Ruang Cantik Bernuansa Imlek

Sabtu, 21/01/2012

Neraca. Perayaan Imlek rasanya belum lengkap tanpa sentuhan dekorasi interior agar tampil istimewa, berkesan, memberi rasa tenang dan tampil meriah namun nyaman bagi penghuninya. Seperti mendekorasi ruang tamu untuk menyambut kerabat yang datang. Imlek memang bukan sekadar hari raya keagamaan, namun Imlek sebuah pesta rakyat yang dirayakan secara tradisional oleh etnis Tionghoa, dalam menyambut datangnya musim semi sekaligus pengucapan syukur atas berkat yang sudah diterima pada tahun yang lalu dan permohonan berkat serta pertolongan dari Tuhan, dewa-dewa, maupun leluhur untuk tahun yang akan datang.

Banyak masyarakat Indonesia yang bukan dari keturunan etnis Cina, tradisi Imlek pun sudah melebur dalam kehidupan. Mereka dengan suka cita turut memberi selamat kepada rekan-rekannya, yang merupakan etnis peranakan cina atau ikut memeriahkan perayaan ini. Untuk memunculkan suasana Imlek, ruang tamu menjadi media utama dalam menyambut kemeriahan Imlek. Permainan warna yang didominasi dengan merah, emas dan coklat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

Aksen merah adalah paduan warna yang mampu memberikan sentuhan memikat. Selain itu, merah juga dapat melambangkan keberuntungan dan suasana yang penuh dengan kebahagiaan. Paduan kombinasi warna hitam dan putih juga dapat dihadirkan agar warna merah memunculkan nuansa indah serta menakjubkan. Untuk mengaplikasikannya, pilih warna putih sebagai dasar ruangan yang diaplikasikan mulai dari lantai, dinding, plafond, kusen-kusen, jendela, dan pintu. Warna putih yang berlebihan dapat dihindari dengan memadukan warna hitam untuk menciptakan kesan modern, elegan, dan dapat memberi nuansa kehangatan pada ruangan. Hitam pun mampu membuat ruang tamu di rumah Anda terlihat lebih berkarakter. Cipratkan warna hitam yaitu pada furnitur seperti sofa, meja, rak penyimpan pajangan serta meja konsol. Cara lain adalah menghidupkan suasana hitam putih yang kaku dengan menghadirkan warna merah pada aksesoris seperti bantal-bantal sofa, bunga-bunga khas musim semi, dan karpet yang dihamparkan memenuhi bagian lantai. Atau hias dinding dengan pengecatan teknik dekoratif misalnya untuk membuat motif bunga yang juga berwarna merah. Disisi lain, untuk menghadirkan nuansa Imlek tak harus menggunakan warna merah. Warna putih yang dipadu dengan warna coklat juga mampu memberi suasana Imlek yang istimewa pada ruang tamu. Warna putih dapat memunculkan kesan yang menenangkan, membuat penghuni merasa nyaman serta tentram ketika berada di dalamnya. Sedangkan warna coklat mampu menciptakan suasana hangat yang mengakrabkan. Aplikasikan warna coklat dilantai untuk memunculkan nuansa hangat yang berkesan. Coklat juga bisa diterapkan kembali pada furnitur seperti kursi-kursi, meja, meja sudut, atau rak penyimpan pajangan yang terbuat dari material kayu. Agar suasana Imlek penuh dengan kehangatan sebaiknya furnitur yang digunakan memiliki desain khas China.

Tempel juga aksesoris lukisan bunga musim semi dengan bingkai warna coklat di dinding. Tambahkan pernak-pernik Imlek dan letakkan posisi dekorasi Imlek tersebut pada sudut ruangan agar muncul energi chi positif untuk memberikan efek positif dalam kehidupan keluarga. Ruang tamu pun tampil dengan suasana Imlek yang istimewa.