Ini Alasan Honda Tak Jual Civic Hatchback Tipe Manual

PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan varian baru Honda Civic Hatchback Turbo yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis, dengan salah satu alasannya adalah kemacetan lalu lintas di kota-kota besar. Honda Civic Hatchback Turbo hadir dalam dua varian otomatis di pasar Indonesia yaitu tipe E dengan harga Rp438 juta untuk tipe E dan tipe S dengan harga Rp399 juta.

"Seperti di Jakarta, macet, jadi cocok dengan target pasar kami, ada hubungannya dengan pilihan transmisi otomatis. Dan ini bukan mobil pertama Honda yang tidak ada pilihan manualnya, dan konsumen bisa menerima itu," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy saat peluncuran di Jakarta, disalin dari Antara.

Selain itu, lanjutnya, Honda Civic Hatchback menyasar konsumen yang ingin memakai kendaraan ini untuk kebutuhan sehari-hari dan berkaitan dengan aktifitas perkotaan yang identik dengan kemacetan lalu lintas.

"Ini bukan mobil yang menyasar segmen khusus dan kecil atau premium, di mana semua orang berharap bisa membawanya untuk kebutuhan sehari-hari, bukan hanya hari Sabtu dan Minggu," kata Jonfis.

HPM meluncurkan varian baru Honda Civic Hatchback Turbo yang menyasar pelanggan yang saat ini menggunakan Honda Jazz serta konsumen berusia muda. "Dari Honda Jazz mau upgrade ke atas, kan belum ada, sekarang kan adanya SUV, nah kini ada pilihan Civic Hatchback," kata Jonfis Fandy.

Ia mengatakan, Civic Hatchback Turbo memang menyasar anak-anak muda yang pendapatannya semakin meningkat dari waktu ke waktu. "Menyasar anak-anak muda pendapatannya sudah lebih meningkat. Misalnya di bidang start up company, mereka mampu beli, dan ingin tampil beda," ujar Jonfis.

Di pasar Indonesia, Honda Jazz dibanderol dengan harga mulai Rp231,5 juta hingga Rp269,3 juta. Sedangkan Honda Civic Hatchback Turbo dijual dengan harga Rp438 juta untuk tipe E dan Rp399 juta untuk tipe S. PT HPM menargetkan Honda Civic Hatchback Turbo bisa terjual 1.500 unit selama setahun atau sekitar 125 unit per bulan yang dapat dipesan konsumen mulai bulan ini.

HPM akhirnya meluncurkan secara resmi Honda Civic Hatchback Turbo di pasar Indonesia. "Melalui peluncuran Honda Civic Hatchback, kami ingin membawa kembai kejayaan model hatchback Honda yang sudah memiliki reputasi di seluruh dunia sebagai mobil sporty dengan mesin bertenaga," kata Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe.

Mengusung tema "Drive Sexiness", mobil ini hadir dengan sederetan tampilan eksterior dan interior baru serta dukungan mesin berperforma tinggi untuk menciptakan nuansa berkendara sporty.

Sementara Jonfis Fandy menjelaskan, segmen hatchback merupakan salah satu pasar yang berpotensi besar di Indonesia. "Kehadiran Honda Civic Hatchback akan membuka pasar yang baru untuk hatchback kelas atas dan memberikan pilihan menarik untuk konsumen," kata dia.

Untuk pasar Indonesia, mobil ini dijual dengan harga Rp438 juta untuk tipe E dan Rp399 juta untuk tipe S. Harga ini merupakan on the road wilayah Jabodetabek dan BBN mobil pertama tahun 2017. Honda Civic Hatchback tersedia dalam enam pilihan warna yaitu rallye red, crystal black pearl, lunar silver metallic, white orchid pearl, sonic gray pearl, dan modern steel metallic.

HPM, sebelumnya, mengumumkan capaian penjualan mereka pada sepanjang catur wulan I 2017 yang menempatkan All New Civic Turbo mencatatkan penjualan total sementara 863 unit. Berbekal jumlah penjualan tersebut, Civic berhasil menguasai segmen medium 75 persen pangsa pasar.

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…