Regenerasi New Dutro Pertegas Ketangguhan Hino - Selain Makin Panjang Umur

Tua tua keladi, makin tua makin menjadi, karakter inilah yang menggambarkan performance truk Hino Dutro yang terus lincah dan gesit dalam segala medan hingga irit bahan bakar. Hino Dutro merupakan truk yang masuk dalam segmen light duty truck atau truk ringan yang semenjak awal kemunculannya di tahun 2002 telah menjadi primadona di pasar pengguna truk ringan di Indonesia. Berbagai keunggulan yang ditawarkan truk ini telah menjadi kekuatan tersendiri akan produk yang berkualitas di kelasnya.

Keunggulan yang paling utama adalah kualitas mesin yang tangguh dalam menempuh segala medan, memiliki daya tanjak yang kuat, daya angkut yang banyak serta lebih hemat BBM. Maka tidak heran, produk Hino selalu mendapatkan tempat di hati para pelanggannya karena dinilai mumpuni untuk menunjang operasional bisnis usaha di segala bidang, baik itu kargo, pertambangan, angkutan komersial, pasir ataupun konstruksi.

Melihat ketangguhan Hino Dutro, membuat truk ini dinilai makin panjang umur karena mampu bermanuver tanpa menemui kendala. Menyadari keberadaan Hino Dutro menjadi tulang punggung penjualan Hino, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agan tunggal pemegang merek Hino tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan jeli melihat peluang pasar yang ada. Maka dalam rangka memperingati kiprahnya ke-35 tahun hadir di Indonesia, HMSI kembali merilis Hino New Dutro dengan berbagai varian terbarunya dan masing-masing adalah New Dutro 130 HDL degan tampil aplikasi truk boks dan New Dutro 130 HD.

Kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT HMSI, Hino New Dutro terbaru ini adalah realisasi pengembangan sekaligus penyempurnaan dari Hino Dutro generasi sebelumnya, selain itu juga telah mengalami peningkatan spesifikasi pada seluruh model truk Hino Dutro.”Peluncuran produk baru ini menunjukan Hino terus melakukan riset untuk meningkatkan performa truk ringan Dutro agar dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya,”ujarnya.

Menurutnya, Hino New Dutro telah memberi nilai lebih bagi bisnis konsumen karena secara keseluruhan, tipe truk ini sudah melakukan perubahan besar dari segi ketahanan, kemampuan hingga keamanan dalam berkendara sehingga mendekati kesempurnaan seperti yang diharapkan para konsumennya. Disampaikan Santiko, Yang paling menonjol dari varian baru ini adalah sasisnya yang kini menjadi lebih panjang, membuatnya mampu mengangkut muatan dengan volume besar. Cocok untuk pengusaha transportasi, logistik dan bisnis distribusi barang. SasisNew Dutro 130 HDLmenjadi lebih panjang berkat penambahan panjang wheelbase menjadi 4000 milimeter dan penambahan julur belakang (rear overhang). Kapasitas angkut kargo menjadi lebih besar.

Truk ini juga mendapat penambahan dimensi brake lining yang lebih besar dan peningkatan kapasitas pompa vakum dari sebelumnya sebesar 80 cc menjadi 90 cc. Tujuannya, untuk meningkatkan keandalan pengeremannya. Dimensi brake drum pada rem parkir diNew Dutro 130 HDLjuga ditambah dari diameter sebelumnya sebesar 177,8 milimeter menjadi 200 milimeter. Begitu juga lebarnya, ditambah dari 35 milimeter menjadi 45 milimeter. Hal ini membuat kemampuan dan jarak pengeremen menjadi lebih pakem dan lebih pendek.New Dutro 130 HDL memiliki tenaga maksimum 130 PS pada 2.700 rpm dan torsi puncak 38 kgm pada 1.800 rpm. Perbandingan gigi akhirnya 5.857/6.428 dan gross vehicle weight ratio (GVWR) 8.250 kg.

Lebih Aerodinamis

Satu model lainnya, yakni New Dutro 130 HD, tampil dengan bodi compactor untuk angkutan sampah di perkotaan. New Dutro 130 HD tampil dengan bodi dan sasis ringkas aplikasi compactor. Truk ini merepresentasikan komitmen Hino memenuhi kebutuhan armada angkutan sampah yang modern, ringkas sekaligus lincah di jalanan perkotaan dan pemukiman yang sebagian tidak terlalu lebar.New Dutro 130 aplikasi compactor ini tampil dengan desain aerodinamis, serta dirancang sebagai truk yang hemat bahan bakar. Truk ini memiliki tenaga maksimum 130 PS pada 2700 rpm dan torsi tertinggi 38 pada 1800 rpm dengan perbandingan gigi akhir 6.428/6883 serta GVWR 8.250 kg.BaikNew Dutro 130 HDLmaupun New Dutro 130 HD menggunakan transmisi tipe terbaru RE50 yang dirancang membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, akselerasi yang lebih baik serta kemampuan mendaki di jalan tanjakan yang lebih andal.

Kemudian untuk menunjukkan kekohohannya dan keyakinan kepada masyarakat bila Hino raja di segala medan, Hino dalam pameran Gaikindo Otomotif Auto Show (GIIAS) 2017 membawa truk Hino Dakar Rally ke Indonesia. Presiden Direktur PT HMSI, Hiroo Kayanoki menjelaskan ajang reli paling ganas di dunia, reli Dakar, menjadi pembuktian ketangguhan truk Hino di segala medan dan cuaca. “Ini menjadi bukti kekuatan truk kami yang terus menerus kami lakukan improvement,” kata Kayanoki.

Menurut Kayanoki, Hino pertama kali mengikuti Dakar Rally pada tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang ikut Dakar Rally. Sepanjang 26 tahun tampil di Dakar Rally, Hino truk Dakar Rally selalu berhasil menyentuh garis finish. Pada 1997, berhasil menjadi juara umum kategori truk, sekaligus menyabet podium 1, 2, dan 3 di klasmen akhir. Pada 2010, Hino tampil sebagai juara kategori truk di bawah 10 liter. Prestasi ini dipertahankan secara berturut-turut hingga 2017.

Disebutkan, truk ini didukung mesin J08C-TI (turbo intercooler) bertenaga 450PS pada 2.700 rpm. Truk ini dikemudikan pembalap profesional Yoshimasa Sugawara. Sebagai informasi, pada ajang GIIAS 2017, Hino tak hanya fokus menjual kendaraan, namun juga memberi layanan bagi customer yang datang dengan Total Support Corner. Di sini customer dapat mendapatkan berbagai macam solusi purnal jual kendaraan baik itu servis, suku cadang maupun aksesoris kendaraan Hino.

Tak hanya itu Hino juga menyediakan leasing area di dalam booth untuk kemudahan transaksi pengunjung yang datang. Program penjualan ini didukung langsung oleh perusahaan pembiayaan seperti Hino Finance, Indomobil Finance, Mandiri Tunas Finance, Adira Finance dan Mitsui. Intinya Hino memang ingin memberikan kemudahan bagi para pengusaha. Sehingga bisnis mereka dapat terus berjalan dan meraih keuntungan maksimal. (bani)

BERITA TERKAIT

Kiprah 35 Tahun Tumbuh Bersama - Eksistensi Hino Lintas Generasi Gak Ada Matinya

Laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit kumpul, pengalaman inilah yang menggambarkan usaha katering ibu Atik (45) yang sudah dirintisnya…

Geliat Bisnis Food Truck - Mitsubishi Fuso Berikan Inovasi Lagi Inspiratif

NERACA Jakarta – Dalam menjalankan suatu bisnis, tidak hanya jeli membaca peluang pasar tetapi juga dituntut adanya efisiensi agar tidak…

HONDA CR-Z - Paduan Sporty Hybrid di Puncak Evolusi

Suasana lalu lintas siang itu sangat padat, saat kami meninggalkan markas PT Honda Prospect Motor (HPM) di kawasan Sunter, Jakarta…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

Sika Indonesia Resmikan Pabrik Ketiga di Cibitung

NERACA Bekasi – Perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri, Sika semakin mengukuhkan bisnisnya di Indonesia dengan meresmikan pabrik ketiga…

PRS, Solusi Sementara PGN untuk Alirkan Gas Bumi di Jawa Tengah

NERACASemarang - Dengan berdirinya sejumlah kawasan industri baru seperti di Kendal dan Ungaran, menjadi salah satu pertimbangan bagi investor dan…

Menteri Susi Prakarsai Dialog Pemberantasan IUU Fishing

NERACA New York - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan, Peter Thomson,…