Menakar Peluang Bisnis Event Organizer

Di tahun 2017 ini, Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, di mana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggunakan layanan EO untuk berbagai kepentingan acara yang mereka gelar. Lebih mudah dan praktis, sebab penggunaan EO memungkinkan pemilik hajat untuk bisa fokus pada hal lainnya selain persiapan acara yang mereka gelar. Ini akan membuat semakin hari semakin banyak yang memilih untuk menggunakan layanan EO di dalam acara mereka, terutama acara yang berskala besar dan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup rumit.

EO merupakan sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang menggelar berbagai acara, baik itu yang berskala kecil atau bahkan yang berskala besar. Bisnis ini semakin memiliki peluang sukses belakangan ini, mengingat semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggelar acara dengan praktis dan efisien, di mana acara mereka ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang besar bagi bisnis ini untuk dapat berkembang dengan baik, sebab semakin banyak permintaan, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan.

Mulai menjamurnya EO ini disebabkan karena banyaknya event-event perusahaan yang mana pihak perusahaan tidak mau repot untuk mengurusnya alias ingin terima bersih. Peluang usaha ini dapat menghasilkan untung yang lumayan. Dan uniknya, adakalanya tanpa perlu keluar modal. Lalu kegiatan apa saja yang biasanya membutuhkan jasa dari Event Organizer? Di antaranya adalah meeting instansi, convention, incentive, juga exhibition.

Sejarah awal mula munculnya EO hanyalah melayani fasililas meeting (rapat) bagi perusahaan-perusahaan. Yakni mencarikan tempat pertemuan, membuat dekorasi dan menyiapkan makanan serta perlengkapan-perlengkapan lainnya yang diperlukan seperti proyektor dan LCD.

Ide Bisnis dan peluang usaha Event Organizer Seiring berjalannya waktu EO juga mengelola penyelenggaraan acara-acara besar seperti konser musik. Berbagai acara hiburan lainnya pun juga menggunakan jasa dari Event Organizer dalam pelaksanaannya. Tugas EO dalam hal ini di antaranya adalah mempersiapkan panggung, pencahayaan, juga terkadang pencarian artisnya. Sedangkan pihak penyelenggara aslinya (sponsor) hanya perlu memberikan dana (biaya). Adapun jalannya pertunjukan, biasanya didiskusikan terlebih dahulu antara pihak sponsor (penanggung dana) dan pihak Event Organizer (EO).

Menurut Rizky Diansyah, pemilik PT Diansyah Dinamika Warna (DDW), perusahaan yang sudah lama menjalankan bisnis EO menyebutkan. "Bisnis EO itu sangat menyenangkan, disamping minim modal, untungnya bisa menjanjikan. yang terpenting kita ditutntut untuk kreatif, dan jaga kepercayaan," katanya.

Jika berminat memulai bisnis memiliki sebuah EO, simak beberapa hal yang menjadi pedomanuntuk menjalankan bisnis EO dengan sukses: yaitu Pengalaman yang Cukup, dan mampumembangun tim yang solid.

Hal lain yang menjadi penekanan adalah jalin Relasi yang Kuat dan Dapatkan Klien dengan Mudah Di dalam bisnis, relasi Anda adalah peluang kesuksesan, dan hal ini akan sangat nyata terlihat di dalam bisnis EO. Sangat dibutuhkan kemampuan untuk membangun relasi yang kuat, di mana ini akan menjadi langkah awal untuk mendatangkan klien di dalam bisnis tersebut. Hubungan yang baik dengan relasi-relasi ini, akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan rekomendasi dari mereka kepada para calon klien baru di dalam bisnis EO tersebut.

Selain itu, Modal Awal yang Cukup. Hampir semua bisnis akan membutuhkan sejumlah modal, termasuk bisnis EO yang akan dijalankan nanti. Pastikan memiliki sejumlah modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini, sebab pada umumnya setiap acara yang ditangani oleh EO akan melakukan pembayaran bertahap dan tidak sekaligus.

Disamping itu tuntutan dalam bisnis EO adalah Kreativitas yang Tinggi Konsep dan penanganan yang tepat, kedua hal ini akan selalu dibutuhkan di dalam bisnis EO. Anda harus berkembang dan mengikuti perubahan tren yang ada, sehingga klien tidak bosan dengan sejumlah konsep acara yang itu-itu saja. Akan selalu dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan kesan yang baik di dalam sebuah acara.

BERITA TERKAIT

Geliat Bisnis Bank Mayora di Pasar UMKM - Manfaatkan Jaringan Distributor

NERACA Jakarta – Kuatnya brand Mayora sebagai salah satu produsen makanan dan minuman terbesar di Indonesia, menjadikan Bank Mayora begitu…

Peluang Wisatawan Muslim Milenial US$100 Miliar

Peluang wisatawan Muslim milenial mencapai 100 miliar dolar AS berdasarkan laporan terbaru dari Mastercard-HalalTrip Muslim Millenial Travel Report 2017 (MMTR2017).…

Penjualan RIMO Melesat Tajam Hingga 27 Kali - Banting Stir Bisnis Properti

NERACA Jakarta - Sejak beralih ke bisnis properti, penjualan PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO) melonjak drastis. Perusahaan yang sahamnya…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tengok Kesegaran Usaha Minman Teh dari Thailand

Bisnis minuman tidak pernah berhenti dari inovasi baru. Kali ini sedang tren minuman teh asal Thailand atau sering disebut thai…

Rasakan Untung dari Usaha Ayam Geprek

Meski makanan olahan ayam terus bermunculan, tapi tidak mengurangi peminantnya untuk mencoba bahkan langsung diserbu oleh peminantnya. Salah satu menu…

Strategi Menjalankan Bisnis Agar Sukses

Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut berjalan dengan sukses. Umumnya, bisnis yang sukses adalah bisnis yang berhasil…