Murid SD di Simalungun Didik Peduli Lingkungan - Wariskan Bagi Anak Cucu

Lingkungan hidup merupakan titipan dari Sang Maha Pencipta yang harus kita jaga dan rawat bersama guna kita wariskan untuk anak dan cucu kita. Lingkungan hidup adalah kekayaan yang besar dibandingkan harta benda yang kita miliki, tanpanya kita tidak bisa hidup, karena kita sangat tergantung kepadanya.

Hutan yang lebat nan hijau disertai pohon-pohon yang rimbun menghasilkan udara yang segar dan sehat, makanan pokok kita hasilkan dari alam dan hutan yang kita kelola. Sudahkah kita mensyukuri itu semua?. Kita sebagai generasi penerus dari nenek moyang kita, harus mensyukuri serta menjaga dan merawat apa yang telah diwariskan mereka. Kita harus pandai dalam memanfaatkan dan mengolah itu semua.

Oleh karena itu, menjaga kelestarian alam untuk anak cucu yang akan datang menjadi hal yang penting dan perlu diterapkan bagi generasi penerus sejak dini akan prilaku yang ramah bagi alam sekitar. Pasalnya, usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya.

Hal inilah yang mendasari PT Suri Tani Pemuka, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang budi daya dan pengolahan ikan di perairan kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa memberikan edukasi kepada sejumlah murid SD untuk peduli dengan lingkungan bersih.

Menurut Head of Unit Suri Tani Pemuka Toba Tilapia, Jenny Budiati, kegiatan itu merupakan program lanjutan bagi sekolah-sekolah di kawasan Danau Toba yang pada tahun lalu mendapatkan pelatihan manajemen tata sekolah. “Program edukasi kebersihan lingkungan di sekolah-sekolah dasar yang dilaksanakan itu bagian dari upaya pendekatan perusahaan melalui corporate social responsibility (CSR) dan juga sebagai bentuk investasi sosial kepada masyarakat, termasuk generasi muda yang menuntut ilmu di sekolah dasar, sehingga memahami pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman,”ujarnya di Simalungun, kemarin.

Pihaknya juga memberikan bantuan sejumlah peralatan kebersihan dan mengkampanyekan gerakan bersih lingkungan sekolah di SDN 091437 Hutamula, SDN 091436 Lumban Sabo, dan SDN 091404 Parbalohan, Kecamatan Pamatang Sidamanik. Pada bidang pendidikan, pihaknya pada tahun 2017 melalui program JAPFA4 Kids Awards memberangkatkan sejumlah murid dari sekolah sekitar Danau Toba ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional.”Tercatat setidaknya tiga anak dari masyarakat sekitar Danau Toba ke Jakarta untuk mengikuti perlombaan Majalah Dinding Tingkat Nasional," kata Jenny.

Anggota DPRD Simalungun Makmur Damanik mengapresiasi keterlibatan investor dalam pembangunan pendidikan seperti yang dilakukan Suri Tani Pemuka dengan memberikan edukasi kebersihan lingkungan sekolah di kawasan Danau Toba.”Kita apresiasi bagi investor yang peduli dengan masyarakat dan lingkungan sekitar operasional perusahaan,"ujarnya.

Asal tahu saja, manusia terdiri atas pikiran dan rasa dimana keduanya harus digunakan. Rasa menjadi penting digerakkan terlebih dahulu, karena seringkali dilupakan. Pendidikan Lingkungan Hidup harus dimulai dari hati. Tanpa sikap mental yang tepat, semua pengetahuan dan keterampilan yang diberikan hanya akan menjadi sampah semata.

Untuk membangkitkan kesadaran manusia terhadap lingkungan hidup di sekitarnya, proses yang paling penting dan harus dilakukan adalah dengan menyentuh hati. Jika proses penyadaran telah terjadi dan perubahan sikap dan pola pikir terhadap lingkungan telah terjadi, maka dapat dilakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan hidup, serta peningkatan keterampilan dalam mengelola lingkungan hidup.

BERITA TERKAIT

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal - Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak NERACA Jakarta - Dua warrior FCTC asal Jember,…

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal - Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak NERACA Jakarta - Dua warrior FCTC asal Jember,…

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal - Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak

Warrior FCTC Kota Jember Dorong Harga Rokok Mahal Agar Tidak Terjangkau Anak-Anak NERACA Jakarta - Dua warrior FCTC asal Jember,…

BERITA LAINNYA DI CSR

Rayakan Hari Jadi Ke-29 - Jasa Marga Beri Pengobatan Gratis Warga Bekasi

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan seksi program kemitraan bina lingkungan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek menggelar…

Bantu Ekonomi Yang Tidak Mampu - Pertamina Bagi-Bagi Tas Siswa SLB di Papua

Memberikan akses pendidikan yang sama terhadap siswa pada umumnya, menjadi hal penting bagi dalam memberdayakan dan mewujudkan kemandirian para siswa…

Dalam Rangka HUT ke-60 - Astra Persembahkan Inspirasi Sehat di Makassar

Setelah hampir satu tahun penuh mengadakan kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di berbagai kota di Indonesia, PT Astra International Tbk…