Jurus Bekerja Sambil Berbisnis

Di zaman yang serba mahal saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membuat beragam ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan bagi mereka yang sudah bekerja sekalipun, banyak pula yang membangun bisnis untuk menambah pemasukan sehari-harinya.

Membangun bisnis tentunya membutuhkan fokus yang total sehingga bisnis yang dijalankan dapat lancar. Namun bukan berarti jika bekerja, Anda tidak dapat memiliki bisnis apapun. Saat ini malah banyak sekali pengusaha-pengusaha bisnis yang sukses meskipun sekaligus bekerja sebagai karyawan. Adapun langkah yang harus ditempuh diantaranya ;

Tentukan bidang bisnis yang tepat

Tentunya hal pertama yang harus lakukan adalah memilih bidang bisnis yang tepat untuk dijalankan. Apalagi jika Anda seorang karyawan perusahaan dengan tingkat kesibukan yang tinggi, tentunya hal ini akan sangat membingungkan.

Bila memaksakan untuk melakukan keduanya, maka bisa saja Anda bisa kehilangan pekerjaan dan bisnis yang dibangun itu. Untuk itu, akan lebih baik jika memilih bisnis yang paruh waktu sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal Anda.

Untuk membuat pekerjaan lebih mudah, Anda dapat memilih bidang bisnis yang memang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Jangan menggunakan modal awal yang besar

Sebagai awalan untuk membuka bisnis, sebaiknya hindari untuk menggunakan modal yang besar. Apalagi bagi yang masih baru dan belum terlalu paham masalah bisnis, tentunya bisa saja mengalami kerugian akibat pemakaian modal yang tidak tepat. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan modal yang tidak terlalu besar untuk memulai sebuah bisnis.

Tetap menjaga reputasi baik di kantor

Meskipun sudah memiliki bisnis, namun Anda tetap bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Maka dari itu, tetaplah bersikap baik pada pemimpin perusahaan serta karyawan-karyawan di dalam perusahaan.

Bersikap disiplin

Meski bisnis yang dibangun merupakan bisnis sendiri, namun tetap saja diperlukan kedisiplinan dalam menjalankannya agar kedepannya bisnis anda dapat berjalan dengan lancar. Banyak karyawan yang gagal membuka usaha atau bisnis sendiri dikarenakan tidak bisa disiplin dalam membagi waktu.

Untuk itu, terapkan selalu sikap disiplin baik dalam bekerja maupun dalam berbisnis agar pekerjaan keduanya dapat terselesaikan dengan baik.

Menyiapkan orang kepercayaan

Agar terjadi keseimbangan antara bisnis dengan pekerjaan kantor, Anda dapat menyiapkan orang yang bisa dipercaya untuk mengelola bisnis ketika sedang bekerja.

Bila bisnis yang dijalankan mulai berkembang, Anda dapat mulai merekrut seorang admin, manajer pemasaran, dan lainnya yang memang berkaitan dengan kelancaran bisnis Anda.

Related posts