New Jupiter MX Dengan Grafis Futuristik

Sabtu, 14/01/2012

Neraca. Awal tahun ini Yamaha gencar memasarkan produk baru untuk pasar otomotif roda dua di Tanah Air. Setelah New Jupiter Z white yang dibintangi Jorge Lorenzo, motor bebek unggulan Yamaha lainnya yaitu Jupiter MX muncul dengan facelift striping dan logo unik Yamaha 3D.

Logo Yamaha 3D pada bagian leg shield kanan dan kiri itu adalah perubahan paling spesial dari Jupiter MX baru baik yang menggunakan kopling maupun otomatis. Logonya timbul dan menguatkan kesan sporty, mewah dan elegan. ”Dari semua tipe dan varian motor Yamaha, hanya Jupiter MX yang memiliki logo 3D unik ini. Yamaha ingin memberikan sesuatu yang baru kepada konsumen dan inovasi ini bisa dibilang merupakan tren terbaru lagi yang diciptakan Yamaha setelah mengeluarkan warna putih pada produk-produk kami,” sebut Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Selain logo baru tersebut Jupiter MX juga memiliki konsep baru pada grafisnya yang bertemakan desain artistic modern masa depan. Konsep grafis Jupiter MX dengan kopling seperti mobil sport canggih dan futuristik. Motif pada leg shield-nya berbentuk serat kevlar, seperti elemen yang digunakan pada mobil-mobil balap Formula One (F1) dan MotoGP.

Sedangkan Jupiter MX otomatis mengambil desain simbol artistik mewah kerajaan-kerajaan masa depan dengan elemen metal atau ukiran-ukiran pada permukaan logam mulia. Grafisnya harmonis menyatu dari leg shield sampai body belakang. Logo MX pada body belakangnya seperti logam mulia platinum.

Jupiter MX baru juga punya warna baru putih yang menggantikan warna emas. Warna putih kombinasi hitam tersedia untuk Jupiter MX yang menggunakan kopling. Selain itu ada juga warna merah kombinasi hitam, biru hitam, hijau hitam dan hitam solid. Sedangkan Jupiter MX baru yang otomatis punya tiga warna yaitu merah hitam, hijau hitam dan hitam biru. Jupiter MX anyar ini siap dipasarkan bulan ini dengan harga tetap 16.515.000 rupiah on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Faktor keunggulan Jupiter MX yang membuat kompetitor tak berkutik adalah kapasitas mesinnya paling besar dibandingkan moped lain di indonesia, 4 tak 135 cc 4valve SOCH, berpendingin cairan dan berkapasitas 135 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 12,52 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 12,14 Nm di 6.000 rpm.

Yamaha pada Jupiter MX mengaplikasikan teknologi Throttle Position Sensor yang merupakan teknologi Throttle Position yang terbaik. Lebih hebatnya lagi Yamaha yang terkenal mampu bikin motor yang dapat lari kencang tidak hanya menerapkan TPS saja pada mesin Jupiter MX untuk membuat konsumsi bahan bakarnya jadi irit, akan tetapi Jupiter MX walau irit tetap mampu berlari kencang. Karena itulah TPS ini dipadukan dan di-intregasi-kan dengan Pompa Akselerasi sehingga walau irit tetap dapat menghasilkan tarikan yang spontan.

Selain itu Jupiter MX juga merupakan moped yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang menggunakan Diasil Cylinder dan Forged Piston yang mendapat jaminan garansi selama 5 tahun.

DiaSil Cylinder

DiaSil Adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi Keunggulan pengunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai berikut :

Ramah lingkungan, karena bukan mengunakan lapisan nikel total Die-Cast Aluminium (mudah didaur ulang) Proses dengan teknologi tinggi dan modern (proses otomatis) Ekonomis, tidak menggunakan liner besi sehingga nilai produktivitasnya tinggi Performa tinggi, antara lain ringan, pendinginan sempurna, meredam suara berisik, awet atau tidak mudah aus, pemakaian oli hemat

Forged Piston

adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa). memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped. teknologi ini hanya dimiliki oleh yamaha dan indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya. Keuntungannya menggunakan Forged Piston antara lain ;

Tahan lama, tidak mudah aus. Suhu muai lebih tinggi. Koefisien gesek lebih rendah. Berat piston lebih ringan. Menghasilkan ‘noise’ lebih kecil. Mencegah piston seizure (piston macet) Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat “berkilau” walaupun bergesekan dengan dinding Cylinder.