Ambisi XL Memangkas Kesenjangan Teknologi Digital - Lewat 1000 Sekolah Broadband

Keberadaan akses internet saat ini bukan lagi menjadi trendi bagi kalangan pelajar untuk melakukan aktifitas di media sosial, tetapi juga menjadi kebutuhan dalam dunia pendidikan. Apalagi, ujian nasional berbasis internet saat ini menuntut keberadaan layanan data dan akses internet cepat menjadi hal yang mutlak. Maka dalam rangka membuka akses layanan internet lebih luas di dunia pendidikan, PT XL Axiata Tbk (XL) sebagai operator seluler kembali mewujudkan program 1000 sekolah broadband.

Program yang menjadi bagian tanggung jawab sosial perusahaan pada dunia pendidikan ini, menggandeng kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.“Kesepakatan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, akan sangat mambantu kami dalam memetakan sekolah-sekolah yang perlu kami prioritaskan untuk menyalurkan donasi,”kata Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini di Bali, kemarin.

Kata Dian, program 1000 sekolah broadband ini tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa ada peran dan kerjasama pemerintah, serta pihak sekolah. Oleh karena itu, perseroan dalam memilih sekolah-sekolah ini harus cermat mengingat ada banyak sekali sekolah yang pasti membutuhkan fasilitas internet cepat. Harapannya, lanjut Dian, program ini akan bisa membantu pemerintah dalam meningkatan kualitas pendidikan anak-anak kita di berbagai daerah melalui pemanfaatan internet cepat secara efektif dan tepat guna, serta untuk mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan yang bisa meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan mereka.

Dian Siswarini menambahkan, XL Axiata percaya teknologi digital yang saat ini terus maju secara pesat harus mampu diambil manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Salah satu bagian dari masyarakat yang benar-benar musti menguasai teknologi digital adalah anak-anak usia sekolah menangah atas, yang sebentar lagi akan memasuki usia produktif. Belajar dari pengalaman negara maju, penguasaan dan penerapan atas suatu teknologi secara tepat guna sudah harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

Dengan demikian, teknologi akan menjadi suatu sarana untuk meningkatkan kompetensi, kinerja dan produktivitas yang mereka miliki. Sementara Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi atas inisiatif yang dibangun oleh XL Axiata melalui Program 1.000 Sekolah Broadband.

Menurutnya, program ini sangat sesuai dengan salah satu agenda dari kementerian yang memang sedang berusaha memeratakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menengah. “Karena itu, kami sangat terbuka kepada XL Axiata untuk membantu pengembangan program 1000 sekolah broadband ini. Kami berharap program ini sekaligus akan mampu mengurangi kesenjangan atas penerapan teknologi digital oleh sekolah-sekolah di daerah dan di kota-kota besar, termasuk juga kesenjangan dibandingkan dengan sekolah di luar negeri.”tandasnya.

Menjawab Kebutuhan

Asal tahu saja, melalui kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, XL Axiata akan mendapatkan bantuan antara lain berupa data sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna penyaluran donasi perangkat mobile broadband (MBB) untuk mengakses internet cepat 4G LTE. Lebih dari itu, XL Axiata juga akan mendapatkan dukungan moral dari pemerintah untuk mewujudkan komitmen memfasilitasi akses ke jaringan internet dengan sarana yang lebih canggih.

XL Axiata membuat prioritas untuk 1.000 sekolah yang akan benar-benar bisa secara maksimal memanfaatkan fasilitas ini, selain itu mempertimbangkan lokasi, tingkat kebutuhan, prestasi sekolah, juga ekosistem penunjang di sekelilingnya. Sasaran dari Program “1.000 Sekolah Broadband” memang SMA dan SMK. Sejak diluncurkan pada 02 Nopember 2016 lalu, hingga saat ini XL Axiata telah menyalurkan bantuan akses internet cepat 4G LTE ke tidak kurang dari 100 sekolah di 30 kabupaten/kota, dan 15 provinsi.

Dengan demikian, setidaknya sudah sekitar 5.000 ribu siswa yang mendapatkan manfaat dari program ini. Mengingat MBB hanya bisa dioperasikan secara maksimal di jaringan 4G LTE, maka sekolah-sekolah penerima harus berada di kota-kota yang sudah terjangkau layanan 4G LTE. Hingga saat ini layanan XL 4G LTE sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di 103 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Tercatat donasi program 1.000 sekolah broadband telah XL Axiata salurkan ke kota-kota antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Lampung, Batam, Belitung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Surakarta, Surabaya, Malang, Sumenep, Bali, Lombok, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Menado. Program ini akan terus berlanjut ke kota/kabupaten lainnya seiring dengan pengembangan jaringan 4G LTE secara masif ke berbagai wilayah di Tanah Air.

BERITA TERKAIT

Shinta Bubu : 6 Juta UMKM akan Go Digital di 2020

NERACA Jakarta - Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun bahkan berpotensi menjadi ekonomi digital…

Kadisdik: Disdik Depok Ringankan Kesulitan Biaya Sekolah

Kadisdik: Disdik Depok Ringankan Kesulitan Biaya Sekolah NERACA Depok -‎ Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berupaya keras terus menerus meningkatkan…

Indonesia Ajukan Role Model Pembangunan Ekonomi - Entaskan Kesenjangan

Pemerintah Indonesia dalam KTT ASEAN Summit ke-31 di Manila Filipina kembali mambawakan isu pentingnya role model pembangunan ekonomi untuk pengentasan…

BERITA LAINNYA DI CSR

Rayakan Hari Jadi Ke-29 - Jasa Marga Beri Pengobatan Gratis Warga Bekasi

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan seksi program kemitraan bina lingkungan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek menggelar…

Bantu Ekonomi Yang Tidak Mampu - Pertamina Bagi-Bagi Tas Siswa SLB di Papua

Memberikan akses pendidikan yang sama terhadap siswa pada umumnya, menjadi hal penting bagi dalam memberdayakan dan mewujudkan kemandirian para siswa…

Dalam Rangka HUT ke-60 - Astra Persembahkan Inspirasi Sehat di Makassar

Setelah hampir satu tahun penuh mengadakan kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di berbagai kota di Indonesia, PT Astra International Tbk…