Revisi UMK Serang 2012 Disepakati Rp 1.410.000

Serang- Revisi upah minimum kabupaten Kabupaten Serang akhirnya disepakati antara perwakilan buruh dan Bupati Ahmad Taufik Nuriman sebesar Rp1.410.000, setelah melalui negosiasi lebih dari dua jam antara buruh dan bupati.

"Kami bersama perwakilan buruh akhirnya sepakat pada angka Rp1.410.000 dengan jaminan dari Apindo tidak akan ada (gugatan-red.) ke PTUN," kata Bupati Serang seusai menerima perwakilan buruh yang berunjuk rasa menuntut revisi UMK di depan kantor Bupati Serang, Selasa.

Ribuan orang buruh dari Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (ASPSB) Serang berunjuk rasa di Kantor Bupati Serang Jalan Veteran Kota Serang, menuntut revisi UMK 2012.

Para buruh yang datang ke halaman Pemkab Serang sekitar pukul 13.30 WIB, dan sebelumnya mereka memblokir jalan Serang-Jakarta.

Dalam orasinya para buruh mendesak Bupati Serang A Taufik Nuriman segera mengeluarkan rekomendasi revisi UMK Serang dari sebelumnya sebesar Rp1.320.500 menjadi Rp1.469.500.

Setelah mendapatkan kepastian UMK dari perwakilan buruh yang bernegosiasi dengan Pemkab Serang, akhirnya ribuan orang buruh yang memadati halaman pemerintah kabupaten tersebut membubarkan diri.

"Kami menerima angka Rp1.410.000 yang merupakan jalan tengah dari yang ditawarkan antara buruh dan Apindo. Namun keuntungannya, kami ada jaminan tidak akan ada gugatan PTUN," kata Kordinator ASPSB Serang Asep SaefullahsepertidikutipAntara.

Ia mengatakan, setelah bupati Serang memberikan rekomendasi revisi UMK Serang tersebut, selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur Banten untuk meminta persetujuan.

Sebelum mendatangi kantor Bupati Serang, unjuk rasa menuntut revisi UMK juga dilakukan para buruh dengan cara memblokir jalan raya Serang-Jakarta, tepatnya di Cikande dan Kragilan serta akses masuk tol Ciujung di Serang.

Aksi yang dilakukan ribuan orang buruh dari sejumlah organisasi buruh/pekerja di Kabupaten Serang tersebut dilakukan mulai sekitar pukul 04.30 WIB. Mereka melakukan aksinya dengan cara menutup jalan Serang-Jakarta sekitar pasar Tambak, Ciujung dan Kecamatan Kragilan, Cikande, Kabupaten Serang.

BERITA TERKAIT

Delapan Kali WTP, Pemkab Serang Tanpa Catatan

Delapan Kali WTP, Pemkab Serang Tanpa Catatan   NERACA Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang delapan kali berturut-turut meraih opini Wajar…

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Bank

    NERACA   Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merevisi ke bawah target pertumbuhan kredit perbankan menjadi 9 persen…

Minerba - Pabrik Pengolahan Nikel 230.000 Ton Ditargetkan Beroperasi 2021

NERACA Jakarta – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

8000 Orang Bebersih Ciliwung Sepanjang 69,3 km Pecahkan Rekor Muri

8000 Orang Bebersih Ciliwung Sepanjang 69,3 km Pecahkan Rekor Muri NERACA Cibinong - Sebuah gerakan bersama yang melibatkan lebih 8000…

Meskipun Kecil, Kota Sukabumi Menjadi Primadona Investasi

Meskipun Kecil, Kota Sukabumi Menjadi Primadona Investasi   NERACA Sukabumi - Kota Sukabumi mempunyai peluang besar dalam dunia investasi. Hal itu…

Kemenkop Dukung UMK Bangkit di Wilayah Bencana

Kemenkop Dukung UMK Bangkit di Wilayah Bencana NERACA Magelang - Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir…