Menjelajah Kampung China

Sabtu, 21/01/2012

Neraca. Kampung Cina adalah tempat wisata dan berbelanja dengan nuansa bangunan bergaya Cina. Disini anda bisa berbelanja berbagai barang-barang yang berhubungan dengan kebudayaan cina. Pusat perdagangan produk Cina terlengkap dan termurah di Indonesiaini, ramai dipadati pengunjung saat menjelang Imlek.

Berlokasi di kawasan perumahan kota wisata Cibubur, kurang lebih 13 km dari taman buah Mekar Sari. Tepatnya berada di jalan Transyogi KM 6 Cibubur, Bogor. Selain kampung Cina di sini juga terdapat kampung Jepang, kampung Amerika dan kampung-kampung lainnya.

Pada bagian pintu masuk dari Kampung China ini, kita akan disambut oleh gerbang yang mirip dengan pintu masuk sebuah kota yang ada di China. Gerbang yang berbentuk setengah lingkaran itu dinamakan Gerbang Kemakmuran. Di kawasan Kampung China ini, kita akan menemukan banyak bangunan dengan arsitektur China. Kemudian, ada juga patung-patung ala masyarakat China.

Begitu masuk kedalamnya, anda akan langsung disambut toko-toko berjejer rapi, yang menjual beraneka souvenir khas pecinan. Pernak-pernik dan pakaian khas pecinan in, memang begitu menggoda untuk dibeli dan dikoleksi. Harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif, anda juga bisa menikmati pemandangan dengan menaiki perahu niaga atau berfoto di depan miniatur jam bigben dan tembok Cina.

Dari sisi bangunan pusat perbelanjaan, selain didominasi ornamen China warna bangunan juga didominasi warna merah yang sering disebut sebagai simbol kelimpahan rezeki. Ciri khas lain yang menonjol di objek wisata ini adalah berdirinya beragam bentuk patung China, busana dan rambut imitasi ala penduduk China kuno. Kendati di klaim sebagai Kampung China, lokasi ini didominasi oleh penghuni lokal, bukan etnis keturunan Tionghoa.