Sruput Segernya Usaha Teh Aneka Rasa

PopCha, waralaba produk minuman berbahan dasar teh aneka rasa menawarkan paket kerjasama untuk memulai bisnis . Pemilik merek menawarkan program kerjasama dengan investasi awal sebesar Rp 6 juta. "Tapi selama pameran kita tawarkan Rp 4 juta," ujar Aris Sutikno, Operation Manager PT Citra Nutrisi Indonesia pemegang merek PopCha‎.

Dengan investasi awal sebesar itu, investor akan mendapat satu set booth berukuran 60 cm x120 cm lengkap dengan sealing machine alias alat pengemasan, water dispenser, stainless dispenser, plastic container, stainless pot, kompor gas‎ dan perlengkapan lainnya.

Untuk program kemitraan ini, investor cukup melakukan investasi awal satu kali tanpa perlu membayar royalti atau pun franchise fee. "Sekali seumur hidup. Selebihnya tinggal beli bahan baku saja dan itu bisa disesuaikan penjualan setiap hari," jelasnya.

Setelah resmi menjadi mitra usaha, investor cukup membeli bahan baku untuk persediaan selama 1 bulan sebesar Rp 7,7 juta. Aris mengatakan, pembelian bahan baku tidak perlu dilakukan sekaligus untuk persediaan selama 1 bulan. "Bisa dilakukan satu minggu sekali jadi ringan," sambung dia.

Ia mengatakan, rata-rata dalam sehari mitra usaha bisa menjual hingga 100 gelas minuman per hari dengan rata-rata harga jual Rp 7.000. "Kalau dihitung bulanan hasil penjualan bisa Rp 19,9 juta," tuturnya.

Adapun biaya operasional rata-rata per bulan mencapai Rp 6 juta yang terdiri dari gaji 2 orang pegawai Rp 2,4 juta, sewa lokasi sebesar Rp 1,5 juta dan biaya operasional lainnya. "Tapi kalau tempat punya sendiri tentu nggak perlu sewa tempat dan biaya bisa ditekan.

Setelah hasil penjualan dikurangi dengan biaya bahan baku dan biaya operasional, maka rata-rata mitra usaha bisa mengantongi keuntungan bersih sebesar Rp 3,7 juta. "1 bulan pertama sudah bisa mengembalikan investasi awal tadi. Artinya 1 bulan sudah balik modal," pungkas dia.

Related posts