Selat Hormuz dan Ekonomi Indonesia

Oleh : Agus Eko Cahyono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Ekonomi Indonesia rentan terhadap kenaikan harga minyak, baik dari sisi fiskal maupun dari sisi makro ekonomi, terkait gejolak harga minyak dunia yang terjadi di awal 2012 ini. Karena itu pemerintah perlu dan harus berhati-hati menghadapi 2012. Apalagi risiko eksternal bukan hanya berasal dari penurunan ekspor akibat pelemahan daya beli Eropa. Tapi juga dari risiko kenaikan harga minyak akibat ketegangan Iran dan Amerika yang semakin memuncak

Kenaikan harga minyak yang drastis akan memukul APBN, karena melonjaknya beban subsidi energi. Selain itu, inflasi akan meningkat karena mobil pribadi tidak akan lagi dapat subsidi. Jadi, inflasi yang kemarin dibanggakan terendah di Asia Pasifik itu artifisial, karena didukung oleh subsidi energi ratusan triliun rupiah. Intinya, jangan terlena, karena rentan oleh kenaikan harga minyak.

Sebenarnya salah satu risiko eksternal adalah harga minyak tidak dapat dikendalikan. Jika ini terjadi, maka yang bisa dilakukan hanyalah memastikan agar lifting minyak mencapai target dan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi dapat dilakukan dengan disiplin. Sehingga dampak kenaikan harga minyak terhadap APBN dan inflasi dapat diminimalisir. Lifting kemarin hanya 898 ribu barel per hari, sangat jauh dari target.

Pemerintah harus kerja keras untuk tahun ini. Apalagi harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih berada di kisaran US$110, jauh di atas asumsi APBN 2012 yang hanya US$90 per barel.

Tentu saja Indonesia sangat mengkhawatirkan memanasnya Timur Tengah, gara-gara AS mengancam menyerang Iran. Bahkan Iran membalas siap menutup Selat Hormuz. Padahal Selat Hormuz sangat strategis, dan satu-satunya jalur perairan delapan negara di kawasan Teluk Persia atau Arab. Antara lain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Bahrain, Kesultanan Oman, Kuwait, Irak, dan Iran.

Hampir setiap 10 menit satu kapal tanker melewati selat tersebut. Sekitar 40% impor minyak dunia melewati selat itu, dan sekitar 90% ekspor minyak negara-negara Arab teluk, Irak, dan Iran melalui jalur Selat Hormuz. Menurut kajian sebuah lembaga energi di AS, diprediksi volume ekspor minyak yang melalui Selat Hormuz bisa mencapai 35 juta barrel setiap hari pada tahun 2020.

Ancaman Iran tak boleh dipandang remeh. Karena penutupan Selat Hormuz akan berdampak pada perekonomian dunia. Masalahnya, kapal tanker minyak yang akan melewati Selat Hormuz harus menunggu beberapa hari untuk bisa melintasi selat tersebut. Kapal-kapal pengangkut minyak mentah itu harus menunggu kepastian melewati selat itu bebas ranjau . Padahal, dalam keadaan normal saja puluhan kapal tanker harus melewati Selat Hormuz.

BERITA TERKAIT

Bappenas: Indonesia Belum Siap Ekonomi Digital - AKIBAT JARINGAN INTERNET BELUM MERATA

Jakarta-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof Dr. Bambang Brodjonegoro menilai Indonesia belum siap menghadapi era ekonomi digital. Pasalnya, infrastruktur penopang…

KPPU Minta Paslon Gubernur Tekan Ketimpangan Ekonomi

KPPU Minta Paslon Gubernur Tekan Ketimpangan Ekonomi NERACA Makassar - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta kepada semua pasangan calon…

Menperin Nilai Indonesia Siap ke Arah Industri Berbasis Digital - Sektor Riil

NERACA Jakarta – Pelaku industri nasional perlu memanfaatkan perkembangan bisnis dan teknologi dari era ekonomi digital saat ini, seperti yang…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Kebijakan Harus Taat Azas

Pemerhati Industri dan Perdagangan, Fauzi Aziz   Definisi secara umum, kebijakan adalah suatu tindakan yang diambil melalui sebuah keputusan untuk…

Estimasi Risiko Proyek Infrastruktur

    Oleh: Ariyo DP Irhamna Peneliti INDEF   Pemerintah memiliki ambisi yang sangat besar untuk mengejar ketinggalan infrastruktur kita.…

Keniscayaan Kompetisi dan Kolaborasi

Oleh: Fauzi Aziz Pemerhati Masalah Ekonomi dan Industri   Tidak ada kompetisi, dunia akan sepi. Tanpa ada kompetisi ilmu pengetahuan…