CLEO Raup Penjualan Rp 285,37 Miliar

NERACA

Jakarta - Perusahaan air minum dalam kemasan, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) membukukan penjualan bersih semester pertama 2017 sebesar Rp 285,37 miliar. Angka ini meningkat 12,61% bila dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp 253,41 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Disebutkan, CLEO membukukan beban pokok penjualan semester 1-2017 sebesar Rp 171,05 miliar. Angka ini justru turun 9,89% dibandingkan dengan beban pokok penjualan pada periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 189,84 miliar. Dengan beban pokok tersebut, laba bruto CLEO pada semester 1-2017 yakni Rp 114,32 miliar. Angka ini lebih besar 79,84% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 63,57 miliar.

CLEO membukukan laba bersih semester pertama tahun ini sebesar Rp 17,28 miliar. Angka ini naik tipis 3,12% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 16,75 miliar. Sukses listing di pasar modal dengan mengantungi dana segar hasil IPO, CLEO mengungkapkan rencana menambah dua pabrik baru. Disebutkan, pabrik emiten produsen kemasan minuman mineral akan dibangun di Ungaran, Jawa Tengah dan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pembangunan satu pabrik tersebut menelan investasi sebesar Rp 10 miliarRp 20 miliar. Selain menggunakan sebagian dana hasil IPO untuk membiayai pembangunan kedua pabrik itu, perseroan juga membeli mesin-mesin baru.”Pabrik baru di Ungaran ditargetkan mulai beroperasi sebelum Lebaran. Yang di Kendari setelah lebaran," kata Eko Susilo, Direktur Operasional CLEO.

Disebutkan, satu pabrik bisa menghasilkan minimal 100 juta liter air per tahun atau 5% dari total kapasitas fasilitas produksi milik CLEO. Seluruh pabrik produsen air minum dalam kemasan ini berkapasitas produksi 1,6 miliar liter per tahun. Kata Lukas Setio Wongso, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan CLEO, saat ini perseroan mengoperasikan 19 pabrik, dengan 48 jaringan distribusi internal dan 50 jaringan distribusi eksternal.

Perseroan mengungkapkan, penambahan dua pabrik ini sekaligus menjadi strategi CLEO untuk meluaskan jaringan distribusi. Mengejar pertumbuhan bisnisnya, perseroan terus menggenjot bisnis makanan ringan. Dimana perseroan bakal merilis produk terbarunya.

BERITA TERKAIT

Peduli Bencana Alam di Jawa Timur - Uni Charm Donasikan Produk Higienis Bagi Korban

Bantu meringankan korban bencana gempa bumi di Jawa Timur, PT Uni Charm Indonesia Tbk memberikan donasi kepada salah satu wilayah…

Dampak Konflik Timur Tengah - Laju IHSG Bakal Bergerak Berfluktuasi

NERACA Jakarta – Konflik timur tengah kembali memanas pasca serangan Iran ke Israel. Dimana kondisi ini tentu saja memberikan dampak…

Rencanakan Buka 20 Gerai Baru - Ace Hardware Bidik Penjualan Tumbuh 10%

NERACA Jakarta – Berhasil membukukan kinerja keuangan yang tumbuh positif di tahun 2023, PT Ace Hardware Tbk (ACES) terus pacu…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Peduli Bencana Alam di Jawa Timur - Uni Charm Donasikan Produk Higienis Bagi Korban

Bantu meringankan korban bencana gempa bumi di Jawa Timur, PT Uni Charm Indonesia Tbk memberikan donasi kepada salah satu wilayah…

Dampak Konflik Timur Tengah - Laju IHSG Bakal Bergerak Berfluktuasi

NERACA Jakarta – Konflik timur tengah kembali memanas pasca serangan Iran ke Israel. Dimana kondisi ini tentu saja memberikan dampak…

Rencanakan Buka 20 Gerai Baru - Ace Hardware Bidik Penjualan Tumbuh 10%

NERACA Jakarta – Berhasil membukukan kinerja keuangan yang tumbuh positif di tahun 2023, PT Ace Hardware Tbk (ACES) terus pacu…