Pramuka jadi Benteng Pancasila

Kader dan anggota Pramuka merupakan benteng Pancasila dan siap menjadi garda depan pembentukan karakter anak bangsa sesuai dengan nilai luhur pancasila. Hal tersebut dikemukakan Kepala sekolah SMPN 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara selaku Ka.Mabigus Budi Prasetiyo saat membuka kegiatan seleksi Pasukan Regu Inti Pramuka sekolah baru-baru ini. “Nilai yang ada dalam sepuluh dharma Pramuka jika dikorelasikan dengan Pancasila merupakan seiring, sejalan dan saling berkaitan erat, untuk itu berbanggalah menjadi generasi yang berwatak Pramuka dan berjiwa Pancasila,” ujarnya.

Seleksi Pasukan Inti Pramuka Sekolah tersebut diikuti oleh ratusan siswa kelas VIII dan dilaksanakan dalam tiga tahapan atau gelombang. Lewat kegiatan tersebut diharapkan tercipta generasi muda yang handal, berkarakter dan berwatak Pancasila yang nantinya akan menjadi pelopor atau pioneer pendidikan karakter di sekolah dan di lingkungan tempat tinggalnya.

Pembina Gugus Depan SMPN 1 Purwareja Klampok Didi Siswanto mengatakan, tahun ini terjadi peningkatan yang signifikan dari segi peserta seleksi. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa wadah pembinaan Pramuka saat ini sangat diminati oleh siswa sebagai wahana pengembangan potensi diri sekaligus meraih prestasi.

“Dari hasil seleksi ini kita akan membentuk 3 regu putera dan 3 regu putri inti yang akan digembleng secara ekstra dan siap menjadi kader penanaman karakter sekaligus contoh yang baik bagi teman teman di sekolah,“ ujar Didi. Dalam seleksi tersebut diujikan beberapa mata kegiatan seperti kesamaptaan yang dilaksanakan sebelum bulan ramadan, kemudian patriotisme, baris berbaris, semaphore, pengetahuan umum, scouting skil,l dan wawancara.

Related posts