Ini Waktu Terbaik Tidur Siang

Diyakini bermanfaat buat tubuh, tidur sejenak sekitar 20-30 menit di siang hari cukup beralasan untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang tidur di malam hari tak cukup. Selain membuat tubuh kembali ke kondisi lebih baik, tidur siang juga membuat seseorang lebih kreatif dan produktif. Manfaat yang diperoleh makin maksimal ketika dilakukan di waktu yang tepat.

Dilansir dari The Independent, Sleep Council Inggris mengungkapkan bahwa waktu yang tepat untuk tidur siang ini adalah pukul 15.00. Alasannya, melihat jam biologis tubuh, kondisi tubuh menurun pada jam tersebut. Banyak orang juga mengalami rasa kantuk setelah makan siang atau kurang waspada, sehingga jam ini terasa pas untuk tidur siang.

Durasi tidur selama 20-30 menit saja, tak lebih. Mengapa? Jika seseorang tidur melebihi 30 menit, maka ia akan tertidur lebih dalam dan pening saat terbangun. Hal ini disebut dengan inersia tidur atau sleep inertia. Meski tidur siang itu sangat bermanfaat, tapi jika tak cukup tidur saat malam, tidur siang terlalu lama juga membuat Anda akan sulit tidur malamnya. Menurut laporan terakhir dari Sleep Council, hampir tiga perempat orang Inggris tidur kurang dari tujuh jam tiap malam. Lebih dalam lagi, jumlah orang yang tidur kurang dari lima jam tiap malam tumbuh dari 7 persen menjadi 12 persen."Ketika Anda kurang tidur, hanya hal buruk yang terjadi pada mood, konsentrasi, kesehatan dan sistem imun Anda," kata asisten profesor dari pengobatan klinis di Keck School of Medicine, Universitas California Tenggara, Rajkumar Dasgupta pada Tonic (18/8).

Studi membuktikan bahwa tidur siang punya manfaat kesehatan dan sebenarnya melawan efek dari kurang tidur. Setelah tidur siang, orang lebih waspada, kreatif, kemampuan mengingat yang lebih baik dan kondisi yang lebih baik untuk belajar. Anda juga lebih sedikit membuat kesalahan dan kecelakaan atau cedera. bangun dari tidur siang akan terasa menyegarkan dan seperti diremajakan.

Related posts