NERACA
Jakarta - Lebaran tinggal beberapa hari lagi, arus mudik akan segera mengalir dari Jakarta ke berbagai kota lain. Menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan baru tersebut.
Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi. I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut. Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data. “Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini.”ujarnya.
Gede menambahkan, tim teknis XL Axiata sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen.
Selain itu, XL Axiata juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal. Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata secara maksimal mempersiapkan jaringannya untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data.
Disebutkan, tantangan yang dihadapi oleh operator telekomunikasi seperti XL Axiata selain kemungkinan terjadi lonjakan trafik, juga terkait perpindahan pelanggan secara masif dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota-kota lain. Jadi, lonjakan trafik yang akan terjadi menyebar di berbagai daerah, sesuai dengan arah perpindahan pelanggan selama liburan Lebaran.
Disamping itu, kata Gede, XL juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Hal ini dilakukan guna menjamin kualitas jaringan dan layanan. Tentunya dengan penambahan kapasitas tersebut, XL dan AXIS optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.
NERACA Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar…
Di tahun 2023, PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII) membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp100,9 miliar atau tumbuh 3,9% dibanding tahun…
NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2023, PT PP Presisi Tbk (PPRE) membukukan laba sebesar Rp 172 miliar pada 2023. Angka…
NERACA Jakarta – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar…
Di tahun 2023, PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII) membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp100,9 miliar atau tumbuh 3,9% dibanding tahun…
NERACA Jakarta – Sepanjang tahun 2023, PT PP Presisi Tbk (PPRE) membukukan laba sebesar Rp 172 miliar pada 2023. Angka…