Eksistensi Hino Lintas Generasi Gak Ada Matinya - Kiprah 35 Tahun Tumbuh Bersama

Laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit kumpul, pengalaman inilah yang menggambarkan usaha katering ibu Atik (45) yang sudah dirintisnya sejak 10 tahun lalu. Berawal dari hobi memasak, kini sudah memiliki pelanggan setia untuk setiap acara, mulai resepsi pernikahan hingga acara kantor. “Syukur lewat dari mulut ke mulut, pelanggan mulai bertambah,”ujarnya.

Menu makanan khas sunda dengan sayur asem andalannya banyak yang dipilih pelanggan. Namun dibalik kesuksesan usaha katering ibu Atik, ada peran moda transportasi truk Hino yang sudah membantunya mengantarkan katering ke pelanggan dengan muatan yang cukup luas. Adalah truk box Hino Dutro 110 SD long truk 4 ban yang menjadi andalan dalam mengirimkan pesanan katering ke berbagai wilayah di ibu kota.”Berawal semakin besarnya pesanan konsumen, saya memutuskan untuk membeli angkutan kargo yang lebih efisien. Pilihan jatuh pada Hino karena truk ini tidak hanya mempunyai volume cargo ekstra besar namun bertenaga dan tetap hemat bahan bakar.”ungkapnya.

Kepuasan lain yang dirasakan ibu Atik, memiliki kendaraan Hino, disamping lincah di jalanan ibu kota juga layanan spartpart yang mudah didapatkan dan purna jualnya yang kompetitif. Apa yang dirasakan ibu Atik juga dirasakan betul oleh Taslim, pengusaha bisnis jasa angkutan darat atau ekspedisi yang berdiri pada tahun 1989 dibawah payung Dua Putri.

Dalam perjalanannya Taslim ditantang untuk tetap tangguh saat melewati berbagai lika liku bisnis jasa angkutan darat atau ekspedisi. Dengan ketekunan dan kegigihan, kini Taslim telah memiliki 20 unit armada Hino Ranger FG 235 JP untuk mendukung usahanya yang kian berkembang di Palembang, Sumatera Selatan ini.

Taslim mengawali bisnisnya dengan menjadi supir di sebuah jasa angkutan darat di Palembang. Selama Taslim bertugas sebagai Supir, ia sempat merasakan duduk dibalik kemudi beberapa merek truk lainnya. Beberapa tahun kemudian, melihat prospek bisnis semakin positif di bidang jasa angkutan darat atau ekspedisi di Palembang mendorong Taslim untuk membuka bisnis miliknya sendiri dengan nama Dua Putri yang berdiri pada tahun 1989. Ketika itu, Taslim hanya memiliki 4 truk FG 235 JL sebagai pendukung armada ekspedisinya.

Melewati medan yang terjal dan berbatu, hingga meliuk-liuk di jalan berkelok semua dapat ditaklukan oleh Hino miliknya. Meski harus mengangkut beban berat di medan penuh tantangan, performa Hino tak pernah menurun. Taslim tak pernah mengalami kendala yang berarti selama berkendara menggunakan Hino.” Hino tetap tangguh meski harus membawa angkutan berat di berbagai medan ”ujarnya.

Dari masa ke masa, perkembangan bisnis yang dijalani Taslim semakin signifikan. Perlahan namun pasti keuntungan bisnisnya semakin menjanjikan. Untuk mengakomodasi kebutuhan bisnisnya yang semakin berkembang Taslim lantas menambah koleksi armada ekspedisinya dengan memesan Hino Ranger FG 235 JP . Hingga kini sudah 20 unit Hino Ranger FG 235 JP yang diparkir rapi di poolnya. Selain tangguh, Taslim juga merasa sangat nyaman dengan Hino karena awet dan tidak rewel. ” Saya sepenuhnya percaya pada Hino ! Selama inipun saya tidak pernah mengalami kendala yang berarti ”katanya dengan puas. Kepercayaan pada Hino diturunkannya pada sang putera penerus bisnis jasa angkutan darat dan ekspedisi Dua Putri, yakni Erwin. Kini kesuksesan bisnis Dua Putri siap diteruskan oleh Erwin dengan dukungan dari Hino Indonesia.

Melekatnya brand Hino sebagai produk truk dan bus yang berkualitas tidak bisa lepas dari eksistensinya selama 35 tahun hadir di Indonesia. Maka tidak heran, pelaku usaha tidak lagi meragukan kualitas handal dan ketangguhan Hino dalam mendukung kegiatan bisnis, mulai dari angkutan kargo, pasir, tambang dan lain-lainnya. Bahkan publik lebih mengenal Hino sebagai pakarnya truk dan bus di dalam negeri. Hal ini sangat beralasan karena merek Hino ini berhasil mempertahankan leader market di pasar otomotif untuk truk dan bus. Saat ini, Hino pemimpin pasar bus dengan market share diatas 70%. Namun demikian, kondisi tersebut tidak membuat perseroan lengah untuk terus mempertahankan posisi pasar.

Napak tilas perjalanan Hino bewaral di tahun 1982 lewat PT Hino Indonesia Manufacturing yang didirikan langsung oleh Hino Motors Ltd, Jepang, Sumitomo Corporation Jepang dan Indomobil Group. Hino Indonesia terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan cara memproduksi dan mendistribusikan kendaraan komersil berkualitas tinggi yang ramah lingkungan.Ya, 35 tahun waktu yang tidak sedikit untuk memperkuat brand otomotif di masyarakat pada segmen truk ditengah banjirnya para pendatang baru. Tentunya itu semua akan dirasakan sia-sia bila tanpa ada inovasi produk dan jeli melihat kebutuhan pasar.

Hino berkembang seiring dengan berkembangnya industri otomotif di Indonesia dan menjadi pelopor dalam memperkenalkan produk ramah lingkungan seperti bus berbahan bakar CNG dan truk dan bus dengan tingkat emisi Euro II. Selain itu, Hino di Indonesia hingga kini telah membuka lapangan pekerjaan bagi 5.500 orang yang kini bekerja di grup Hino (seperti Hino Dealer, HMSI, Hino Finance dan Hino Motors Manufacturing Indonesia /HMMI) dan secara tidak langsung kepada lebih banyak pihak lain karena produk Hino mengandung muatan lokal yang tinggi dan suku cadang dipasok oleh lebih dari 130 pemasok lokal. Produk hino dijual di seluruh Indonesia oleh lebih dari 30 dealer utama.

Saat ini terdapat dua perusahaan yang berada di bawah operasional Hino yaitu PT Hino Motors Manufacturing Indonesia ( HMMI ) dan PT Hino Motors Sales Indonesia ( HMSI ). HMMI dan HMSI bekerja bahu membahu untuk memberikan kendaraan dengan kualitas terbaik dan layanan purna jual kepada para pelanggannya. HMMI memproduksi kendaraan, sementara HMSI mendistribusikan kendaraan Hino, suku cadang asli dan menyediakan layan purna jual kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Hiroo Kayanoki selaku Presiden Direktur HMSI menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat Indonesia atas produk HINO dalam mendukung kegiatan bisnisnya. “Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia kami di Indonesia, karena berkat mereka semua Hino dapat tubuh dan berkembanga selama 35 tahun di negeri ini,” katanya.

Dirinya mejelaskan, HINO selalu memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan aktivitas total support yang fokus pada pengembangan berkelanjutan. Menurutnya, HINO terus memberikan produk terbaik dalam 35 tahun di Indonesia berdasaran QDR (Quality, Durability dan Reliability) dan layanan purna jual yang prima yang membuat bisnis konsumen lebih murah,” ungkapnya.

Selama 35 tahun kehadirannya di Indonesia, Hino telah menghadirkan 160 varian kendaraan yang siap membantu kebutuhan pebisnis yang didukung 161 jaringan penjualan, 308 bengkel dan lebih dari 2.976 toko suku cadang yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian untuk melayani permintaan pasar di dalam negeri dan luar negeri, lanjut Hiroo Kayanoki, Hino sudah memiliki pabrik perakitan dan bus yang modern di Jawa Barat.

Menghadapi tantangan di tahun 2017 ini, Hino akan menambah jaringan penjualan lebih dari 170 outlet. Untuk meningkatkan pelayanan dan menjamin ketersediaan spare part bagi konsumen, jumlah toko suku cadang menjadi 3.073. Menurutnya, dengan penambahan outlet, layanan purna jual serta berbagai produk baru seperti New Ranger, Hino menargetkan peningkatan penjualan kelas medium duty truck sebanyak 14 ribu unit dengan pangsa pasar hingga 65%.

Sedangkan segmen light duty truck ditargetkan terjual sebesar 14 ribu unit dengan pangsa pasar 25%, diantaranya merupakan kontribusi dari penjualan Dutro dengan total penjualan tahun 2017 mencapai 28 ribu unit untuk segmen medium dan light duty truck.”Tahun ini kami optimis bisa lebih baik, karena beberapa indikator ekonomi menunjukan tren positif, termasuk juga saat ini adanya pemerataan pembangunan infrastruktur diluar pulau jawa tentunya ini akan berdampak positif bagi penjualan kami,”kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Tidak Pernah Absen Berinovasi

Kondisi keamanan negara dan kurs mata uang yang cukup stabil dan terjaga dan harga komoditas pun mulai membaik, diyakini Santiko akan mendongkrak gairah industri kendaraan komersil dan terlebih lagi pemerintah juga aktif untuk menjaga dan meningkatkan daya beli masyarakat. Selanjutnya untuk menjaga eksistensinya, maka inovasi sebagai kunci untuk bertahan ditengah ketatnya persaingan bisnis menjadi kebutuhan dan bukan lagi pilihan bagi Hino, apalagi Hino Dutro menjadi tulang punggung penjualan Hino. Lewat pameran otomotif internasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, PT. Hino Motors Sales Indonesia sebagai main dealer truk dan bus Hino di Indonesia meluncurkan dua model truck terbarunya, Hino New Dutro 130 HDL dan Hino New Dutro 130 HD. Generasi terbaru dari Hino New Dutro ini sebenarnya hadir dengan 16 model baru, dua diantaranya diluncurkan pada ajang GIIAS 2017.

Asal tahu saja, New Dutro hadir dengan 16 variant, sebelumnya Hino Dutro hanya memiliki 12 model. Hino New Dutro menggantikan generasi sebelumnya Hino Dutro yang merupakan tipe light duty truck atau kelas truk ringan. Generasi terbaru ini hadir dengan mengusung tagline ”Makin Panjang Umurnya” . Harga yang dibandrol untuk Hino New Dutro ini antara Rp 217 hingga 390 juta per unit.

Kata Santiko, truk kecil ini juga handal bermanuver dijalan sempit ini. Dapur pacunya menggunakan mesin W04D 4 langkah segaris yang mampu mengeluarkan tenaga 130 PS. Mesin ini dilengkapi pula dengan turbo charge intercooler yang bertenaga dan hemat bahan bakar. Hino New Dutro 130 HDL dilengkapi transmisi model baru yaitu, RE50. Pengembangan transmisi baru ini sudah menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan transmisi yang dapat menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih baik.

Interior Hino New Dutro juga tampil dengan warna baru, kombinasi interior two tone, yang menambah kenyamanan dalam berkendara. Panel indikator juga sudah dilengkapi dengan instrument baru untuk memudahkan pengemudi mengetahui berkendara secara eco drive. Pada panel tersebut terdapat red zone yang memberi informasi bahwa pemakaian bahan bakar boros dan green zone yang menunjukan bahwa pengemudi efisien dalam penggunaan bahan bakar atau eco drive. Untuk memberi hiburan dalam berkendara, saat ini Hino New Dutro sudah dilengkapi dengan radio yang terdapat slot USB, sehingga pengemudi dapat menikmati perjalanan dengan nyaman sambil ditemani lagu-lagu favorit. “Kami yakin Hino New Dutro akan memberi nilai lebih bagi bisnis konsumen. Sebab, New Dutro dikembangkan dengan DNA QDR (Quality, Durability, Reliability) sehingga cocok digunakan dalam berbagai segmen bisnis yang menguntungkan bagi pengusaha,” jelas Santiko Wardoyo.

Selain meluncurkan Hino New Dutro 130 HDL, HMSI turut juga meluncurkan Hino New Dutro 130 HD. Sedikit berbeda dari Dutro 130 HDL, Hino New Dutro 130 HD diperuntukan sebagai dump truk guna memenuhi kebutuhan untuk pebisnis di bidang angkutan pasir, batu bara, maupun tanah. Memiliki rangka yang kuat dan tebal dengan ukuran 6 mm serta dilengkapi dengan inner reinforcement, keling penguat dan design baru cross member tanpa lubang. Hal ini jelas menambah kekokohan rangka sehingga sangat handal dalam mengangkut beban yang berat.

Dutro 130 HD juga menggunakan transmisi baru RE50, dilengkapi pula dengan PTO transmisi baru yang berfungsi menyalurkan putaran sesuai dengan tenaga mesin, sehingga menghasilan tenaga lebih kuat sehingga mampu menumpahkan muatan truk dengan mudah. Sistem pengereman lebih aman dan responsive, dikarenakan brake lining yang lebih panjang dan vaccum pump yang lebih besar.

Hino New Dutro juga memiliki fitur baru yaitu rem parkir, dengan brake drum lebih besar dapat menahan kendaraan ketika berhenti ditanjakan. Tentunya ini menambah faktor keamanan dan keselamatan. Fitur baru lainnya ialah, saat ini truk Hino New Dutro sudah dilengkapi dengan pre cleaner yang menyaring udara dengan sempurna sehingga pembakaran menjadi efisien dan dust indicator yang membantu melihat kondisi saringan udara, serta sistem baru berupa battery tunggal yang membuat pemakaian battery lebih tahan lama.

Itu sebabnya New Dutro pun menggunakan slogan ”Makin Panjang Umurnya”.Panjangnya umur New Dutro bukan sebatas slogan saja. Pasalnya, Hino telah menyiapkan layanan purna jual yang komplet. Saat ini Hino memiliki 161 jaringan dealer di seleuruh Indonesia. Lalu lebih dari 308 jaringan service Hino. Masih ditambah lagi dengan 2.976 parts network. “Melalui layanan purna jual, kami bukan hanya sekedar menjual, namun juga memberikan keuntungan dengan maksimum up time dan minimum operasional cost sehingga bisnis customer setia kami lebih untung” kata Santiko.

Hino Dutro pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 dan sejak saat itu Hino Dutro terus mendapat kepercayaan dari pasar yang membutuhkan truk kecil yang lincah, efisien, dan mampu bermanuver di jalan sempit. Ini terbukti dengan perolehan market share Hino Dutro yang terus tumbuh dalam pasar light duty truck sebesar 21 % selama Januari sampai dengan Juli 2017 dengan berhasil dilego kepasaran sebanyak 6.983 hasil ini meningkat sebanyak 8% dari hasil periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.476 unit. Tentunya ini merupakan hasil postif dimana kali pertama launching di 2002 truk ini hanya mendapat 1% market share.

Selama ajang pameran GIAAS 2017, Hino menampilkan 7 kendaraan andalannya di booth seluas 1.008 meter persegi yang berada di Hall 3C, International Convention Exhibition (ICE) BSD. Selain dua produk terbarunya itu, Hino juga membawa legenda dump truk di Indonesia yang telah menjadi market leader selama 17 tahun terakhir ini, Hino New Generation Ranger FM 260 JD. Hino juga menampilkan dua unit New Generation Ranger lainnya, yaitu Tractor Head SG 260 TH yang handal dan kuat dalam menarik container. Truk ini sangat sesuai dengan program pemerintah yang sedang giat dalam membangun pelabuhan baru guna menurunkan biaya distribusi. Lalu ada juga New Generation Ranger FG 235 JP yang ditampilkan dalam bentuk refrigerator box yang siap membantu kelancaran bisnis pengusaha makanan maupun minuman beku (frozen).

Selain deretan truk – truk tangguh, Hino juga turut memboyong bus terbarunya, Hino Bus RM 380. Kendaraan ini merupakan salah satu lineup big bus Hino. HMSI dalam GIIAS 2017 kali ini juga memamerkan truck spesialnya, Hino Truk Dakar Rally. Truk ini digunakan untuk mengikuti lomba Dakar Rally. Sepanjang keikutsertaan Hino di ajang rally terganas di dunia ini, Hino Truck Dakar Rally selalu mencapai garis finish selama 26 tahun keikutsertaannya. Serta berhasil menjuarai kategori under 10-Litre Class selama delapan tahun berturut-turut dari 2010 hingga 2017. Ini menjadi bukti kualitas ketangguhan, dan kekuatan truk Hino yang secara terus menerus melakukan improvement. (Bani)

BERITA TERKAIT

Selain Makin Panjang Umur - Regenerasi New Dutro Pertegas Ketangguhan Hino

Tua tua keladi, makin tua makin menjadi, karakter inilah yang menggambarkan performance truk Hino Dutro yang terus lincah dan gesit…

Geliat Bisnis Food Truck - Mitsubishi Fuso Berikan Inovasi Lagi Inspiratif

NERACA Jakarta – Dalam menjalankan suatu bisnis, tidak hanya jeli membaca peluang pasar tetapi juga dituntut adanya efisiensi agar tidak…

HONDA CR-Z - Paduan Sporty Hybrid di Puncak Evolusi

Suasana lalu lintas siang itu sangat padat, saat kami meninggalkan markas PT Honda Prospect Motor (HPM) di kawasan Sunter, Jakarta…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

Sika Indonesia Resmikan Pabrik Ketiga di Cibitung

NERACA Bekasi – Perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri, Sika semakin mengukuhkan bisnisnya di Indonesia dengan meresmikan pabrik ketiga…

PRS, Solusi Sementara PGN untuk Alirkan Gas Bumi di Jawa Tengah

NERACASemarang - Dengan berdirinya sejumlah kawasan industri baru seperti di Kendal dan Ungaran, menjadi salah satu pertimbangan bagi investor dan…

Menteri Susi Prakarsai Dialog Pemberantasan IUU Fishing

NERACA New York - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan, Peter Thomson,…