Masyarakat Banten Minta Bukti Janji Atut-Rano

Kamis, 12/01/2012

Serang - Masyarakat Banten berharap pasangan gubernur dan wakil gubernur Banten 2012-2017 Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno, segera membuktikan janji-janjinya saat kampanye, setelah pasangan tersebut dilantik Mendagri Gamawan Fauzi di Serang, Rabu.

"Harapan kami sebagai warga Banten terhadap pasangan gubernur dan wakil gubernur baru, yakni membuktikan apa yang dijanjikan kepada rakyat saat mereka kampanye. Setelah mereka dilantik bukan lagi miliki kelompok atau golongan tertentu, tetapi sudah menjadi milik rakyat," kata salah seorang tokoh pendiri Provinsi Banten Nadjmudin Busro usai menghadiri pelantikan gubernur dan wakil gubernur Banten di Serang, Rabu.

Ia berharap, pasangan gubernur yang baru segera merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan diambil, dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat Banten agar lebih sejahtera daripada sebelumnya.

Ia meminta pasangan tersebut membuktikan apa-apa yang dijanjikannya saat mereka kampanye sebelum pemilihan gubernur Banten 22 Oktober 2011 lalu.

"Paling utama yang diharapkan kami sebagai masyarakat Banten adalah perbaikan infrastruktur jalan, sarana pendidikan dan kesehatan. Kami tidak ingin mendengar lagi keluhan warga ada sekolah ambruk, jalan rusak dan lainnya," kata Nadjmudin Busro.

Harapan serupa juga disampaikan tokoh masyarakat Banten lainnya KH Aminudin Ibrahim, ia berharap pemimpin Banten yang baru akan lebih memperhatikan kepentingan masyarakat seperti penataan jalan, sarana pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya bagi masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap agar lebih mampu menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat, sehingga proses pembangunan di Banten berjalan aman dan lancar.

"Paling penting adalah membangun masyarakat yang berakhlak baik, karena kalau akhlak masyarakatnya baik maka pembangunan bidang lainnya juga akan berjalan dengan baik," kata KH Aminudin Ibrahim yang juga salah seorang pengurus MUI Provinsi Banten.

Kapolda Banten Brigjen Pol Eko Hadi Sutedjo mengatakan, pihaknya berharap gubernur dan wakil gubernur Banten yang baru agar berupaya meningkatkan sinergitas dalam upaya menjaga situasi keamanan di daerah serta meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat Banten.

"Harapan kami sinergitas pemprov Banten dengan pihak keamanan tetap terjaga dengan baik, dalam upaya menciptakan deerah yang aman dan kondusif," kata Kapolda Banten.

Sementara itu Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, program prioritas yang akan dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya adalah, melanjutkan program-program yang selama ini sudah dijalankannya bersama wakil gubernur sebelumnya, terutama dalam pelayanan dasar masyarakat seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

"Program seratus hari kami tentunya akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan dan melaksanakan APBD 2012," kata Ratu Atut Chosiyah usai dilantik Mendagri.

Menurut dia, ia tetap akan menjaga hubungan baik antara wakil gubernur Rano Karno dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sebagaimana yang telah ia lakukan pada lima tahun sebelumnya bersama wakil gubernur HM Masduki.

"Saya kira masalah pembagian tugas antara gubernur dan wakil gubernur itu, sudah jelas aturannya dalam undang-undang," kata Ratu Atut saat ditanya tanggapannya terkait pernyataan Mendagri yang meminta pasangan tersebut menjaga keharmonisan dan pembagian tugas yang jelas antara gubernur dan wakilnya.

Rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah dan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Banten masa jabatan 2012-2017 oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dipimpin Ketua DPRD Banten Aeng Haerudin dan dihadiri ribuan tamu undangan yang memadati ruang sidang paripurna DPRD Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Sejumlah politisi nasional yang hadir di antaranya Puan Maharani, Sekjen DPP Golkar Idrus Marham, Theo L Sambuaga, Priyo Budi Santoso, Menko Kesra Agung Laksono, Ketua DPD RI Irman Gusman dan tokoh lainnya termasuk sejumlah gubernur dari provinsi lain.

Topik Terkait

janji politik ratu atut