Penjualan Honda Freed Tembus 30.000 Unit

Sabtu, 21/01/2012

NERACA. Dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun setelah kali pertama diperkenalkan di Indonesia pada bulan Juni 2009, penjualan Honda Freed berhasil menembus angka penjualan 30.000 unit, tepatnya 32.512 unit di bulan Desember 2011. Honda Freed sekaligus menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda pada bulan Desember 2011.

Di kelas MPV, penjualan Honda Freed sejak bulan Januari hingga Desember 2011 tercatat sebanyak 10.112 unit. Honda Freed sendiri meraih penjualan sebanyak 1.034 unit di bulan Desember 2011, meningkat 7% dibanding bulan sebelumnya yang terjual 960 unit dengan pangsa pasar sebesar 10% di segmen MPV.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa Honda Freed berhasil menjadi salah satu produk yang memberikan kontribusi terbesar terhadap total penjualan Honda sejak peluncurannya di Indonesia pada tanggal 29 Juni 2009. Berbagai pengakuan dari media sejak peluncurannya hingga saat ini, antara lain The Best New Comer dari Majalah Motor (IIMS 2009), Best Debut Model of The Year dari Frost & Sullivan, Car of The Yar dari Tabloid Otomotif, Family Car of The Year dari Majalah Top Gear serta yang terbaru yaitu Initial Quality Study (IQS) dari J.D Power yang menyatakan bahwa Honda Freed merupakan mobil MPV yang paling sedikit bermasalah, membuktikan keunggulan mobil MPV tersebut baik untuk pasar nasional maupun Internasional.

Jonfis juga menambahkan, beberapa bulan iniHonda Freed semakin diminati konsumen. Selain itu permintaan konsumen terhadap Honda CR-V dan Honda Jazz juga sangat tinggi. Kondisi keterbatasan pasokan akibat bencana banjir yang menimpa Thailand mungkin masih akan berlanjut hingga awal 2012, tetapi Honda akan terus memaksimalkan kapasitas produksi yang ada dengan ketersediaan barang yang ada untuk terus memenuhi permintaan konsumen.

Honda CR-V pada sepanjang tahun 2011 telah mengumpulkan penjualan sebanyak 11.760 unit di seluruh Indonesia, menguasai pangsa pasar sebesar 25%. Penjualan New CR-V pada bulan Desember sendiri adalah 948 unit, meningkat sebesar 68% dibanding bulan sebelumnya yang terjual 563 unit.

Sementara itu, Honda Jazz telah terjual sebanyak 19.440 unit di tahun 2011, menguasai pangsa pasar sebesar 32% sekaligus menjadi market leader di kelasnya. Penjualan New Honda Jazz pada bulan Desember sendiri adalah 208 unit. Sedangkan untuk segmen MPV premium, All New Honda Odyssey telah mencatat angka penjualan sebesar 171 unit di sepanjang tahun 2011.

Untuk segmen sedan, Honda New Full Size Accord telah terjual sebanyak 1.234 unit di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011 dan menguasai pangsa pasar kelas Medium Sedan sebesar 20%. Sementara pada bulan Desember sendiri, Honda New Full Size Accord terjual 1 unit dikarenakan terhambatnya pasokan CBU dari Thailand.

Sedan Honda lainnya, New Honda City telah meraih penjualan sebanyak 1.636 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 23%* dikelas Mini Sedan. Sedangkan Honda Civic telah terjual sebanyak 1.063 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 35% di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011.

Secara total, Honda mencatat penjualan sebesar 2.191 unit pada bulan Desember lalu, Dengan demikian, Honda mencatat penjualan di tahun 2011 sebesar 45.416 unit mobil dan menguasai pangsa pasar sebesar 5.1% di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun 2011.

Display Booth

Honda Motor Co., Ltd umumkan display Booth Honda di ajang Tokyo Auto Salon 2012 yang berlangsung pada tanggal 13 Januari sampai 15 Januari 2012 di Makuhari Messe, di kota Chiba, Jepang. Honda menampilkan sejumlah produknya mulai dari mobil, sepeda motor hingga power products. Hal ini sebagai bentuk kesenangan yang diberikan oleh Honda dalam dunia otomotif dan juga daya tariknya terhadap dunia olahraga balap.

Tokyo Auto Salon diadakan oleh Nippon Auto Parts Aftermarket Committee (NAPAC). Ajang Tokyo Auto Salon diadakan setiap dua tahun sekali dan di tahun 2012 ini, Tokyo Auto Salon memasuki tahun yang ke-30. Tokyo Auto Salon sendiri merupakan ajang pameran terbesar di Jepang yang bertemakan modifikasi mobil.

Untuk display mobil Honda sendiri, menampilkan mobil terbaru Honda yaitu mobil mungil Honda N-BOX Custom yang baru saja dirilis pada ajang Tokyo Motor Show 2011 silam dan sudah mulai dijual pada bulan Desember 2011. Selain itu, Honda Freed Spike Hybrid dalam edisi Para Wa. Kedua model tersebut merupakan study model.

Honda N-BOX Custom ini ditampilkan dalam pilihan warna khusus yang atraktif, dipadu dengan cutting sticker serta LED yang digunakan sebagai elemen dekoratif baik pada eksterior maupun pada desain interior mobil mungil terbaru Honda.

Selain Honda N-BOX Custom, terdapat pula Honda Freed Spike Hybrid yang ditampilkan dalam versi Para Wa Freed. Honda mengambil konsep budaya tradisional Jepang pada desain warna eksteriornya berdasarkan seni lacquering, sedangkan pada interiornya terdapat elemen bunga dari empat musim pada dashboard mobil.

Mobil lainnya yang ditampilkan pada ajang Tokyo Auto Salon 2012 adalah mobil balap Honda HSV-010 GT, mobil balap ini dipakai oleh Honda pada ajang balap Super GT di Jepang. Honda HSV-010 GT digunakan oleh para pembalap Honda untuk berkompetisi di kelas GT500 Class sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Selain itu, Honda menampilkan pula Honda CR-Z untuk menegaskan kembali kepada pengunjung bahwa Honda CR-Z adalah mobil sport hybrid pertama Honda di dunia. Mobil Honda lainnya yang ditampilkan adalah mobil sport Honda Beat yang pernah popular di tahun 1990an. Kali ini Honda Beat ditampilkan dengan versi Modulo, membuat penampilannya berubah pada eksteriornya.