Petambak Pantura Siapkan Bandeng Imlek

Cirebon - Sejumlah petambak yang berada di daerah Pantura Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kini mereka mulai mempersiapkan ikan bandeng khusus pesanan perayaan Imlek tahun 2012.

"Ikan bandeng kebutuhan Imlek ukurannya sekitar satu hingga dua kilogram, sehingga hanya sebagian petambak yang bisa menyediakan permintaan ikan tersebut, karena perlu perawatan dan kesabaran dalam mengembangkan bandeng,"kata Nursiwandi salah seorang pemasok ikan bandeng kebutuhan Imlek di Losari Kabupaten Cirebon, Jumat.

Ia menjelaskan, permintaan ikan bandeng khusus pesanan Imlek mulai meningkat padahal pelaksanaannya masih jauh, mereka khawatir tidak mendapatkannya karena tidak semua pasar ikan menyediakan ikan bandeng segar ukuran dua kilogram.

Pesanan berdatangan dari berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, meski setahun sekali keuntungan pedagang ikan bandeng Imlek masih menjanjikan, karena permintaannya cukup tinggi.

Sementara itu Kuswanto petambak ikan bandeng di Cirebon mengaku, ikan bandeng pesanan Imlek ukurannya harus diatas satu kilogram, sedangkan kebiasaan petambak rata-rata mengembangkan bandeng ukuran dua ons untuk perajin bandeng presto.

"Permintaan ikan bandeng Imlek setiap tahun terus meningkat padahal sebelumnya biasa, sehingga dilirk petambak mengembangkan bandeng ukuran satu hingga dua kilogram,"katanya.

Ia menambahkan, perlu kesabaran dan modal cukup untuk mengembangkan ikan bandeng karena lahan tambak di Pantura Kabupaten Cirebon sering mengalami kendala seperti memasuki musim kemarau sulit kolam penuh air, namun sebaliknya hujan berkepanjangan rawan terendam banjir.

Mengembangkan ikan bandeng hingga ukuran mencapai satu dua kilogram butuh waktu cukup lama dibandingkan ikan bandeng biasa sebagai permintaan pasar ikan tradisional, katanya, namun keuntungan pesanan ikan Imlek masih menjanjikan karena harganya tinggi.

Go Hen Sen salah seorang pemesan ikan bandeng untuk kebutuhan Imlek di Cirebon mengaku, ikan bandeng merupakan salah satu tradisi yang harus ada dalam perayaan Imlek juga digunakan sebagai sajian pada saat sembahyang.

"Ikan bandeng yang disajikan diyakini bisa membawa berkah dan rezeki, menjelang Imlek ikan bandeng tersebut dibutuhkan oleh sejumlah warga keturunan di berbagai daerah selain aneka buah-buahan,"katanya.

BERITA TERKAIT

RS Darurat Wisma Atlet Terima Bantuan dari Donatur

Jakarta-Puluhan masyarakat dari berbagai elemen maupun perusahaan memberikan bantuan kemanusian kepada pasien dan tim medis maupun relawan yang menangani Covid…

20 Pasien ODP dan PDP RSD Wisma Atlet Negatif, Boleh Pulang

Jakarta-Sejak dibukanya Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet yang berada di Kemayoran Jakarta Pusat pada 23 Maret 2020, sampai Sabtu…

Dukung RS BUMN Perangi Covid-19, PT JIEP Bantu Ketersediaan Logistik RS Pelni

Dukung RS BUMN Perangi Covid-19, PT JIEP Bantu Ketersediaan Logistik RS Pelni NERACA Jakarta - Pengembang sekaligus pengelola Kawasan Industri…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Penerapan Social Distancing Skala Besar di Wilayah Jakarta Pusat

Jakarta- Warga RW 04 di Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat,  melakukan pembatasan secara mandiri di lingkungannya…

Kinerja RS Darurat Wisma Atlet Menunjukkan Hasil yang Signifikan

Jakarta- Setelah Sabtu (4/4) sebanyak 20 orang yang tergolong ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) yang dirawat…

Pengusaha Peduli NKRI: Datangkan 80 ton Alat Kesehatan

Pengusaha Peduli NKRI: Datangkan 80 ton Alat Kesehatan  NERACA Jakarta - Sektor industri melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN)…