Respons Pasar Wuling di Indonesia Dinanti Guangqi

Guangzhou Automobile Group (GAC) Motor yang memproduksi kendaraan roda empat merek Guangqi menunggu respons pasar mobil buatan China lainnya, Wuling, di Indonesia. "Kami tahu Wuling sudah buka pabrik di Indonesia. Kami lihat respons pasar di sana seperti apa," kata Direktur Humas GAC Motor Co Ltd, Liu Feilei, di Guangzhou, China, sebagaimana disalin dari laman Antara di Jakarta.

Menurut dia, untuk membuka pabrik otomotif di negara lain membutuhkan waktu paling tidak 10 tahun. "Kami tidak mau buru-buru. Pasti butuh persiapan lama. Memang kami tahu pasar otomotif di Indonesia sangat bagus," ujarnya saat ditemui di lokasi produksi mobil Guangqi jenis SUV tersebut.

Pabrik yang dibangun pada 2006 di Ibu Kota Provinsi Guangdong itu mampu memproduksi 1.100 unit mobil per hari, baik jenis SUV maupun sedan. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, Guangqi juga diekspor ke Bahrain, Kuwait, dan Nigeria serta 11 negara lain. "Saat ini kami masih konsentrasi di kawasan Timur Tengah dulu. Selanjutnya kami akan membidik pasar Amerika Selatan," kata Liu.

Guangqi membidik pasar kelas menengah kisaran harga 130.000 hingga 140.000 RMB (sekitar Rp253,5 juta-Rp273 juta) per unit. Meskipun pangsa pasarnya masih kecil, jelas dia, respons masyarakat China terhadap Guangqi makin bagus karena harganya yang relatif terjangkau. "Setidaknya mobil yang kami produksi masih bisa bersaing dengan produk-produk dari Jepang dan Korea Selatan, termasuk dengan kompetitor dari China sendiri," katanya menambahkan.

Hampir seluruh komponen mobil yang diproduksi di salah satu kota pelabuhan terbesar di wilayah tenggara China tersebut berasal dari dalam negeri, termasuk mesin, kecuali hanya beberapa bagian dari Jepang.

Pada tahun lalu penjualan Guangqi di China telah mencapai 380 ribu unit. Angka itu relatif lebih kecil dibandingkan dengan penjualan mobil di seluruh daratan Tiongkok yang mencapai angka 28 juta unit per tahun.

Saic General Motors Co Ltd yang memproduksi mobil merek Wuling telah membangun pabrik di daerah Karawang, Jawa Barat, dan rencananya akan diresmikan pada tahun ini. Pabrikan mobil yang berpusat di Liuzhou, wilayah otonomi Guangxi Zhuang, menanamkan investasinya di Indonesia senilai 700 juta dolar AS.

Pada 2012, Wuling telah menjual 1,45 juta unit kendaraan roda empat di China. Pada tahun ini target penjualannya mencapai dua juta unit. Di pasar dalam negeri China, harga satu unit Wuling berkisar antara Rp60 juta hingga Rp120 juta.

Produsen otomotif asal China PT Saic General Motors Wuling (SGMW) Indonesia (Wuling) yang akan meluncurkan mobil pertamanya pada kuartal ketiga tahun ini, mengakui bahwa masuk ke pasar Indonesia bukan perkara mudah. "Masuk ke pasar Indonesia agak susah, oleh karena itu kami tidak hanya berbicara mengenai penjualan produk,” kata kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, di Jakarta, belum lama ini.

BERITA TERKAIT

Tiga Rekomendasi Untuk Penataan Ulang Regulasi Indonesia

Oleh: Maria Rosari Para pakar hukum tata negara dalam Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara mencatat setidaknya terdapat lebih dari 62.000…

Rachmawati Soekarnoputri: Indonesia Alami Paradoks

Rachmawati Soekarnoputri: Indonesia Alami Paradoks NERACA Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri, putri Proklamator RI Soekarno, mengatakan Indonesia mengalami paradoks, di mana…

TICMI Luluskan 6.502 Profesional Pasar Modal - Dorong Industri Pasar Modal

NERACA Jakarta - The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) kembali menyelenggarakan Wisuda Akbar Periode II-2017 sebagai salah satu strategi meningkatnya…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Penjualan Sepeda Motor Terganggu Administered Price

  Kepala Divisi Hubungan Investor PT Astra International Tbk (Astra), Tira Ardianti, mengatakan gangguan daya beli masyarakat yang terjadi terutama…

Bakal Dirilis Bertahap, Mitsubishi Punya 11 Model Baru

Setelah bergabung dengan aliansi Renault-Nissan, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) tengah mempersiapkan langkah jangka menengah yaitu meluncurkan 11 model produk baru…

Suzuki GSX-R 150 Jadi Motor Terbaik FMY 2017

Suzuki GSX-R150 menyabet gelar sepeda motor terbaik dari Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) setelah meraih poin tertinggi dalam proses penilaian…