Menggeluti Usaha Mobil Bekas

Sabtu, 07/01/2012

Neraca. Bisnis jual beli mobil di jakarta, khususnya jual beli mobil bekas memang kian menjamur. Mulai dari kawasan Kalimalang dan jalan Bekasi Raya di kawasan timur jakarta hingga ke kemayoran Jakarta Pusat.

Banyaknya jenis mobil yang ditawarkan dan dengan harga yang cukup kompetitif, menjadi surga tersendiri bagi para pencari mobil bekas yang sedang membutuhkan. Perlengkapannya juga tidak rumit. Cukup ruangan dengan luas 3x3m dilengkapi dengan meja kursi, komputer, lemari arsip, telepon serta berlangganan beberapa koran. Cara pemasarannya juga cukup sederhana. Gunakan iklan baris 3 baris untuk menawarkan mobil dan motornya. Seminggu Anda dapat memasang iklan dua kali. Harga per sekali tayang hanya 30 ribu rupiah, yang dapat Anda sisihkan dari hasil keuntungan.

Membangun kerajaan bisnis yang menguntungkan bukanlah hal gampang. Bagi Anda yang tinggal meneruskan usaha yang dirintis oleh keluarga, bersyukurlah karena Anda tak perlu lagi mencari celahnya. Namun bagi Anda yang memulainya dari nol, pastilah butuh kerja keras plus kejelian melihat peluang.

Banyak hal yang harus dipersiapkan, direncanakan, dan dilaksanakan dengan ketekunan. Riset terhadap pangsa pasar harus dilakukan, sekecil apa pun usaha yang hendak dibangun, langkah ini tetap harus dilakukan. Pasalnya, riset merupakan lAndasan utama dalam membangun bisnis.

Pelajari kebiasaan masyarakat di mana Anda akan membuka usaha. Apakah usaha yang akan dibangun memiliki pasar yang prospektif. Tentukan mana yang akan jadi sasaran utama, Anda atau konsumen Anda jadi lebih kecil. Jangan tergiur melihat tren bisnis dan latah begitu saja mengikutinya. Apalagi bila Anda sudah menjadi yang ketiga, keempat, atau kelima, Anda pun akan susah mendapatkan pasar. Kecuali bila Anda memiliki nilai plus dibanding kompetitor.

Langkah selanjutnya adalah modal yang memadai, membuka usaha identik dengan dana tunai dan dana usaha yang besar. Memang ada benarnya. Inilah yang membuat orang berpikir dua kali saat hendak membuka usaha dan dibenturkan pada kebutuhan modal yang besar. Sementara mereka belum yakin apakah usahanya akan sukses seperti dalam perkiraan.

Karena itu pantang untuk menyerah ketika terbentur soal modal. Saat ini ada beberapa jenis pilihan pinjaman dana yang tersedia untuk mendapatkan modal usaha. Ada dapat memilih ikut program pemerintah dalam membangun usaha kecil. Anda pun bisa mulai mengajukan pinjaman dana pada bank yang menangani usaha kecil dan mendapatkan pinjaman berjumlah kecil. Atau Anda bisa mengambil pinjaman pribadi di bank. Pilihan lain adalah mencari rekanan yang mau berinvestasi untuk memulai usaha bersama.

Kemudian carilah partner yang tepat, dalam membangun usaha. Pilihlah partner kerja yang dapat mendukung Anda. Jika Anda ingin rekan kerja yang memenuhi latar belakang financial, mereka perlu memiliki kredit yang bagus atau kemampuan untuk menawarkan dukungan financial.

Lalu ciptakan image yang kuat, untuk menyiasati sengitnya persaingan bisnis, sebelum memulai berbisnis Anda harus memikirkan bagaimana untuk menjadi beda dan tak terlupakan. Ini berkaitan dengan brand image yang akan Anda sebarkan kepada konsumen. Mungkin Anda bisa memulainya dengan desain tempat usaha yang unik dan eye cathing. Sebagai langkah awal, buatlah program-program penjualan yang menarik. Sabar pada awal usaha pinjaman dana tunai dan pinjaman dana usaha , jauhkan keinginan untuk mendapatkan laba besar. Termasuk dalam membuka bisnis jual-beli dan kredit mobil bekas.

Bagi banyak orang, membeli mobil bekas pada beberapa tempat, selain membantu mereka dalam memberi keleluasaan menemukan mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi, ada pula yang menganggap, memiliki mobil adalah kebutuhan prestise.

Namun untuk menemukan dan memiliki mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau, ada beberapa cara untuk mendapatkanya. Langkah pertama dalam proses membeli mobil bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi Anda. Tujuan membeli mobil, adalah; tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Gaya hidup Anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

Lalu tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dan lainnya. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dan lainnya Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk dalam jual beli mobil dalam hal ini kemampuan membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.

Bila Anda sudah menentukan sejumlah tipe atau model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga atau ketersediaan komponennya.