Mengungkap Rahasia Tidur Agar Lebih Nyenyak

Tidur malam hari yang kurang berkualitas bisa mengakibatkan efek buruk terhadap tubuh dan pikiran. Tidur nyenyak di malam hari jadi bagian vital dalam gaya hidup sehat. Tidur malam berkualitas menjaga tubuh tetap segar, rendah stres dan perasaan lebih bahagia.

Dilansir dari Daily Mail, seorang penulis dari Australia sekaligus ahli nutrisi dokter Libby Weaver berbagi tips untuk mendapat tidur nyenyak di malam hari. Ia merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi kopi setelah tengah hari. Hal ini untuk memastikan stimulan atau kandungan kafein sudah keluar dari tubuh sebelum waktu tidur.

"Coba untuk tidak mengonsumsi kafein setelah tengah hari secara konsisten dan lihat jika tidur anda membaik, dan pastikan tidak mengonsumsi makanan tambahan sebelum tengah hari karena terdapat efek kumulatif pada sistem tubuh yang lain," kata dokter Weaver dalam publikasinya.

Kafein umumnya jadi ritual di pagi hari dan terkadang satu cangkir dirasa tidak cukup. Dokter Weaver berkata, karena kafein perlu waktu 8 jam untuk meninggalkan sistem tubuh, maka yang terbaik adalah cukup satu cangkir dalam sehari.

Para ahli dan profesional dalam kesehatan juga berkata mereka yang berusia 50-an tahun ke atas seharusnya bebas dari teh atau kopi setelah tengah hari. Kafein dalam kopi atau teh memakan waktu lebih lama untuk diserap tubuh.

Sebaliknya, mereka yang lebih muda, lebih baik mengonsumsi kafein di sore hari. Saran ini dikemukakan oleh Global Council on Brain Health (GCBH). GCBH memperingatkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan kanker, dimensia dan depresi.

Menghindari penggunaan barang elektronik jadi sesuatu yang langka di zaman ini, dan banyak orang terbiasa mengecek ponsel atau perangkat lain sebelum tidur. Dokter Weaver menyarankan untuk menyalakan ponsel dalam mode pesawat jika ponsel memang harus tetap menyala saat tidur.

"Ciptakan kebiasaan baru untuk tidak menggunakan perangkat pendukung selama 90 menit, gunakan untuk tidur jika kulitas tidur jadi masalah buat anda," katanya pada Body and Soul.

Selain itu, dokter Weaver menyarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat, lanjutnya, bisa mengurasi stres dan mengubah suhu badan untuk tidur lebih nyenyak.

Dia menyarankan untuk mandi satu atau dua jam sebelum tidur untuk memastikan badan siap untuk beristirahat.

Meditasi sejak lama diketahui sebagai cara jitu untuk bersantai sembari menyembuhkan stres dan rasa cemas.

"Peneliti menyarankan, praktek meditasi efektif untuk meningkatkan kualitas tidur bagi mereka yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia," kata dokter Weaver.

Meditasi akan semakin baik jika dilakukan di ruang yang bersih, maka penting untuk memastikan kamar dan rumah dalam keadaan rapi dan bersih. Cuci sprai secara teratur dan keringkan di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri. Selain itu, perhatikan usia kasur. Jika lebih dari 10 tahun, mungkin perlu kasur baru.

Saat tidur, tubuh kehilangan separuh kelembabannya sehingga ahli menyarankan kasur ditempatkan di atas papan. Hal ini untuk memperlancar sirkulasi udara pada kasur dan mengurangi keringat saat tidur. Alternatif lainnya, tidur dalam keadaan bugil. Saat bugil, tubuh dapat memperoleh manfaat hormon anti stres, yakni hormon oksitosin. Otomatis, tidur bisa lebih nyenyak.

BERITA TERKAIT

Anabatic Incar Akuisisi Tiga Perusahaan - Siapkan Capex Lebih Rp 100 Miliar

NERACA Jakarta - PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) menganggarakan belanja modal (capex) lebih dari Rp 100 miliar untuk ekspansi bisnis…

Strategi Menjalankan Bisnis Agar Sukses

Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut berjalan dengan sukses. Umumnya, bisnis yang sukses adalah bisnis yang berhasil…

Olahraga Bersama Lebih Ampuh Kurangi Stres

Berolahraga bersama teman kemungkinan besar lebih baik untuk kesehatan Anda, ketimbang melakukannya sendirian. Studi dalam Journal of the American Osteopathic…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Alasan Diabetes Bisa Berujung Kematian Mendadak

Mengapa kadar gula tinggi pada penyandang diabetes bisa menyebabkan kematian mendadak? berikut paparan spesialis penyakit dalam dari RSCM, Dr. Wismandari…

Alat Kontrasepsi IUD Dapat Kurangi Risiko Kanker Serviks

Perempuan yang mendapat alat kontrasepsi (intra-uterine device/IUD) untuk mengendalikan kelahiran tampaknya memiliki risiko lebih kecil terkena kanker serviks, kanker paling…

Olahraga Bersama Lebih Ampuh Kurangi Stres

Berolahraga bersama teman kemungkinan besar lebih baik untuk kesehatan Anda, ketimbang melakukannya sendirian. Studi dalam Journal of the American Osteopathic…