Ketika Barongsai Beraksi Di Tahun Naga

Gendang pun ditabuh sekuatnya, naga barongsai mulai menggeliat. Harapan dipanjatkan ditengah kemeriahan tahun baru Imlek.

Neraca. Beberapa tempat wisata mulai dipadati pengunjung, hotel dan restoran di Jakarta pun jeli menangkap peluang bisnis menyambut tahun baru Imlek. Dekorasi sang naga, warna merah yang mendominasi menjadi pandangan lumrah, sarat menghadirkan kesenian tradisi Cina.

Sebuah pertokoaan megah di Jakarta, menampilkan kesenian barongsai dan liong pada pembukaan acara menyambut tahun baru Cina 2563 yang bertajuk The Art Of Dragon Year. Pertunjukan barongsai itu biasanya digelar hingga puncaknya pada perayaan Cap Go Meh atau rangkaian penutup perayaan tahun baru Cina yang jatuh pada hari ke-15 setelah Imlek.

Barongsai selalu ditampilkan dalam perayaan tahun baru Cina karena kesenian ini memiliki simbol-simbol yang sesuai dengan sejarah tradisinya sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan yang sudah diraih dan yang akan datang.

Simbol-simbol itu ditunjukan oleh warna-warna yang ada pada barongsai maupun kostum pemainnya. Semua warna yang ada hanya terdiri dari 5 warna yakni merah, hijau, hitam, kuning/emas, dan putih/perak. Kelima warna itu konon terkait dengan cerita kuno Samkok. Kelima warna itu melambangkan lima unsur di bumi yakni kayu, api, air, tanah, dan logam.

Seperti yang kita ketahui bahwa kesenian atau seni ketrampilan dalam permainanBarongsaimembutuhkan keahlian khusus dan tentunya dengan latihan yang rutin dapatg menjadikan para pemain yang terlibat didalamnya menjadi mahir dan terampil. Namun disini terkadang banyak orang yang masih berpendapat bahwa bermainBarongsaibisa menjadikan sang pemain atau para pemain menjadikan kesurupan seperti halnya dalam permainankuda lumping.

Dalam melakukan permainanBarongsai, dibutuhkan kejelian dan ketangkasan yang tentunya di dapat dari hasil latihan yang rutin serta tanggap dalam mengenal medan atau arena tempat bermain, dikarenakan permainanBarongsaiharus dapat dilakukan di segala medan, ataupun arena, atau bahkan dilapangan dan juga di tempat yang luasnya amat minimalis.

Dalam perkembangan sekarang iniBarongsaisudah banyak jenis permainnya yang dipadukan dengan kesenian atau beladiri Wushu, dan menjadikan gerakan-gerakan yang dilakukan menjadi indah dan serasi dengan musik terdengar dari alat musikBarongsai. Itupun sebenarnya keserasian permainan juga didapat dari hasil latihan yang serius dan disiplin yang tinggi serta penngenalan tentang budaya Tionghoapada umumnya.

Saat ini barongsai di Indonesia sudah dapat dimainkan secara luas, bahkan telah meraih juara pada kejuaraan di dunia. Dimulai dengan BarongsaiHimpunan Bersatu Teguh dariPadang yang meraih juara 5 pada kejuaraan dunia di genting - malaysia pada tahun 2000. Hingga kini barongsai Indonesia sudah banyak mengikuti berbagai kejuaraan-kejuaraan dunia dan meraih banyak prestasi. Sebut saja beberapa nama sepertiKong Ha Hong(KHH) –Jakarta, Dragon Phoenix(DP) –Jakarta Satya Dharma-Kudus, danPaguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) – Tarakan.

Related posts