridona, Pengamat Sosial Kemasyarakatan Selama ini, Pemilihan Umum di Indonesia seringkali suasananya membuat rasa khawatiran.…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

BTN Ingin Jadi Mitra Utama BP Tapera - Genjot Pembiayaan Rumah Murah

BTN Ingin Jadi Mitra Utama BP Tapera Genjot Pembiayaan Rumah Murah   NERACA Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk…

Milenial Minati Hunian di Jatipadang Jakarta Selatan

Milenial Minati Hunian di Jatipadang Jakarta Selatan   NERACA Jakarta - Generasi milenial meminati hunian yang berlokasi di Jatipadang Jakarta Selatan…

Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Ketersediaan Hunian Layak MBR

Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Ketersediaan Hunian Layak MBR   NERACA Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan…