Kilas berita

Kamis, 12/01/2012

Jalur Bypass Cianjur Macet

Akibat Truk Terjungkal

Akibat truk molen bermuatan semen curah, terjungkal di Jalan Dr Muwardi, By Pass, Cianjur, Jabar, Selasa, menyebabkan antrean panjang kendaraan dari arah Bandung menuju Cianjur hingga satu kilometer.

Informasi dihimpun, truk pengaduk semen (molen) bernopol B 9103 JT terperosok ke gorong-gorong di Jalan Dr Muwardi akibat lepas kendali. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namjun sebuah kios yang berada di pinggir jalan rusak parah akibat tertimpa badan truk.

Berdasarkan keterangan saksi mata pemilik kios, Ikar, mengatakan, saat itu dia tengah berada di seberang jalan sempat melihat truk molen melaju dari arah Bandung menuju Cianjur tiba-tiba oleng ke kiri dan langsung menimpa kios miliknya.

"Sebagian badan truk masuk ke gorong-gorong dan menimpa kios saya. Kios saya, hancur bagian atap terkena badan truk," katanya.

Mendapati hal tersebut, warga sekitar berhamburan ke lokasi kejadian dan melaporkan peristiwa tersebut ke pihak berwajib.

Kanit Patwal Polres Cianjur, Ipda Wahyudin, membenarkan hal tersebut. sebelum menghantam kios truk tiba-tiba oleng dan lepas kendali saat melaju dengan kecepatan tinggi di jalur By Pass hingga akhirnya ban kiri masuk ke gorong-gorong.

Sumsel Berusaha Cari Dana Perbaikan Jalan TAA

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan berusaha mencari dana ke pemerintah pusat untuk memperbaiki jalan Tanjung Api-Api yang sekarang rusak parah.

"Kami akan lobi pemerintah pusat untuk bisa mengucurkan dana perbaikan Jalan Tanjung Api-Api," kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Selasa, ketika dikonfirmasi mengenai tidak dianggarkannya dana perbaikan jalan itu dalam APBD 2012.

Menurut dia, jika angkutan batu bara hanya menggunakan jalan Tanjung Api-Api, pasti rusak karena bebannya luar biasa.

Terkait dengan itu, untuk angkutan batu bara dibangun jalan alternatif, serta dibangun jalan tol dan rel kereta api menuju Tanjung Api-Api, katanya.

Jabar Alokasikan Rp 100 Miliar untuk SUS Gedebage

Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage Bandung sebesar Rp100 miliar di tahun 2012 ini.

"Sebelumnya tahun lalu Pemprov Jabar juga menganggarkan untuk SUS Gedebage sebesar Rp50 miliar tapi karena tidak terserap, maka anggaran tersebut dikembalikan ke kas daerah pemprov," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Bandung, Selasa.

Puluhan Rumah di Pesisir Pantai Karawang Rusak

Puluhan rumah warga di sepanjang pesisir Pantai Pisangan, Dusun Pisangan, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, rusak akibat diterjang angin kencang dan gelombang laut, Rabu.

"Akibat angin dan gelombang laut pasang, rumah warga yang hancur (rusak berat) mencapai 17 unit rumah dan sekitar 70 rumah lainnya rusak ringan," kata Kepala Dusun Pisangan, Taryana, di Karawang.

Menurut dia, rumah yang mengalami rusak berat itu tidak bisa ditempati akibat parahnya kerusakan setelah dihantam gelombang pasang setinggi sekitar dua meter, dan angin kencang.

Pemilik rumah yang rusak parah itu terpaksa mengungsi ke rumah warga lain yang rumahnya dinilai masih aman dari terjangan gelombang laut pasang. Selain itu, ada juga warga yang tinggal sementara di keluarga atau saudaranya.

Ia mengatakan, anggaran sebesar Rp100 miliar untuk pembangunan SUS Gedebage Bandung tersebut diambil dari APBD Murni Pemprov Jawa Barat tahun ini.