Outlook Pariwisata 2012

Tahun 2011 telah kita lewati dan kini kita sudah memasuki tahun 2012. Berbagai perkembangan yang terjadi di berbagai belahan dunia turut mempengaruhi perkembangan dunia pariwisata baik itu gejolak politik, krisis finansial dunia maupun kejadian lainnya. Banyak faktor yang akan mempengaruhi perkembangan tren pariwisata dan perjalanan di tahun ini. Berikut prediksi wisata dan perjalanan pada 2012.

Pada 2012, pariwisata Indonesia akan diarahkan pada konsep "Green & Creative Tourism". Tak ketinggalan wisata minat khusus yang akan sama-sama menjadi tren di tahun mendatang. Rencana pariwisata 2012 yang akan lebih mengedepankan wisata hijau alias ramah lingkungan ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Mari menambahkan, promosi pariwisata juga membidik daya tarik minat khusus.

"Seperti survei Visa baru-baru ini, yang diminati saat wisata adalah aktivitas outdoor, wisata kuliner, olahraga air, dan juga spa," tuturnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (29/12/2011). Wisata minat khusus lebih spesifik mensasar wisata. “Kuliner akan mendapat tempat khusus di pariwisata, baik dalam ekonomi kreatif maupun wisata minat khusus," jelasnya.

Sehubungan dengan tema "Green & Creative", Kemenparekraf pada 2012 juga akan melakukan Gerakan Pantai Bersih. Ini adalah suatu gerakan yang bekerja sama dengan Pemda, stakeholder, dan masyarakat daerah untuk membersihkan dan menjaga keindahan pantai-pantai di Indonesia.

Survei yang sempat disinggung Mari adalah survei bertajuk “Global Tourism Intentions Survey” yang dilakukan terhadap 11.620 responden dari 23 negara di dunia. Survei juga mengungkapkan bahwa stabilitas politik, penawaran wisata yang menarik, dan keindahan alam merupakan faktor utama wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

Berkembangnya wisata pesiar

Pada pertengahan 2011, perekonomian dunia mengalami krisis finansial yang cukup berat terutama krisis yang melanda wilayah daratan Eropa. Hal ini berpengaruh pada harga tiket kapal pesiar mewah yang menukik tajam, dan sepertinya akan berlangsung setidaknya dalam bulan-bulan pertama 2012.

Namun hal ini, akan berdampak cukup signifikan dengan keadaan ini karena dengan tiket kapal pesiar yang jauh lebih murah dari biasanya. Dampaknya akan meningkatkan kunjungan wisatawan untuk berwisata dengan kapal pesiar, dan wisata pesiar diprediksi akan berkembang pada tahun ini. Selain itu berkembang pulalah rute-rute wisata yang dilalui kapal pesiar ini.

Pada tahun 2012 ini, kapal pesiar akan mengambil rute dan jalur yang tidak biasa, bahkan wilayah pulau-pulau terpencil di Indonesia masuk dalam bagian rute pesiar impian tersebut. Walaupun harga tiket kapal pesiar menjadi jauh lebih murah, Anda harus tetap berhati-hati pada biaya tambahan seperti layanan spa di kapal, wisata pantai tambahan, biaya resort atau hotel.

Munculnya destinasi wisata baru

Selain krisis finansial yang dihadapi dunia, banyak negara-negara di dunia ini yang dihadapi oleh konflik dan gejolak politik sehingga memperburuk keadaan perekonomian negara tersebut seperti halnya negara Afganistan, Irak, Mesir, Tunisia, Kuba, dan negara-negara lainnya. Untuk memperbaiki kondisi perekonomian maka negera tersebut pun membuka diri untuk para wisatawan mancanegara. Hal ini menjadikan negara-negara ini dijadikan sebagai destinasi wisata petualangan baru yang ditunggu-tunggu para wisatawan penikmat petualangan dari seluruh dunia.

Related posts