free hit counter

Cara Daur Ulang Baterai Prius

Sabtu, 07/01/2012

Neraca.Toyota menepis kekhawatiran sebagian orang bahwa baterai mobil hybrid akan mengotori lingkungan. Karena faktanya semua bagian baterai bisa di daur ulang sehingga tidak menjadi polutan berbahaya.

Toyota Prius dan mobil hybrid Toyota lainnya menggunakan baterai Nickel-metal hydride yang bisa dipakai hingga 10 tahun dengan jarak tempuh antara 240.000km hingga 480.000km, tergantung bagaimana cara mengendarai mobilnya. Angka itu jauh diatas regulasi California Air Resources Board . Lembaga yang terkenal ketat dalam merili regulasi lingkungan itu mematok angka 240.000km. “Itu bukan magic number buat kami,” kata Gary Smith, Toyota corporate manager of product quality and service support, Toyota Motor Sales U.S.A.

Saat ini sebagian kendaraan hybrid Toyota sudah mendekati angka itu, namun diperkirakan tidak lama lagi angkanya akan bertambah dengan cepat. Saat ini sekitar 500 unit baterai kadaluarsa setiap bulan. Kendaran hybrid Toyota menjadi sangat popular sejak Prius generasi kedua diluncurkan tahun 2003. Yang artinya saat ini jumlah Prius dengan jarak tempuh tinggi sudah cukup banyak. Saat ini lebih dari 1.3 juta unit Toyota Hybrid berseliweran di Amerika Serikat saja.

Ketika betray hybrid mulai kehilangan kemampuan menyimpan listrik, lampu pada instrument panel akan menyala dan tenaga yang dikirim ke roda mulai susut, tutur Smith. Untuk memudahkan proses daur ulang, disetiap baterai dicantumkan nomer telepon untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan proses daur ulang baterai.

Pemilik akan membawa mobilnya ke dealer. Pihak dealer akan melaporkan ke kantor pusat Toyota USA. Toyota kemudian mengirim container yang bisa dipakai berulang-ulang untuk mengirim baterai itu perusahaan rekanan di Anaheim, California yang spesialis daur ulang. Kontainer itu relatif ringan sehingga bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman regular.Next