Kemenkeu Optimis Target Pertumbuhan 5,2% Tercapai

NERACA

Jakarta - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara optimistis pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun 2017 masih bisa mencapai target yang diproyeksikan sebesar 5,2 persen. "Kita masih yakin di tahun ini kita bisa capai 5,2 persen," kata Suahasil di Jakarta, Kamis (10/8). Suahasil mengatakan perkiraan proyeksi itu berdasarkan pertimbangan bahwa kinerja perekonomian pada semester II-2017 bisa tumbuh lebih baik dari semester I-2017.

Ia menyakini perekonomian yang membaik itu didukung oleh perilaku belanja masyarakat serta rendahnya laju inflasi yang hingga Juli 2017 berada pada kisaran 2,6 persen. "Kita tentu antisipasi biar pertumbuhan ekonomi membaik di semester kedua. Inflasi juga akan terjaga dan bisa tidak terlalu tinggi, sehingga daya beli meningkat," kata Suahasil.

Selain itu, ia memastikan konsumsi pemerintah yang tumbuh negatif pada triwulan II-2017, bisa memberikan kontribusi yang positif pada semester II-2017. "Di triwulan tiga dan empat, kami yakin pengeluaran pemerintah akan lebih tinggi. Pemerintah akan menjalankan program yang sudah direncanakan seperti PKH dan beras rastra," ujarnya.

Hal itu, kata Suahasil, juga didukung oleh penyerapan belanja modal yang akan membantu percepatan pembangunan infrastruktur dan investasi secara keseluruhan. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan II-2017 tumbuh sebesar 5,01 persen (year on year) yang didukung oleh membaiknya kinerja investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

Ekonomi ini didukung oleh PMTB yang tumbuh 5,35 persen, konsumsi rumah tangga 4,95 persen, ekspor 3,36 persen, impor 0,55 persen, konsumsi LNPRT 8,49 persen dan konsumsi pemerintah yang tumbuh negatif 1,93 persen. Dengan ekonomi Indonesia yang tumbuh 5,01 persen pada triwulan II-2017, maka secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi pada semester I-2017 tercatat mencapai 5,01 persen.

BERITA TERKAIT

Target Kemkominfo Genjot Infrastruktur Telekomunikasi - Memasuki Tahun Keempat

Memasuki tahun keempat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), di bawah komando, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo),Rudiantara, akan terus menggenjot pembangunan…

Pertumbuhan Koperasi di Lebak Meningkat

Pertumbuhan Koperasi di Lebak Meningkat NERACA Lebak - Pertumbuhan koperasi di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meningkat sehingga mampu memberikan kkontribusi…

Daerah Pemacu Pertumbuhan

Rencana Presiden Jokowi memanggil pimpinan pemerintahan daerah (Pemda) pada pekan depan, merupakan pertanda pemerintahan pusat serius memperhatikan potensi daerah sebagai…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Rucika Ingin Lebih Kuat Di Industri Perpipaan - Kaloborasi dengan Mitra Internasional

    NERACA   Jakarta – PT Wavin Duta Jaya yang merupakan produsen pipa PVC dengan produknya Wavin dan Rucika,…

Kementan Diminta Jujur Ungkap Data Pangan

      NERACA   Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan Firdaus meminta Kementerian Pertanian jujur soal data…

Ekonomi 2018 Diprediksi Mampu Tumbuh Minimal 5,1%

      NERACA   Jakarta - Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai…