Selat Hormuz dan Ekonomi Indonesia

Oleh : Agus Eko Cahyono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Ekonomi Indonesia rentan terhadap kenaikan harga minyak, baik dari sisi fiskal maupun dari sisi makro ekonomi, terkait gejolak harga minyak dunia yang terjadi di awal 2012 ini. Karena itu pemerintah perlu dan harus berhati-hati menghadapi 2012. Apalagi risiko eksternal bukan hanya berasal dari penurunan ekspor akibat pelemahan daya beli Eropa. Tapi juga dari risiko kenaikan harga minyak akibat ketegangan Iran dan Amerika yang semakin memuncak

Kenaikan harga minyak yang drastis akan memukul APBN, karena melonjaknya beban subsidi energi. Selain itu, inflasi akan meningkat karena mobil pribadi tidak akan lagi dapat subsidi. Jadi, inflasi yang kemarin dibanggakan terendah di Asia Pasifik itu artifisial, karena didukung oleh subsidi energi ratusan triliun rupiah. Intinya, jangan terlena, karena rentan oleh kenaikan harga minyak.

Sebenarnya salah satu risiko eksternal adalah harga minyak tidak dapat dikendalikan. Jika ini terjadi, maka yang bisa dilakukan hanyalah memastikan agar lifting minyak mencapai target dan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi dapat dilakukan dengan disiplin. Sehingga dampak kenaikan harga minyak terhadap APBN dan inflasi dapat diminimalisir. Lifting kemarin hanya 898 ribu barel per hari, sangat jauh dari target.

Pemerintah harus kerja keras untuk tahun ini. Apalagi harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih berada di kisaran US$110, jauh di atas asumsi APBN 2012 yang hanya US$90 per barel.

Tentu saja Indonesia sangat mengkhawatirkan memanasnya Timur Tengah, gara-gara AS mengancam menyerang Iran. Bahkan Iran membalas siap menutup Selat Hormuz. Padahal Selat Hormuz sangat strategis, dan satu-satunya jalur perairan delapan negara di kawasan Teluk Persia atau Arab. Antara lain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Bahrain, Kesultanan Oman, Kuwait, Irak, dan Iran.

Hampir setiap 10 menit satu kapal tanker melewati selat tersebut. Sekitar 40% impor minyak dunia melewati selat itu, dan sekitar 90% ekspor minyak negara-negara Arab teluk, Irak, dan Iran melalui jalur Selat Hormuz. Menurut kajian sebuah lembaga energi di AS, diprediksi volume ekspor minyak yang melalui Selat Hormuz bisa mencapai 35 juta barrel setiap hari pada tahun 2020.

Ancaman Iran tak boleh dipandang remeh. Karena penutupan Selat Hormuz akan berdampak pada perekonomian dunia. Masalahnya, kapal tanker minyak yang akan melewati Selat Hormuz harus menunggu beberapa hari untuk bisa melintasi selat tersebut. Kapal-kapal pengangkut minyak mentah itu harus menunggu kepastian melewati selat itu bebas ranjau . Padahal, dalam keadaan normal saja puluhan kapal tanker harus melewati Selat Hormuz.

BERITA TERKAIT

Manfaat Qardhul Hasan Saat Covid-19

Oleh: Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah Dalam kajian ekonomi syariah untuk menghadapi krisis nasional seperti sekarang yang disebabkan oleh bencana…

Ketidakpastian

  Oleh: Dr. Edy Purwo Saputro, MSi Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Solo Hampir dua bulan lamanya dunia dan ekonomi global…

Isolasi Kampung

Oleh: Firdaus Baderi Wartawan Harian Ekonomi Neraca Banyak wilayah perkampungan di Jabodetabek maupun di daerah lain sekarang demam menutup wilayahnya…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Strategi untuk KUMKM

Oleh: Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM Di tengah pandemi Covid-19 Kementerian Koperasi dan UKM telah menyiapkan 8 (delapan) program…

Oversupply Terminal Kontainer

  Oleh: Siswanto Rusdi Direktur The National Maritime Institute (Namarin)   Proyek pelabuhan Patimban dipastikan akan terus digeber. Anjing menggonggong,…

Manfaat Qardhul Hasan Saat Covid-19

Oleh: Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah Dalam kajian ekonomi syariah untuk menghadapi krisis nasional seperti sekarang yang disebabkan oleh bencana…