Songsong HUT RI Ke-72, RNI dan Bulog Gelar Jalan Sehat 5 Km

NERACA

Tarakan – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) bersama Perum Bulog menggelar Jalan Sehat 5 Km di salah satu pulau terluar yang ada di Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (13/8). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-72 itu diikuti oleh 5 ribu orang peserta.

Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo mengatakan, acara ini merupakan bagian dari program besar BUMN Hadir Untuk Negeri yang kini telah memasuki tahun ketiga. Diakuinya, kegiatan yang bernuansa pesta rakyat tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat Tarakan.

“Warga telah berkumpul sejak pagi sekali. Seusai berjalan sepanjang 5 km, peserta mendapatkan suguhan hiburan dan penganan aneka kuliner nusantara yang dibagikan secara gratis setelah garis finis. Selain itu, ada juga ratusan door prize dengan hadiah utama berupa sepeda motor,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan resmi, Snein (14/8).

Didik mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi kemeriahan serta sebagai salah satu cara mendekatkan BUMN dengan masyarakat. “Selain dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-72, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Didik, sangat baik menggelar kegiatan yang mampu memperkenalkan BUMN secara lebih luas, apalagi dilakukan kepada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau yang berdekatan dengan Negara lain. ”Harapannya masyarakat semakin mengenal RNI dan BUMN lainnya, lebih mengetahui produk-produknya dan lebih memilih menggunakan produk BUMN,” ujarnya.

Didik mengatakan, selain Jalan Sehat ada beragam acara yang akan dihelat dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi termuda Indonesia tersebut. “Kegiatan yang harus dilakukan telah ditentukan oleh Kementerian BUMN, di antaranya pertukaran pelajar antar provinsi bertajuk Sisiwa Mengenal Nusantara, Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-72, dan Bedah Rumah Veteran. Program Bedah Rumah Veteran sendiri akan dilaksanakan sepenuhnya oleh Bulog,” katanya.

Salah satu program yang telah sukses dilaksanakan adalah program pertukaran pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pada tanggal 16-22 Juli 2017, dengan mengirimkan 20 siswa ke Provinsi Sumatera Selatan. Program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2017 sendiri dilaksanakan di 34 Provinsi, dengan melibatkan tidak kurang dari 97 BUMN.

Sementara itu, Walikota Tarakan Sofyan Ragai yang juga turut serta mengikuti jalan sehat menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Tarakan sebagai pusat pelaksanaan Program BUMN Hadir Untuk Negeri 2017. “Masyarakat sangat antusias dan menyambut baik serangkaian program yang dilaksanakan oleh BUMN ,” ungkapnya.

Tarakan merupakan kota yang berbentuk pulau dengan luas 657,33 Km persegi yang terletak di Selat Sulawesi sebelah utara Pulau Kalimantan. Semenjak terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara 4 tahun lalu, Tarakan resmi masuk menjadi bagian dari wilayah Provinsi Kalimantan Utara bersama 4 kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Nunukan, Bulungan, Malinau, dan Tana Tidung.

Pulau yang pada era Perang Dunia ke-2 menjadi salah satu wilayah pertempuran sengit antara Jepang melawan Belanda tersebut kini memiliki jumlah penduduk sebanyak 239 ribu jiwa. Pada saat pelaksanaan Jalan Sehat 5 Km BUMN Hadir Untuk Negeri, 5 ribu warga tarakan hadir memeriahkan pesta rakyat tahunan tersebut.

Related posts