Penumpang di Pelabuhan Merak 22.088 Orang

Merak - Jumlah penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, yang hendak menuju berbagai kota di Pulau Sumatera sepanjang Senin (16/1) mencapai 22.088 orang.

"Hari ini penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni kembali normal setelah dilanda cuaca ekstrem yang mengakibatkan terganggunya pelayaran dan terjadi antrean panjang kendaraan," kata Pelaksana Harian Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Didi Yuliansyah, Senin.

Ia mengatakan, 22.088 orang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 2.908 orang dan penumpang di atas kendaraan tercatat 19.182 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 4.814 unit, yakni angkutan roda dua sebanyak 278 unit motor, kendaraan keluarga 1.338 armada, truk 2.491 armada dan 276 unit bus.

Mereka penumpang yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Selama ini, kata dia, jumlah penumpang Pelabuhan Merak kembali normal dan arus lalu lintas berjalan lancar tanpa terjadi penumpukan angkutan.

"Saat ini semua kendaraan yang masuk ke dermaga Pelabuhan Merak, mereka angkutan langsung naik ke atas Kapal Roll on Roll Of (Ro-Ro) untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Karena itu, kata dia, PT ASDP sangat komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik guna keselamatan dan kenyamanan penumpang.

PT ASDP telah mengoperasikan 25 Kapal Ro-Ro dengan mengoptimalkan lima dermaga yang ada di Pelabuhan Merak.

"Saya kira saat ini penumpang pejalan kaki maupun di atas kendaraan berjalan normal," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang pejalan kaki mengaku dirinya saat tiba di Pelabuhan Merak langsung naik ke atas Kapal Ro-Ro yang bersandar di dermaga.

"Selama ini penyeberangan kapal tidak begitu lama dan hanya 15 menit saya bisa langsung menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni," kata Sarmidi, penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak.

BERITA TERKAIT

Pengusaha Berharap Sengketa Pelabuhan Marunda Segera Selesai

Pengusaha Berharap Sengketa Pelabuhan Marunda Segera Selesai   NERACA Jakarta - Ketua Umum Indonesia Shipowner Association (INSA) Carmelita Hartoto berharap sengketa…

Rencanakan Go Public - Pelabuhan Tanjung Priok Siapkan Ekspansi di Asia

NERACA Jakarta – Minat perusahaan untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal cukup besar, dimana beberapa perusahaan anak usaha Badan Usaha…

Penumpang Pesawat Anjlok, Masyarakat Beralih Naik Kereta dan Kapal - Mudik 2019

    NERACA   Jakarta - Mahalnya tiket pesawat memberi dampak kepada transportasi lainnya, salah satunya adalah kereta api. PT…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Kerja Sama Kehutanan Indonesia – Korsel Akan Libatkan Kaum Milenial - Menteri LHK

Kerja Sama Kehutanan Indonesia – Korsel Akan Libatkan Kaum Milenial Menteri LHK NERACA Incheon – Kerja sama bidang kehutanan dan…

Indonesia Buka Perluasan Pasar Produk KUKM ke Azerbaijan

Indonesia Buka Perluasan Pasar Produk KUKM ke Azerbaijan NERACA Jakarta - Kedutaan Besar RI di Baku, Azerbaijan mendorong peran Indonesia…

Februari Banten Alami Deflasi 0,00 Persen

Februari Banten Alami Deflasi 0,00 Persen NERACA Banten - Provinsi Banten pada Februari 2019 mengalami deflasi 0,00 persen bila dibandingkan…