Gulung Untung Usaha Mie Katrok

Mie sudah menjadi makanan yang sangat populer di negeri ini, bahkan tidak sedikit mie sudah menjadi pengganti nasi. Oleh karenanya, peluang bisnis makanan olahan mi terbuka lebar. Tak heran bila banyak pemain tertarik terjun ke bisnis ini.

Salah satunya adalah Johny Himawan yang mengusung brand Mie Katrok Ada enam varian rasa yang ditawarkan Mie Katrok. Antara lain juara pedes alias judes, ekstra pedas alias extrada, sambal mercon, katroladio, soto katrok, dan katrok panggan. "Untuk varian judes dan extrada itu yang paling populer, penggemar mi pedas sangat banyak," katanya.

Merintis usaha pada April 2013, ia resmi menawarkan kemitraan pada Januari 2014 lalu. Mie Katrok menawarkan kemitraan dengan paket investasi sebesar Rp 15 juta untuk mitra di Pulau Jawa. Sementara untuk luar Jawa dihargai Rp 17,5 juta. "Perbedaan harga itu karena jarak pengiriman paket yang jauh," ujarnya.

Johny menargetkan, mitra bisa menjual minimal 70 porsi mi. Dengan harga jual mulai Rp 4.000 sampai Rp 7.000 per porsi, mitra dapat mengantongi omzet Rp 13,5 juta per bulan.

Menurut Johny, biaya bahan baku pembuatan mi berkisar mulai Rp 1.800 sampai Rp 3.600 per porsi. Dengan demikian, total biaya bahan baku yang mesti disiapkan mitra mencapai Rp 6,7 juta per bulan.

Pengeluaran lain adalah gaji satu orang pegawai dan sewa tempat. Sehingga total pengeluaran per bulan diperkirakan mencapai Rp 9 juta–Rp 10 juta. Dengan biaya operasional sebesar itu, mitra masih bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 3,5 juta per bulan.

Bila target itu tercapai, mitra diperkirakan bisa balik modal dalam waktu sekitar lima bulan. Menurut Johny, target itu bisa tercapai asal lokasi mitra strategis.

Adapun syarat untuk menjadi mitra yaitu ; Berjiwa wiraswasta dan menyukai bisnis kuliner. Bersedia aktif dalam menjalankan bisnis MIE Katrok. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama Kemitraan. Berkomitmen untuk menjalankan standar bisnis Mie katrok seperti yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur ( SOP). Berkomitmen untuk ikut mengembangkan Brand Mie Katrok.

Memahami filosofi bisnis, memahami untung dan ruginya dalam berbisnis. Memiliki dana yang cukup baik untuk investasi awal maupun untuk operasional

Sementara untuk supporting, Manajemen Mie Katrok menyediakan training karyawan baik secara langsung di kantor Mie Katrok atau bisa lewat VCD training. Menyediakan bahan baku Mie katrok. Menyediakan kelengkapan usaha seperti Gerobak dan fasilitas fasilitas lain yang di dapat mitra setelah membayar biaya kemitraan. Mengupdate menu secara berkala. Membantu penentuan harga jual di setiap outlet. Melakukan kegiatan promosi secara nasional

Untuk fasilitas sendiri mendapatkan Hak Penggunaaan nama Mie Katrok yang sudah terdaftar di Dirjen HaKI. Masa Kerja sama 3 Tahun. Gerobak yang keren dan eye catching. Manual SOP

VCD Training. Satu Set Perlengkapan Memasak, seperti Kompor, Dandang, dll

Kaos seragam Mie Katrok. Satu set alat bersih-bersih ( Cling dan Lap pembersih kaca, Lap meja). Starter Kit Bahan Baku Perdana. upport Marketing Online

Related posts