10 Gadget Terlaris Tahun 2011

Sabtu, 07/01/2012

Neraca.Perkembangan gadget di Indonesia terus mengalami peningkatan. Ada beberapa gadget yang menjadi idola dan pilihan di tahun 2011 lalu. Menurut Yahoo! Inc sebagai perusahaan media digital terkemuka, mengumumkan gadget yang paling dicari di Indonesia.

Ini adalah bagian dari kilas balik akhir tahun, sebuah kilas balik tahunan yang telah lama ditunggu untuk mengidentifikasi berita dan tren teratas tahun yang lalu berdasarkan aktivitas jutaan pengunjung unik setiap bulan pada jaringan dan miliaran pencarian konsumen.

Kilas balik aktivitas pengguna Yahoo! ini adalah parameter ketertarikan masyarakat dunia. Setelah berakhirnya tahun 2011, pencarian di Yahoo! Indonesia mengungkapkan gadget yang paling dicari sepanjang tahun 2011.

“Gadget terkini selalu populer di kalangan konsumen, terutama di kalangan konsumen muda yang sangat antusias untuk menggunakannya dalam interaksi sosial sehari-hari. Temuan dari Yahoo! Search Trends menunjukkan bahwa Indonesia berada di puncak kurva jika berhubungan dengan penerimaan gadget,” kata Henryl Moreno, Manager, Editorial for Search & Platforms in Southeast Asia.

Yahoo! Search Trends telah hadir dengan kilas balik tahun ini untuk mengungkapkan gadget yang paling dicari selama 2011. Berikut adalah 10 gadget yang paling banyak dicari di Indonesia:

BlackBerry Bold

BlackBerry Bold adalah produk andalan Research In Motion yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah ke atas. BlackBerry Bold ditandai dengan kemampuan perangkat keras yang mumpuni dan cocok digunakan untuk intensitas kerja yang tinggi. Hal inilah yang membuat popularitas BlackBerry Bold tetap tinggi di tengah gempuran gadget-gadget baru dari Apple atau Android.

Seri terbaru BlackBerry Bold yang meraih perhatian publik adalah Bold 9900 yang juga dikenal dengan Dakota. Gadget ini mengusung sistem operasi terbaru Blackberry, OS 7, dan punya fitur layar sentuh yang dipadu dengan papan ketik QWERTY.

Apple iPad

Setelah sukses besar dengan produk iPad di tahun 2010, Apple kembali menggebrak pasar tablet dengan meluncurkan iPad 2 pada Maret 2011. Seperti iPad generasi pertama, iPad 2 juga memiliki layar sekitar 10 inci. Hanya saja, iPad generasi kedua ini memiliki badan yang lebih tipis sehingga lebih ringan, punya perangkat keras yang lebih tangguh dan canggih serta dilengkapi kamera.

Samsung Galaxy S II

Samsung adalah salah satu produsen telepon seluler berbasis Android yang paling berjaya saat ini. Manufaktur asal Korea Selatan ini menawarkan produk dengan kemampuan perangkat keras yang tinggi tetapi dijual dengan harga yang sangat kompetitif.

Salah satu produk andalan terbaru Samsung adalah telepon seluler Galaxy S II, yang merupakan penerus dari telepon premium Galaxy S. Produk ini diperkenalkan ke pasaran pada Februari 2011 dan tak lama setelah itu ponsel berprosesor dual core dan berlayar 4,3 inci tersebut mampu membuat para pecinta gadget jatuh hati.

Samsung Galaxy Tab

Walaupun dengan kemampuan perangkat keras yang mumpuni dipadu dengan sistem operasi Android yang memang tengah digemari, Samsung harus menerima fakta bahwa dari segi penjualan, Galaxy Tab masih di bawah iPad.

Namun Samsung tidak tinggal diam. Pada Februari 2011, produsen elektronik Korea Selatan tersebut meluncurkan versi kedua Galaxy Tab yang memiliki ukuran layar 10,1 inci — sama dengan dimensi layar iPad. Secara langsung, Galaxy Tab 10,1 inci ini adalah lawan seimbang untuk iPad 2, yang juga diluncurkan dalam waktu berdekatan.

BlackBerry Torch

BlackBerry Torch memiliki perbedaan mendasar dengan produk-produk pendahulunya, terutama dalam hal wujud. Dengan bentuk geser , Torch menyembunyikan papan ketik qwerty-nya di balik layar berukuran 3,2 inci yang juga bisa disentuh.

Di Indonesia, popularitas Torch bertahan cukup lama. Tidak hanya karena kemampuan perangkat keras yang mumpuni, tetapi statusnya sebagai produk BlackBerry paling canggih membuat konsumen mengejarnya sebagai produk yang harus dimiliki.

Apple iPhone

Rasa penasaran publik kembali muncul ketika ada kabar bahwa Apple bakal merilis iPhone 5 sebagai penerus iPhone 4. Selama beberapa bulan, rumor perihal spesifikasi serta kemampuan iPhone generasi baru ini menjadi topik hangat di seluruh dunia.

Pada akhirnya, Apple memang tidak menamai iPhone generasi terbaru ini dengan iPhone 5, tetapi iPhone 4S. Untuk pertama kalinya, Apple tidak lagi memperkenalkan produk baru mereka lewat sosok pendirinya, Steve Jobs, yang sudah mundur sebagai CEO. Peluncuran iPhone 4S pada 4 Oktober yang lalu itu dilakukan oleh Tim Cook, CEO baru Apple.

BlackBerry Playbook

Tablet andalan BlackBerry diberi tajuk BlackBerry Playbook. Meski sudah diumumkan ke publik sejak akhir tahun 2010, tetapi Playbook baru tersedia di pasar pada April 2011. Namun, respons pasar terhadap tablet ini tidaklah terlalu baik.

Meski diiming-imingi dengan kemampuan perangkat lunak yang canggih serta belakangan diketahui bisa menjalankan sistem operasi Android, tampaknya publik tidak terlalu puas dengan kinerja Playbook secara keseluruhan.

Nexian Champion

Salah satu produsen telepon selular asal Indonesia yang sangat agresif di pasar adalah Nexian. Pada medio tahun 2011 ini, Nexian meluncurkan Nexian Champion. Telepon ini disasarkan untuk konsumen pemula dengan harga di bawah Rp 1 juta. Untuk kelas ini Nexian Champions menawarkan fitur-fitur canggih. Layar sentuh berukuran 3,5 inci adalah daya tarik utama ponsel tersebut.

BlackBerry Apollo

Bersamaan dengan merebaknya kabar kehadiran BlackBerry Dakota di pasar pada awal tahun 2011, rumor perihal kehadiran BlackBerry 9360 alias Apollo juga mulai deras. Dari segi perangkat, Apollo tidak terlalu istimewa. Walau dimensinya tipis (11 mm) dan ada bezel logam, tetapi layar yang dipakai Apollo bukanlah layar sentuh seperti yang digunakan di seri Dakota. Walau baru dirilis pada September 2011, popularitas Apollo cukup tinggi. Hal ini bisa dipahami karena para penggemar gadget di Indonesia sangat gemar dengan kehadiran produk baru.

Nokia C5

Pada Desember 2010, Nokia merilis telepon seluler C5-03. Meski termasuk ke dalam kategori mid-end, tetapi Nokia memlengkapi sejumlah fitur yang lumayan menarik dalam ponsel tersebut. Dengan fitur-fitur tersebut, Nokia membandrol ponsel tersebut dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga membuat Nokia C5-03 menjadi salah satu gadget populer di sejumlah kawasan, termasuk Indonesia.