Selat Hormuz dan Ekonomi Indonesia

Oleh : Agus Eko Cahyono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Ekonomi Indonesia rentan terhadap kenaikan harga minyak, baik dari sisi fiskal maupun dari sisi makro ekonomi, terkait gejolak harga minyak dunia yang terjadi di awal 2012 ini. Karena itu pemerintah perlu dan harus berhati-hati menghadapi 2012. Apalagi risiko eksternal bukan hanya berasal dari penurunan ekspor akibat pelemahan daya beli Eropa. Tapi juga dari risiko kenaikan harga minyak akibat ketegangan Iran dan Amerika yang semakin memuncak

Kenaikan harga minyak yang drastis akan memukul APBN, karena melonjaknya beban subsidi energi. Selain itu, inflasi akan meningkat karena mobil pribadi tidak akan lagi dapat subsidi. Jadi, inflasi yang kemarin dibanggakan terendah di Asia Pasifik itu artifisial, karena didukung oleh subsidi energi ratusan triliun rupiah. Intinya, jangan terlena, karena rentan oleh kenaikan harga minyak.

Sebenarnya salah satu risiko eksternal adalah harga minyak tidak dapat dikendalikan. Jika ini terjadi, maka yang bisa dilakukan hanyalah memastikan agar lifting minyak mencapai target dan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi dapat dilakukan dengan disiplin. Sehingga dampak kenaikan harga minyak terhadap APBN dan inflasi dapat diminimalisir. Lifting kemarin hanya 898 ribu barel per hari, sangat jauh dari target.

Pemerintah harus kerja keras untuk tahun ini. Apalagi harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih berada di kisaran US$110, jauh di atas asumsi APBN 2012 yang hanya US$90 per barel.

Tentu saja Indonesia sangat mengkhawatirkan memanasnya Timur Tengah, gara-gara AS mengancam menyerang Iran. Bahkan Iran membalas siap menutup Selat Hormuz. Padahal Selat Hormuz sangat strategis, dan satu-satunya jalur perairan delapan negara di kawasan Teluk Persia atau Arab. Antara lain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Bahrain, Kesultanan Oman, Kuwait, Irak, dan Iran.

Hampir setiap 10 menit satu kapal tanker melewati selat tersebut. Sekitar 40% impor minyak dunia melewati selat itu, dan sekitar 90% ekspor minyak negara-negara Arab teluk, Irak, dan Iran melalui jalur Selat Hormuz. Menurut kajian sebuah lembaga energi di AS, diprediksi volume ekspor minyak yang melalui Selat Hormuz bisa mencapai 35 juta barrel setiap hari pada tahun 2020.

Ancaman Iran tak boleh dipandang remeh. Karena penutupan Selat Hormuz akan berdampak pada perekonomian dunia. Masalahnya, kapal tanker minyak yang akan melewati Selat Hormuz harus menunggu beberapa hari untuk bisa melintasi selat tersebut. Kapal-kapal pengangkut minyak mentah itu harus menunggu kepastian melewati selat itu bebas ranjau . Padahal, dalam keadaan normal saja puluhan kapal tanker harus melewati Selat Hormuz.

BERITA TERKAIT

Pendalaman dan Penguatan Struktur Ekonomi

  Oleh:Fauzi Aziz Pemerhati Ekonomi dan Industri   Kalau Indonesia masih lebih sering dibicarakan sebagai penghasil dan pengekspor komoditas, maka…

Rakyat: Wakil & Suara

  Oleh: Dr. Edy Purwo Saputro, MSi Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Solo September ceria telah berlalu dan tentu semua berharap…

BMPK, Peluang atau Tantangan

Oleh : Agus Yuliawan  Pemerhati Ekonomi Syariah Regulator Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan pengetatan pengawasan terhadap lembaga perbankan, baik…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Koperasi Produksi Syariah

Oleh : Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah   Kekayaan Indonesia sangat berlimpah ruah, hal ini dikarenakan didukung dengan alam yang…

Medsos & Koperasi

Oleh: Dr. Edy Purwo Saputro, MSi Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Solo Era medsos dan industri 4.0 tidak bisa dipungkiri membawa…

Pendalaman dan Penguatan Struktur Ekonomi

  Oleh:Fauzi Aziz Pemerhati Ekonomi dan Industri   Kalau Indonesia masih lebih sering dibicarakan sebagai penghasil dan pengekspor komoditas, maka…