Strategi Pemasaran di Era Internet

Oleh : Noor Yanto (Wartawan HE Neraca)

Dunia internet berkembang pesat saat ini. Perangkat computer sudah bukan barang mewah lagi, tidak seperti era tahun 1980-an, dimana nilai benda tersebut bisa belasan juta rupiah. Bentuknya sendiri bisa sebesar lemari pakaian. Saat ini, semuanya serba ringkas dan simple. Belum lagi dengan perkembangan teknologi, perangkat tersebut bisa kita bawa kemana-mana saat dunia di perkenalkan adanya laptop. Setiap orang bisa dengan mudah mengakses internet dimanapun dia berada.

Melihat perkembangan ini, para pemasarpun dengan jeli memanfaatkannya untuk memasarkan produknya. Diakui, dengan semakin banyaknya orang mengakses internet merupakan sarana yang jitu untuk memperkenalkan produknya. Semua ini bertujuan demi mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.

Profesor Andreas Kaplan dan Michael Haenlein menyatakan bahwa untuk suksesnya sebuah viral marketing harus memenuhi 3 kriteria sebagai berikut :

Media dan orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan yang sedang dikampanyekan. Orang ini harus mempunyai jaringan sosial yang cukup luas dan dipercaya dan media yang gampang diakses oleh semua orang Pesan atau ajakan yang akan dikampanyekan yang mudah diingat dan menggugah orang untuk mengikutinya. Lingkungan yang mendukung dan waktu yang tepat untuk melancarkan program viral marketing.

Dalam dunia marketing, strategi ini dikenal dengan nama Viral Marketing. Strategi pemasaran dengan menggunakan sarana internet. Hanya saja, Anda perlu memahami Viral Marketing bekerja jauh berbeda dari pemasaran biasa. Cara terbaik adalah untuk tidak melihatnya sebagai sebuah bentuk iklan. Anda menggunakan metode yang sangat berbeda membuat orang menyadari produk Anda.

Pada dasarnya Anda harus melihatnya secara berbeda. Anda ingin orang untuk mengingat apa yang Anda katakan dan menerapkan teknik Anda, produk, atau jasa di kemudian hari. Normal iklan tidak bekerja dengan cara ini sama sekali. Tujuan Anda dengan penciptaan kampanye viral marketing adalah memiliki orang-orang merasa bahwa mereka memiliki hubungan nyata dengan produk, layanan, dan terutama, bisnis Anda.

Bila Anda memiliki hubungan yang baik dengan konsumen, yaitu ketika mereka akan menyanyikan pujian Anda di mana mereka dapat. Tidak hanya akan mereka ingin membeli apa yang Anda jual, mereka akan memberitahu orang lain tentang itu juga. Ini mempengaruhi bola salju yang tumbuh perlahan tapi dapat memberikan hasil yang besar pada akhirnya.

BERITA TERKAIT

KERJASAMA PEMASARAN DAN PENGELOLAAN

Direktur Komersial PT.Graha Loka Pangestu (GLP) Oki Ramadhani (kedua kiri) bertukar nota perjanjian kerjasama dengan Ketua Iluni UI Arief Budhi…

XL Beri Akses Alternatif Jaringan Internet - Dukung Sistem Komunikasi Kabel Laut

NERACA Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terlibat penuh dalam pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Australia-Indonesia-Singapore yang…

UMKM Banten Butuh Dukungan Modal dan Pemasaran

UMKM Banten Butuh Dukungan Modal dan Pemasaran NERACA Serang - Perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Banten…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Hidup di Negeri 1001 Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP) menyebutkan, data sementara kejadian bencana alam sejak 1 Januari hingga 20 November, ada 2.057 bencana…

Mengukur Dampak Siklon Cempaka dan Dahlia

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia yang melanda sebagian wilayah Jawa belum lama ini merupakan…

Bencana Alam Jadi “Magnet” Menarik Wisatawan?

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, masyarakat di seluruh dunia tertarik untuk menyaksikan erupsi Gunung…